PENGARUH MODEL TALKING STICK TONGKAT BUBBLE TERHADAP PEMAHAMAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA MATEMATIKA SD MUHAMMADIYAH

Authors

  • Siti Zeinab STKIP PGRI Bangkalan
  • Zainal Arifin STKIP PGRI Bangkalan
  • Rendra Sakbana Kusuma STKIP PGRI Bangkalan
  • Ana Yuliati STKIP PGRI Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21884

Keywords:

Talking Stick learning Model; Conventional Learning; Learning Comprehension; Learning Independence

Abstract

This study intends to be abble to see the difference in the effect of Talking Stick and Conventionallearning models on students’ understanding and learning on understanding and learning independence in mathematics class I SD Muhammadiyah 1 Bangkalan with this quanntitative appoach using Quasi Experimental Design. The sample used was grade 1A and B students of SD Muhammadiyah 1 Bangkalan, totaling 43 students in total. Instruments used in the form of student learning comprehension questions and independence questionnaires. While the analysistest is validity test, reliability test, homogeneity test, normality test and independent sample t-test with the help of SPSS application. This is evidenced in the use of learning models in mathematics lessons to improve student’s understanding and learning independence obtained a significant value (2-tailed) of 0.000 < 0,05 which states that there are differences in the understanding and learning independence of student who use the talking stick and conventional learning models.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alifillah, Ayang. 2020. “Pengaruh Media Powtoon Melalui E-Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V Mi Al-Ihsan Pamulang.” 69.

Alpian, Sri Wulan Anggraeni. 2019. “Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia.” Duke Law Journal 1(1):66–72.

Aziz, Azhar, and Basry. 2017. “Hubungan Antara Kompetensi Guru Dan Kepercayaan Diri Dengan Kemandirian Siswa SMPN 2 Pangkalan Susu.” Jurnal Psychomutiara 1(1):15–29.

Djalal, Fauza. 2017. “Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan, Strategi, Dan Model Pembelajaran.” Jurnal Dharmawangsa 2(1):31–52.

Fitriani, Amel, Ayu Kartini, Mita Maulani, and Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2022. “Peran Guru Dan Strategi Pembelajaran Dalam Memenuhi Kompetensi Siswa Abad 21.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6(2):16491–98.

Gazali, Rahmita Yuliana. 2016. “Pembelajaran Matematika Yang Bermakna.” Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika 2(3):181–90. doi: 10.33654/math.v2i3.47.

Hasanah. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD.” Kalpataru Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah Terbit 4(1):158–68.

Jamiah, Rizqi, and Edy Surya. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Dengan Metode Mathmagic Terhadap Hasil Belajar Matematika [The Effect of the Talking Stick Learning Model with Math Magic Method on Mathematics Learning Outcomes].” Axiom 5(2):244–55.

Khoirunnisa, Aprilia, and Slamet Soro. 2021. “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Materi SPLDV Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia 05(12):2398–2409. doi: 10.52436/1.jpti.254.

Laksana, Sigit Dwi. 2022. “Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Teknologi Pendidikan Abad 21.” Jurnal Teknologi Pembelajaran 1(01):14–22. doi: 10.25217/jtep.v1i01.1289.

Mirdad, J. 2020. “Model-Model Pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran).” Jurnal Sakinah 2(1):14–23.

Mulyaningsih. 2014. “Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 20(4):441–51. doi: 10.24832/jpnk.v20i4.156.

Muslimin, Musrifah, and Endang Putri Ani. 2024. “JUARA SD : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar Volume 3 Nomor 1 Maret 2024 Strategi Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) Di Sekolah Dasar.” 3(2020).

Nurhayanti, Hani, Hendar Hendar, and Ranti Kusmawati. 2022. “Model Realistic Mathematic Education Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Pecahan.” Jurnal Tahsinia 3(2):156–66. doi: 10.57171/jt.v3i2.334.

Nurilah, Ida, Novi Yuliyanti, Farhan Saefudin Wahid, Program Studi, Pendidikan Guru, Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan, Ilmu Pendidikan, and Desi Riani. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Eksperimen Di Sekolah Dasar Negeri Negla 1 Dan Madrasah Ibtidaiyah Assalam Kubang Bungur) The Effect of the Talking Stick Type Cooperative Learning Model on S.” 1(1):22–31.

Pristiwanti, Desi, Bai Badariah, Sholeh Hidayat, and Ratna Sari Dewi. 2022. “Pengertian Pendidikan.” Jurnal Bioedukasi 6(2):337–47. doi: 10.33387/bioedu.v6i2.7305.

Sanjaya, maulinda sulistyani. 2023. “Identifikasi Gaya Belajar Anak Usia Dini.” 3(1):52–62.

Seika Ayuni, I. G. A. P. Anggi, Nyoman Kusmariyatni, and I. Gusti Ngurah Japa. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V.” Journal of Education Technology 1(3):183. doi: 10.23887/jet.v1i3.12503.

Septiani, Eka, and Luluk Setyowati. 2020. “Penggunaan Media Pembelajaran Secara Daring Terhadap Pemahaman Belajar Mahasiswa.” Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 121–28.

Siregar, Suriani. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Dan Aktivitas Visual Siswa Pada Konsep Sistem Indra.” BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan 3(2):100. doi: 10.22373/biotik.v3i2.999.

Skripsi, Artikel. 2024. “Artikel Skripsi (1).” (1).

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. ke-26. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono, D. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Tindakan.

Sunita, ni wayan, i dewa putu Juwana, and ni made atik widyantari. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII Di SMP Negeri 5 Mengwi Tahun Pelajaran 2020/2021.” 16–23.

Yumriani, Maemunah. 2022. “Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Journal of Education and Teaching Learning 1(1):1–5. doi: 10.59211/mjpjetl.v1i1.9.

Downloads

Published

2024-12-30

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>