KEMAMPUAN LITERASI STATISTIK PADA MATERI STATISTIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MATARAM TAHUN AJARAN 2024/2025

Authors

  • Dhyah Wardha Tsabita Universitas Mataram
  • Laila Hayati UNIVERSITAS MATARAM
  • Nourma Pramestie Wulandari UNIVERSITAS MATARAM
  • Nurul Hikmah UNIVERSITAS MATARAM

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.22114

Keywords:

Gaya belajar, Kemampuan literasi statistik, statistika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi statistik pada materi statistika ditinjau dari gaya belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mataram tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif, yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Mataram dengan subjek penelitian adalah 87 siswa yang terdiri dari kelas VIII-A dan VIII-C yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes tertulis dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa siswa memiliki gaya belajar yang berbeda-beda dan gaya belajar visual sebagai gaya belajar terbanyak yaitu 47 dari 87 siswa memiliki gaya belajar visual. Selanjutnya, hasil skor kemampuan literasi statistik siswa berada pada kategori rendah yaitu 52 dari 87 siswa dan rata-rata skor seluruh siswa yaitu 47,19. Posisi bangku siswa setiap gaya belajar menghasilkan kategori kemampuan literasi statistik yang berbeda khususnya pada siswa dengan gaya belajar visual dan auditorial, namun siswa dengan gaya belajar kinestetik tidak memiliki perbedaan pada kategori kemampuan literasi statistik berdasarkan posisi bangku siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Batur, A., & Baki, A. (2022). Examination of the Relationship between Statistical Literacy Levels and Statistical Literacy Selft-Efficacy of High School Students. Education and Science, 47(209), 171-205.

DePorter, B., & Hernacki, M. (2020). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Mizan Pustaka.

Ekowati, D. W., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi Untuk Sekolah Dasar. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Fayomi, A., Mahmud, Z., Algarni, A., & Almarashi, A. M. (2022). Arab and Malay Students' Attitudes toward Statistics and Their Learning Styles: A Rasch Measurement Approach. Mathematical Problems in Engineering, 2022(1), 1-10.

Halilianti, B. Y., Sripatmi, Amzi, S., & Sridana, N. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Mataram Tahun Pelajaran 2020/2021. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 557-566.

Herman, T., Akbar , A., Alman, Farokhah, L., Febriandi, R., Zahrah, R. F., Febriani, W. D., Kurino, Y. D., & Abidin, Z. (2023). Kecakapan Abad 21: Literasi Matematis, Berpikir Matematis, dan Berpikir Komputasi. Bandung: Indonesia Emas grup.

Inastuti, I. G., Subarinah, S., Kurniawan, E., & Amrullah. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pola Bilangan Ditinjau Dari Gaya Belajar. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(1), 66-80.

Isro’il, A., & Supriyanto. (2020). Berpikir dan Kemampuan Matematika. Surabaya: Penerbit JDS.

Mansyur, M., Isnawati, & Hikmawati. (2022). Pembelajaran Literasi Statistik Dasar. Praya: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Nahdi, D. S., Araniri, N., Jatisunda, M. G., Kurino, Y. D., & Cahyaningsih, U. (2021). Statistical Literacy of Pre-Service Islamic Religious Education Teachers. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 900-908.

Nurdiana, E., Sarjana, K., Turmuzi, M., & Subarinah, S. (2021). Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(2), 202-211.

Sriningsih, N. N., Sarjana, K., Hayati, L., & Prayitno, S. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP dalm menyelesaikan Soal-Soal Model PISA. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(1), 96-104.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sumarah, I. E., Rusmawan, Kencana, C. G., Yudono, K. D., Waninghiyu, C., & Dewi, A. M. (2023). Pembelajaran Berbasis Proyek Berdasarkan Gaya Belajar Vark Untuk Peserta Didik Kelas IV SD. Yogyakarta: Afiliasi penerbit Perguruan Tinggi Indosenia.

Turmuzi, M., Kurniati, N., & Azmi, S. (2021). Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Ditinjau dari Gender dan Gaya Belajar. Mataram: Jurnal Pendidikan Matematika.

Wahjusaputri, S., & Purwanto, A. (2022). Statistika pendidikan: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Bintang Semesta media.

Yahya, F. F., Dencik, A., & Antoni, D. (2019). Statistik. Depok: Rajagrafindo Persada.

Downloads

Published

2024-12-31

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>