KURANGNYA SARANA PRASARANA DAN SETRATEGI GURU PPKN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR SDN 4 SUKA JAWA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21918Keywords:
Facilities and Infrastructure, Teacher Strategies in PPKN LearningAbstract
Sarana dan prasarana merupakan komponen penting dalam membantu guru dan siswa sekolah dasar terhadap kegiatan belajar. Kenyataannya, masih banyak Sekolah Dasar (SD) yang mengalami kekurangan sarana prasarana.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi secara spesifik tingkat kelayakan sarana dan prasarana di sekolah dasar. Strategi Pembelajaran yang digunakan Guru pada Mata Pelajaran PPKn di Sekolah Dasar Negeri 4 Sukajawa Bandar Lampung yaitu Strategi Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) dalam pembelajaran kooperatif, siswa tidak hanya belajar secara individual, tetapi juga belajar untuk memahami dan menghargai kontribusi dari anggota kelompok lainnya. Sarana dan prasarana memiliki dampak besar pada seberapa baik siswa belajar. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya sarana dan prasarana dalam menunjang pembelajaran berkualitas tinggi untuk siswa. Pengelolaan sarana dan prasarana merupakan kegiatan yang sangat penting untuk keberhasilan proses pendidikan di SDN 4 Sukajawa. Serupa dengan manajemen pada umumnya, pengelolaan sarana dan prasarana di sekolah memerlukan proses yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pemeliharaan dan pengawasan. Hasil dari penelitian ini apa yang dibutuhkan Sekolah dalam hal sarana prasarana yang kurang mendukung proses pembelajaran dan setrategi yang dibutuhkan guru dalam menghadapi situasi tersebut agar tetap nerjalan dengan baik.Downloads
References
Agustin, M, & Syaodih. (2008).Bimbi-ngan konseling untuk anak usia dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Brabender, V., & Fallon, A. (2009). Group development in practice: guidance for clinicians and researchers on stages and dynamics of change. Washington, DC: American Psychological Association.
Akrim. (2022). Strategi Pembelajaran. Medan: Umsu Press, , h. 2-3
Bariah, Saarul, Budi Mardikawati, Andi Aslindah, Nurul Aryanti, Sudadi, and Nurmiati. (2024). Buku Ajar Strategi Pembelajaran. Jambi: PT Sonpedia Publishing Indonesia,.
Hasriadi. (2022). Strategi Pembelajaran. Bantul: Mata Kata Inspirasi,
Wahyuni, Sinta. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif CIRC Dan Kebiasaaan Membaca Dalam Keterampilan Menulis. Gresik: Thalibul Ilmi Publishing & Education.
Jurnal :
Ai Lisnawati. (2023). “Problematika Sarana Prasarana dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar”, Jurnal Pendidikan Tambusai, 7 no. 3 ISSN : 2614-6754
Aini Shifana Savitri et al. (2022). , “Peran Strategi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa,” Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora 13, no. 2: 506, https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.54825
Alene Nikita. (2023). Upaya Manejemen Sekolah Dalam Menghadapi Hambatan Sarana Prasarana Pendidikan,” Jurnal Bintang Pendidikan dan Bahasa,: ISSN: 2963-6167
Amiruddin.(2019). “Pembelajaran Kooperatif Dan Kolaboratif.” Journal of Educational Science (JES) 5, no. 1 : 24–32.
Anwar, Yenita, Azwar Ananda, Maria Montessori, and Khairani Khairani. (2022). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Pendekatan SAVI Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PPKn.” Jurnal Basicedu 6, no. 4: 7433–45. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3355.
Eva Luthfi Fakhru Ahsani. (2021). “Pengaruh Sarana Prasarana Dalam Menunjang Prestasi Belajar Siswa SD di Sekolah Indonesia Den Haag”. Jurnal Program Studi PGMI. 8 no. 1,. ISSN : 2442-3661
Fajar Anggriawan Saputra. (2018) .“Survei Ketersediaan Sarana dan Prasarana Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di Sekolah SMP se Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik”, Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 06 no. 02: 266-270. ISSN : 2338-798
Fuad. (2022). “Pembelajaran Kolaboratif Dan Kooperatif Konsep Dasar Implementasinya Terhadap Kematangan Objek Didik.” JURNAL AZKIA : Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam 17, no. 1 73. https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v17i1.170.
Hasanah, Zuriatun, and Ahmad Shofiyul Himami. (2021) “Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa.” Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan 1, no. 1 2–4. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236.
Hidayat, Heri, Heny Mulyani, Nadia Nurul Arifin, and Neng Setia Rahmawati. (2020). “Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 4, no. 1: 106–15. https://doi.org/10.31571/pkn.v4i1.1479.
Husain, Rusmin. (2020). “Penerapan Model Kolaboratif Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” E- Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo 1, no. 1: 17. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSI/article/download/396/359.
Jannah, Siti Ruhilatul, and Nur Aisyah. (2021). “Strategi Pembelajaran Kooperatif ( Cooperative Learning ) Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Studi Pendidikan Islam 4, no. 1: 46–48. https://doi.org/10.52166/talim.v4i1.2181.
Lathifa, Natasya Nurul, Khairil Anisa, Sri Handayani, and Gusmaneli Gusmaneli. “Strategi Pembelajaran Kooperatif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar.” CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan 4, no. 2 (2024): 69–81. https://doi.org/10.31958/jt.v19i1.449.
Mahmudi, M Umar, and Muhammad Rifa’i Subhi. (2023). “Strategi Pendidikan Dan Pembelajaran Berbasis Kolaborasi Dalam Pendidikan Agama Islam.” Muaddib : Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 1: 81. https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/.
Rusmin Husain, (2020). “Penerapan Model Kolaboratif Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar,” E- Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo 1, no. 1: 17, http://ejurnal.pps.ung.ac.id /index.php/PSI/article/download/396/359
Sanjani, Maulana Akbar. (2021). “Pentingnya Strategi Pembelajaran Yang Tepat Bagi Siswa.” Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan 10, no. 2: 32. https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/jc/article/view/517.
Savitri, Aini Shifana, Dewi Sallamah, Nikie Ailsa Permatasari, and Prihantini Prihantini. (2022). “Peran Strategi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora 13, no. 2: 506. https://doi.org/10.26418/j- psh.v13i2.54825.
Teladaningsih, One, Mawardi Mawardi, and Indi Huliana. (2019) . “Implementasi Model Pembelajaran Teams Games Tournament Meningkatkan Keterampilan Kolaboratif Peserta Didik Kelas 4 Sd.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 4, no. 1: 20–21. https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1530.
Tenrisau, Nazhifah Al-Adawiyah. (2023). “Strategi Pembelajaran Kolaboratif Dalam Meningkatkan Pemahaman Berpikir Siswa.” Jurnal Pendiikan 1, no. 1: 3–5. https://doi.org/10.31219/osf.io/nv4tu.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.