KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI POLA ASUH ORANG TUA DI KELAS IX SMP NEGERI 4 MATARAM TAHUN AJARAN 2024/2025
Keywords:
Pola Asuh Orang Tua, Demokratis, Permisif, Otoriter, Kemampuan Berpikir KreatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa ditinjau dari pola asuh orang tua di kelas IX SMP Negeri 4 Mataram Tahun Ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah subjek penelitian yaitu 6 siswa. Adapun untuk teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yaitu angket, tes, dan wawancara dengan instrumen penelitian yang digunakan adalah angket pola asuh orang tua, tes kemampuan berpikir kreatif matematis, serta pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Miles and Huberman yang terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan pola asuh demokratis memiliki kemampuan berpikir kreatif yang berada pada kategori sangat kreatif dan kreatif, dengan memenuhi aspek kefasihan dan aspek fleksibilitas tetapi belum mampu memenuhi aspek kebaruan. Subjek dengan pola asuh permisif memiliki kemampuan berpikir kreatif yang berada pada kategori kreatif, dengan memenuhi aspek kefasihan dan aspek fleksibilitas tetapi belum mampu memenuhi aspek kebaruan. Subjek dengan pola asuh otoriter memiliki kemampuan berpikir kreatif yang berada pada kategori tidak kreatif, subjek tidak mampu memenuhi aspek kefasihan, aspek fleksibilitas, maupun aspek kebaruan.Downloads
References
Amseke, F. V. (2023). Pola Asuh Orang Tua, Temperamen dan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Cilacap: PT Media Pustaka Indo.
Arifin, F. (2023). Berpikir Kritis dan Kreatif: Teori dan Implementasi Praktis dalam Pembelajaran. Medan: Publica Indonesia Utama.
Busnawir. (2023). Pengukuran Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika (Tinjauan Melalui Pembelajaran Berbasis Problem Solving dan Gaya Belajar). Indramayu: Penerbit Adab.
Jaber, M. F., Hapipi, & Kurniati, N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Negeri 19 Mataram Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia, 1(1), 44–48.
Mardawani. (2020). Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar dan Analisis Data Dalam Perspektif Kualitatif. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.
Nurachma, E., Hendriyani, D., Albertina, M., Badar, & Purwanti, S. (2020). Pengaruh Pasangan Pernikahan Dini Terhadap Pola Pengasuhan Anak. Pekalongan: Penerbit NEM.
Pratini T, S., Sripatmi, Azmi, S., & Sarjana, K. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(4), 570–577.
Purnomo, D. (2019). Keterampilan Guru dalam Berprofesi. Malang: Media Nusa Creative.
Raharjo, S. B., & Yuliana, L. (2016). Manajemen Sekolah Untuk Mencapai Sekolah Unggul Yang Menyenangkan: Studi Kasus Di SMAN 1 Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1(2), 203–217.
Salirawati, D. (2018). Solusi Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.
Subagia, I. N. (2021). Pola Asuh Orang Tua: Faktor, Implikasi terhadap Perkembangan Karakter Anak. Badung: Penerbit Nilacakra.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Susanto, H., & Ilyas. (2019). Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak (Studi di Desa Gondoriyo, Kec. Bergas, Kab. Semarang). Unnes Journal, 4(1), 50–60.
Teviana, F., & Yusiana, M. A. (2012). Pola Asuh Orang Tua terhadap Tingkat Kreativitas Anak. Jurnal STIKES, 5(1), 48–60.
Wahusna, Z., Sripatmi, Junaidi, & Kurniati, N. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah Teorema Pythagoras Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Taliwang Tahun Pelajaran 2021/2022. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 1002–1021.
Yusuf, W. O. Y. H., Bustaming, W. W., Rahmatia, F., Zanurhaini, Z., H, S., Salawati, A. N., Yeni, Y., Rini, R., & Maliati, M. (2024). Pengasuhan Ideal Bagi Generasi Alpha. ARDHI : Jurnal Pengabdian Dalam Negeri, 2(1), 32–45.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.