PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SEKOLAH DASAR
Keywords:
Learning Media, Animation Video, Pancasila EducationAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian pengembangan merupakan penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut (Sugiyono, 2015). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). ADDIE merupakan suatu model yang dirancang secara terprogram dalam upaya pemecahan masalah terkait pembelajaran dengan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video animasi sebagai media pembelajaran Pendidikan Pancasila di sekolah dasar sangat menunjang proses pembelajaran, hal ini terlihat dari peningkatan pemahaman terhadap materi pembelajaran dan hasil belajar, peserta didik yang menjadi lebih aktif dan antusias serta juga sangat antusias dalam pembelajaran, karena media yang digunakan membuat siswa termotivasi dan semangat untuk belajar. Video animasi juga memfasilitasi berbagai tipe gaya belajar siswa.Downloads
References
Afandi, A. (2017). Media ICT Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Powerpoint Interaktif Dan Ispring Presenter. Jurnal Terapan Abdimas, 2, 19–26.
Fitria, A. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 57–62. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.1 0498
Global, K., Gotong, D. A. N., Pada, R., & Sekolah, S. (2024). 3 1,2,3. 4(2), 1007–1020.
Isti, L. A., Agustiningsih, A., & Wardoyo, A. A. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Materi Sifat-Sifat Cahaya Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 21–28. https://doi.org/10.26740/eds.v4n 1.p21-28.
Lukman, A., Hayati, D. K., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 153. https://doi.org/10.32332/element ary.v5i2.1750
Mashuri, D. K., & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5), 893–903.
Millati, S. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO KARTUN ANIMASI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA Skripsi.
NOFRI HENDRI. (2014). BAHAN AJAR TEKNIK ANIMASI (Dengan Macromedia Flash 8). 2–5.
Pgri, U., & Buana, A. (2024). Jurnal basicedu. 8(5), 3669–3681.
Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas Iv Di Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 9–19.
Rahmadini, S., & Rahmi, U. (2022). Desain Video Animasi Berbasis Studi Kasus Untuk Mata Kuliah Pengembangan E-Learning. Journal of Pedagogy and Online Learning, 1, 42–54. https://doi.org/10.24036/jpol.v11i 1
Setiyawan, H. (2021). Pemanfaatan Media Audio Visual dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2. 5874
Shafa Alyaqhuta, G., Kurnianti, E. M., & Hasanah, U. (n.d.). Penggunaan Film Animasi dalam Pembelajaran Terpadu terhadap Keterampilan Menyimak dan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan.
Toma, A. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Canva Berbasis Model Problem Based Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. 32(02), 162–177.
Afandi, A. (2017). Media ICT Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Powerpoint Interaktif Dan Ispring Presenter. Jurnal Terapan Abdimas, 2, 19–26.
Animasi, V. (1860). Pengembangan Video animasi untuk Membantu siswa SD Memahami Materi "Keberagaman Anggota Keluarga di Rumah", 1860–1869.
Fitria, A. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 57–62. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.1 0498
Global, K., Gotong, D. A. N., Pada, R., & Sekolah, S. (2024). 3 1,2,3. 4(2), 1007–1020.
Isti, L. A., Agustiningsih, A., & Wardoyo, A. A. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Materi Sifat-Sifat Cahaya Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 21–28.
https://doi.org/10.26740/eds.v4n 1.p21-28
Lukman, A., Hayati, D. K., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 153. https://doi.org/10.32332/element ary.v5i2.1750
Mashuri, D. K., & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5), 893–903.
Nofri Hendri. (2014). BAHAN AJAR TEKNIK ANIMASI (Dengan Macromedia Flash 8). 2–5.
Pgri, U., & Buana, A. (2024). Jurnal basicedu. 8(5), 3669–3681.
Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas Iv Di Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 9–19.
Rahmadini, S., & Rahmi, U. (2022). Desain Video Animasi Berbasis Studi Kasus Untuk Mata Kuliah Pengembangan E-Learning. Journal of Pedagogy and Online Learning, 1, 42–54. https://doi.org/10.24036/jpol.v11i 1
Setiyawan, H. (2021). Pemanfaatan Media Audio Visual dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2. 5874
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan.
Toma, A. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Canva Berbasis Model Problem Based Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. 32(02), 162–177.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.