MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI PENDEKATAN KOLABORATIF: SEBUAH KAJIAN PEMBELAJARAN ANGKLUNG DALAM PERSPEKTIF PEDAGOGIK
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22001Keywords:
Pedagogik, Pendekatan, kolaboratif, kreativitas, seni musikAbstract
ABSTRACT Collaboration is one of the important 21st century skills to be developed in education. In music learning, collaboration is an important aspect that can improve learners' understanding of music, teamwork, and creativity. This research was conducted with the aim of finding out the effectiveness of the collaborative approach and its relation to students' learning outcomes. The researcher explored information from various reference sources both books and scientific articles relevant to the study conducted, especially about the study of teacher pedagogical competence embodied in a collaborative approach. This research method uses literature studies related to theoretical studies and several references that will not be separated from scientific literature. Based on the results of the research, it was found that the collaborative approach is able to increase students' creativity in learning music. In some research results, it is also revealed that the collaborative approach is able to increase the creativity of students because the collaborative approach involves active interaction between students in a learning environment. Collaboration allows learners to work together, share ideas, and build solutions collectively, which is in line with the goals of the Merdeka curriculum that emphasizes the development of 21st century skills. Through a learning approach that suits the needs of learners, it will have a better impact, especially in increasing their creativity and will be useful in the future. Keywords: Pedagogy, collaborative approach, creativity, music ABSTRAK Kolaborasi merupakan salah satu keterampilan abad ke-21 yang penting untuk dikembangkan di dunia pendidikan. Dalam pembelajaran seni musik, kolaborasi menjadi aspek penting yang dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap musik, kerja sama tim, dan kreativitas. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan kolaboratif dan kaitannya dengan hasil belajar peserta didik. Peneliti menggali informasi dari berbagai sumber rujukan baik buku maupun artikel ilmiah yang relevan dengan kajian yang dilakukan, khususnya tentang kajian kompetensi pedagogik guru yang diwujudkan dalam pendekatan kolaboratif. Metode penelitian ini menggunakan studi pustaka yang berkaitan dengan kajian teoritis dan beberapa referensi yang tidak akan lepas dari literatur-literatur ilmiah. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa pendekatan kolaboratif mampu meningkatkan kreativitas peserta didik dalam pembelajaran seni musik. Dalam beberapa hasil penelitian diungkapkan pula bahwa pendekatan kolaboratif mampu meningkatkan kreativitas peserta didik karna pendekatan kolaboratif melibatkan interaksi aktif antara peserta didik dalam suatu lingkungan belajar. Kolaborasi memungkinkan peserta didik untuk bekerja sama, berbagi ide, dan membangun solusi secara kolektif, yang sejalan dengan tujuan kurikulum Merdeka yang menekankan pengembangan keterampilan abad ke-21. Melalui pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik akan berdampak lebih baik khususnya dalam meningkatkan kreativitas yang mereka miliki dan akan berguna di masa yang akan datang. Kata Kunci: Pedagogik, pendekatan, kolaboratif, kreativitas, seni musikDownloads
References
Buku :
Lestari, I., Zakiah, L. (2019). Kreativitas dalam Konteks Pembelajaran. Bogor: Erzatama Karya Abadi
Utama, M.P.A. (2019). Pembelajaran Ansambel Angklung di SMPN 3 Banguntapan. Yogyakarta: Institut Seni Indonesia
Jurnal :
Ali, A. (2018). Kreativitas dalam Pemikiran Csikszentmihalyi. 1(1), April .
Amriani, S. D., Uzzakah, I., Prakosi, R. A., Sabela, A. A., Surur, M., Agusti, A. (2024). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaa. 2(2), 13-25.
Dewi, I., Siregar, H., Agustia, A., Dewantara, k. H. (2024). Implementasi Case Method Berbasis Pembelajaran Proyek Kolaboratif terhadap Kemampuan Kolaborasi Mahasiswa Pendidikan Matematika. Teori dan Riset Matematika. 09(02), 261-276
Fatmawati. (2022). Kreativitas dan Intelegensi. 4(4), 2022 (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai).
Gumilar, T. (2024). Angklung Sebagai Media Pembelajaran Musik dalam Pendidikan Anaka Usia Dini. Jurnal Pendidikan Seni, 7(1) Juni. ISSN: 2620-8598.
Husain, R. (2020). Penerapan Model Kolaboratif dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. E-Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/84434114/396-981-1-PB-libre.pdf?1650334858=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DPenerapan_Model_Kolaboratif_Dalam_Pembel.pdf&Expires=1736592359&Signature=e9jXFeLCPS7~~DHUBO7yzyT6UQ~h6Q7w3oum2y7VXtulv1rSBooqDGlb0XABwJyUgxmhKlHy5ZW6EiTUEMu4BRmqwNpxYstzh~AOdo2vVTF1E2AfIBWbQ78heu92an~~NnDpyX7BTixpjPlodlsk4JMHXAeN2lTFWpEadbIR2yUjZfkTZllIJIK7YC0vtnf4vIjUobJFD9GYIzE0XgOrMgJDYlMJ1XWH8pebUntCG7e7sF0dJLZ5UGuPuehBUeOKfPOZMDXf~NxmosqWfJixJKyO2WgawdQRXq-q9uaXMcB-M0LAfZwuf1s8~XlxUt2EAmuV7LZTFsKoyRuwJlki8Q__&Key-Pair-Id=APKAJLOHF5GGSLRBV4ZA
Lestari, S. P., Dewi, R. S., Junita, A. R. Menumbuhkan Kreativitas tanpa Batas: Strategi Inovatif Sekolah dalam Mengembangkan Karakter Kreatif Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengambdian kepada Masyarakat Bidang Ilmu Pendidilan. 5(3), September, 358-364.
Madina, A., Ardipal, Hakim, R., Miaz, Y. (2021). Pendidikan Karakter dalam Pelaksanaan Pembelajaran Seni Musik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 5(5), 3134-3141. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1293/pdf
Nisa, H., Disman., Dahlan, D. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Teknik Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Peserta Didik. 3 (5), 157-166. https://ejournal.upi.edu/index.php/manajerial/article/view/10277/pdf
Wurtiningsih, W. (2023). Pendidikan Seni Budaya: Mendorong Kreativitas dan Apresiasi Budaya dalam Pembelajaran. General and specific research. 3(2), Juni 311-317.
Nursanti, S., Mulyana, E., Santana, F.D.T. (2021). Implementasi Pembelajaran Angklung untuk Meningkatkan Kreativitas Seni Anak Usia Dini. Jurnal Ceria, 4(3). 288-295.
Nurwanti, T. N., Bahtiar, R. Z. (2024). Kajian Literatur Tentang Manfaat Media Pembelajaran Poster Pada Tema “Benda Disekitar Ku” Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas III Di SDN Dukung Kupang 5 Surabaya. Jurnal Pendidikan Dasar. 9(1) April.
Rosyidi, Z., Apriliyanti, V. (2024). Strategi Pembelajaran Seni Rupa Dalam Meningkatkan Kreativitas Pada Anak Madrasah Ibtidayah. Jurnal Pendidikan Seni Rupa. 9(2) Juli.
Soekmono, R., Ningtyas, D.P. (2020). Model Pembelajaran Pendidikan Multikultural Melalui Pendekatan Proyek Kolaboratif. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1029-1040.
Untari, T., Rahmaniah, R., Islami, A.B., Ihsani, B.Y. (2018). Peningkatan Pembelajaran Microteaching Melalui Pendekatan Kolaboratif. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 1(1). 91-100.
Zuhriyah, A. (2021). Model Pembelajaran Kolaboratif Teknik Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Berpikir Matematika Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 13(2). 100-108 .
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.