PENGARUH MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GANDASULI 01

Authors

  • Afdan Dani Lutfiyanto Universitas Muhadi Setiabudi
  • Farhan Saefudin Wahid
  • Laelia Nurpratiwiningsih

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22092

Keywords:

Interactive PowerPoint Media, Learning Interest, Learning Outcomes

Abstract

Dasar pemikiran dari penelitian ini adalah tidak adanya bahan ajar yang digunakan oleh guru kelas empat di SDN Gandasuli 01. Dalam penelitian ini, kita akan melihat bagaimana keterlibatan dan kinerja siswa kelas empat dalam matematika dipengaruhi oleh penggunaan presentasi PowerPoint interaktif. Dengan menggunakan metodologi pra- dan pasca-tes, metode ini bersifat kuantitatif. Dari SDN Gandasuli 01 dan SDN Padasugih 03. Sebanyak sembilan belas siswa kelas empat menjadi sampel penelitian. Setelah mengumpulkan data menggunakan survei minat belajar dan penilaian hasil belajar, data dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS versi 22. Investigasi mengungkapkan bahwa minat siswa dalam belajar (nilai sig 0,005 < 0,05) dan hasil belajar (nilai sig 0,021 < 0,05) ditingkatkan secara signifikan dengan penggunaan materi PowerPoint interaktif. Temuan ini mendukung penerimaan hipotesis alternatif (Ha) dan penolakan hipotesis nol (Ho), yang mengarah pada kesimpulan bahwa penggunaan media PowerPoint interaktif meningkatkan minat dan kinerja matematika siswa kelas empat di SDN Gandasuli 01.

Downloads

References

Agustina, I. (2019). Pembelajaran Matematika di SD. Pendidikan Matematika I, December 2019, 17.

Apriyanto, M. ., & Herlina, L. (2020). Analisis Prestasi Belajar Matematika pada Masa Pandemi Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Original Research, 80, 135–144.

Dewi, M. D., & Izzati, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif Berbasis RME Materi Aljabar Kelas VII SMP. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 217. https://doi.org/10.31941/delta.v8i2.1039

Diah Sunarsih, dan N. Y. (2021). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Active Learning (Andriyanto (ed.)). Penerbit Lakeisha.

Doe, J. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan.

Eismann, K., Posegga, O., & Fischbach, K. (2021). Opening organizational learning in crisis management: On the affordances of social media. Journal of Strategic Information Systems, 30(4), 101692. https://doi.org/10.1016/j.jsis.2021.101692

Farah Putri Salsabila, & Khavisa Pranata. (2022). Pengaruh Media Power Point Interaktif Berbasis Aplikasi Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1124–1132. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2929

Johnson, A. (2018). Efektivitas Penggunaan PowerPoint Interaktif pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Intenasional Pendidikan Sains.

Mardianto, M. F. F., & Prayitno, P. (2020). Peningkatan Hasil Evaluasi Pembelajaran Daring saat Pandemi Covid-19 Berdasarkan Media Powerpoint Interaktif. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(2), 171. https://doi.org/10.30651/must.v5i2.6119

Nurhamidah, Solikhin, F., & Elvia, R. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Android untuk Menambah Literasi Digital Guru SMAN 5 Bengkulu Selatan. Andromeda: Jurnal Pengabdian Masyarakat Rafflesia, 3(1), 7–13. https://doi.org/10.33369/andromeda.v3i1.26150

Rahmani, R. A., & Abduh, M. (2022). Efektivitas Media PowerPoint Interaktif Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 6(2), 2456–2465. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2378

Rohmanurmeta, F. M. (2022). Pengaruh Media Power Point Interaktif Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Sd. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(2), 39–46. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i2.825

Suharti, S., Daryono, D., Abbasiah, A., & Masyitah, D. (2022). Media Interaktif dan Power Point terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Anatomi Fisiologi Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Silampari, 5(2), 796–803. https://doi.org/10.31539/jks.v5i2.3466

Susanti. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika.

Wahyuni. (2019). Efektivitas Penggunaan Media PowerPoint Interaktif dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan.

Yani, V. P., Azmi, S., Wahidaturrahmi, & Turmuzi, M. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5, 262–268. http://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/index___________

Downloads

Published

2025-03-09