ANALISIS WACANA KRITIS DALAM CERPEN CITA-CITA NUR KARYA LEXI WELERI DENGAN PENDEKATAN SARA MILLS
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22042Keywords:
Analisis Wacana Kritis, Sara Mills, Representasi Perempuan, Bias Gender, Cita-Cita NurAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis cerpen Cita-Cita Nur karya Lexi Weleri melalui pendekatan wacana kritis Sara Mills yang berfokus pada representasi perempuan dan bias gender dalam teks. Cerpen ini mengisahkan perjuangan seorang gadis desa bernama Nur yang bercita-cita menjadi dokter kandungan di tengah tekanan norma sosial dan keluarganya yang menghendaki ia segera menikah. Melalui pendekatan Sara Mills, penelitian ini menemukan bahwa tokoh perempuan diposisikan dalam kerangka wacana yang menekan keinginan personalnya, menjadikannya objek dalam masyarakat patriarkal. Pendekatan ini mengungkap bias gender dan pola marginalisasi dalam teks, menampilkan bagaimana nilai sosial mengkonstruksi posisi perempuan.Downloads
References
Baryadi, I. P. (2002). Dasar-dasar analisis wacana dalam ilmu bahasa. Pustaka Gondho Suli.
Handayani, T. S. (2017). Konsep dan teknik penelitian gender. UMMPress.
Mills, S., & Mullany, L. (2011). Language, gender and feminism: Theory, methodology and practice. Routledge.
Moleong, L. J. (2011). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rokhmansyah, A. (2016). Pengantar gender dan feminisme: Pemahaman awal kritik sastra feminisme. Garudhawaca.
Semi, A. (1993). Metode penelitian sastra. Bandung: Angkasa.
Setiawati, E., & Rusmawati, R. (2019). Analisis wacana: Konsep, teori, dan aplikasi. Universitas Brawijaya Press.
Sobari, T., & Faridah, L. (2022). Model Sara Mills dalam analisis wacana peran dan relasi gender. Semantik, 5(1), 89–99. Diakses dari https://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/semantik/article/view/464/333
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Weleri, L. (n.d.). Cerpen: Cita-cita Nur. Diakses dari https://nu.or.id/cerpen/cita-cita-nur-Ty5Hg
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.