PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU KUARTET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PKN PADA PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.21877Keywords:
Motivasi Belajar, Media Kartu Kuartet, PKNAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Kuartet terhadap Motivasi Belajar PKN pada Peserta Didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Kuartet terhadap Motivasi Belajar PKN pada Peserta Didik. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian percobaan dengan desain pre- eksperimental dengan bentuk one group pretest-posttest design. Prosedur penelitian menggunakan pretest dan posttest dengan menggunakan lembar angket yang dimana untuk mengukur kemampuan peserta didik sebelum perlakuan dan setelah perlakuan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDS Muhammadiyah 25 Medan yang berjumlah 20 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif mempunyai karakteristik yang dapat berupa bentuk angka, berupa hasil pembelajaran awal dan hasil pembelajaran akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan media kartu kuartet pada mata Pelajaran PKN kelas V. Data ini menggunakan uji validator (expert judgement), uji normalitas dan uji hipotesis.Downloads
References
Adisel, Susyati, Rahyu, V. A. R.,
Widiyawati, Melinda, Juniarti, M.
D. T., Berli, A., Satria, J. N., & Orsida, A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Norma Siswa
Sekolah Dasar. IJOCE :
Indonesia Journal of Civic
Education, 1(2), 76–79.
Al Fadli, A. A., & Mushafanah, Q. (2024). Analisis Peran Orang tua dalam Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 210–
216.
https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i 2.437
AP, N., Rahman, A., & Ramadhani, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Permainan Kartu Kuartet Terhadap Minat Belajar Ips Siswa Sekolah Dasar. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 196–204.
https://doi.org/10.51878/social.v1 i3.932
Aprilia, V., WA, A. R., Alie, M. S., CN,
Y., Hasbullah, & Oktaria, E. T. (2024). Pengaruh Digital Marketing dan Experiental Marketing terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pengguna Jasa Travel Pariwisata Rakata Tour Indonesia. COSTING : Journal of Economic, Business and Accounting, 7(5), 5060–5071.
Aryani, W. D. (2018). Implementasi TGT Berbantuan Media Kartu Kuartet Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Hasil
Belajar IPS Peserta Didik Kelas
VII A SMPN 1 Kandeman. HARMONY: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 3(2), 115–133.
Atmojo, A. E. P., & Nugroho, A. (2020). EFL Classes Must Go Online! Teaching Activities and Challenges during COVID-19 Pandemic in Indonesia. Register Journal, 13(1), 49–76. https://doi.org/https://doi.org/10.1 8326/rgt.v13i1.49-76
Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595. https://jurnal.untirta.ac.id/index.p hp/psnp/article/view/5665/4066
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. In A. Syaddad (Ed.), New Scientist (Vol. 162, Issue 2188). CV. KAAFAH LEARNING CENTER.
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172.
https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.28 38
Fitri, N. K., Refa, M. R. M., Seruni, J. C., & Muzammil, F. (2024). Pengembangan dan Validasi Perilaku Kecanduan Media Sosial Pada Remaja. INNOVATIVE : Journal of Social Science Research, 4(4), 1–11. https://j- innovative.org/index.php/Innovati ve%0APengembangan
Hardhita, R. S. (2022). Penggunaan Media Permainan Kartu Kuartet Pancasila Pada Mata Pelajaran Ppkn Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Penerapan Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-Hari. 01(4),
655–661.
Hasan, M., Milawati, I., Darodjat, Harahap, T. K., Tahrim, T.,
Anwari, A. M., Rahmat, A.,
Masdiana, & P, I. M. I. (2021). Media Pembelajaran. In F. Sukmawati (Ed.), Tahta Media Group. Penerbit Tahta Media Group.
Herlina, I. O., Riyadi, A. R., & Murron,
F. S. (2024). Kartu Kuartet sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Pengamalan Nilai Pancasila di Fase A. Kalam Cendekia : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(3),
1204–1210.
Ismail, I., Taufiq, A. U., & Hasanah, U. (2020). Pengembangan Kartu Kuartet Sebagai Media Pembelajaran Biologi. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(2), 236–246.
https://doi.org/10.24252/asma.v2i 2.17084
Isnania, H., Narulita, E., & Rusdianto. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kuartet Terhadap Hasil Dan Motivasi Belajar Siswa Smp Dalam Pembelajaran Ipa. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 39–46. https://doi.org/10.24929/lensa.v1 3i1.295
Jainiyah, J., Fahrudin, F., Ismiasih, I., & Ulfah, M. (2023). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika Jurnal Kependidikan, 2(6), 1304–1309. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6. 284
Karsono, Sujana, Y., Daryanto, J., & Yustinus, N. (2014). Penggunaan Kartu Kuartet Untuk Meningkatkan Pemahaman Kebergaman Seni Tradisi Nusantara pada Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 1(April), 43–49.
Lestari, O., Priscylio, G., Copriady, J., & Holiwarni, B. (2020). The use of quartet card game on hydrocarbon to improve learning outcomes ten-grade students. Journal of Physics: Conference Series, 1567(3).
https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1567/3/032096
Mendari, A. S. K. (2010). APLIKASI TEORI HIERARKI KEBUTUHAN MASLOW DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA
Anastasia Sri Mendari. Widya Warta: Jurnal Ilmiah Universitas Katolik Widya Mandala Madiun, 34(01), 82–91.
epository.widyamandala.ac.id/53 6/1/B. Anastasia Sri Mendari
Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan,
20(4), 441–451.
https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i 4.156
Munawir, M., Salsabila, Z. P., & Nisa’,
N. R. (2022). Tugas, Fungsi dan Peran Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 8–12.
https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1. 327
Nanggala, A. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Multikultural. Jurnal Soshum Insentif, 3(2), 197–210. https://doi.org/10.36787/jsi.v3i2.3 54
Nasution, U. T. R., & Anshor, A. S. (2024). MEDIA KARTU KUARTET UNTUK MENINGKATKAN NILAI-NILAI PANCASILA SISWA KELAS III SDN 1304 MOMPANG. Tuntun:
Jurnal Pendidikan, 1(1), 70–82. https://jurnal.inovasipendidikankr eatif.com/index.php/tuntun/article
/view/8%0Ahttps://jurnal.inovasip endidikankreatif.com/index.php/t untun/article/download/8/9
Prameswari, I. A., Dadi, S., & Setiono,
P. (2022). Penggunaan Media Kartu Kuartet untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas IV C SDN 71 Kota Bengkulu Panut Setiono. Juridikdas Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(1), 42–53.
Prasetyaningtyas, S. (2020). Penerapan Metode Permainan Kartu Kwartet Untuk
Meningkatkan Prestasi Belajar Dan Keaktifan Belajar Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII Smp N 1 Semin. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 100–108.
https://doi.org/10.51169/ideguru. v5i1.118
Prihartini, Y., Buska, W., Hasnah, N., & Ds, M. R. (2019). Peran dan Tugas Guru dalam Melaksanakan
4 Fungsi Manajemen EMASLIM dalam Pembelajaran di Workshop. Islamika : Jurnal Ilmu- Ilmu Keislaman, 19(02), 79–88. https://doi.org/10.32939/islamika. v19i02.327
Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 79–92. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2. 8108
Sa’adiyah, M. K., & Dewi, D. A. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 6(3), 9940–
9945.
https://doi.org/10.52005/belaindik a.v2i3.44
Sara, Y. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran PPKN Berbasis Kartu Kwartet Terhadap Minat Belajar Siswa di SMP PGRI 4 Kota Jambi. In Suparyanto dan Rosad (2015 (Vol. 5, Issue 3).
Setiyorini, I., & Abdullah, M. H. (2013). Penggunaan Media Permainan Kartu Kuartet Pada Mata
Pelajaran IPS Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–10.
Sitompul, L. R., Rafida, T., & Hasibuan, H. B. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Aspek Kognitif dan Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Basicedu, 6(1), 1311–1323.
https://doi.org/10.31004/basicedu
.v6i1.2152
Sudibyo, E., Jatmiko, B., & Widodo,
W. (2016). Pengembangan Instrumen Motivasi Belajar Fisika: Angket. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(1), 13–21. https://doi.org/10.26740/jppipa.v1 n1.p13-21
Sudiono, D., Syarbini, A., & Asmawati,
L. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Kuartet Dan Model Pendidikan Karakter Peserta Didik di SMP. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 42–54. https://jurnal.untirta.ac.id/index.p hp/JTPPm/article/view/7709
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. In Alvabeta. CV. ALFABETA. http://jppipa.unram.ac.id/index.ph p/jcar/index
Sumargono, Lisnawati, Rohmayani, S., & Masdi. (2019). Kartu Kuartet Boelang (Boedaya Lampung) Sebagai Media Edukasi Boedaya Lokal Di Smpn Bandarlampung. HISTORIA: Jurnal Program Studi
Pendidikan Sejarah, 7(2), 243–
258.
https://doi.org/10.24127/hj.v7i2.2 108
Susanti, S. (2019). Analisis Hasil Belajar Pada Pembelajaran PKn Menggunakan Model Pembelajaran TGT Kelas III SD. SCHOLASTICA JOURNAL JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DAN PENDIDIKAN DASAR, 2(2), 41–
50.
https://doi.org/10.31851/sj.v2i2.7 569
Tyas, A., Rozaq, F., & Aroyan Noer Fahrezy, M. (2024). Analisa Nilai Uji Getaran Menggunakan Vibrograph Yoshida Seiki dan Ride Indexer PJM pada Sarana KRL. Journal Syntax Idea, 6(1), 126–137.
https://doi.org/https://doi.org/ DOI 10.46799/syntax-idea.v6i1.2886
Waluyo, E., Septian, A., Jerilian, E., Hidayat, I. N., Prahadi, M. A., Prasetyo, T., & Sabilah, A. I. (2024). Analisis Data Sampel Menggunakan Uji Hipotesis Penelitian Perbandingan Pendapatan Menggunakan Uji Anova dan Uji T. JEBI : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(6), 775–
785.
Waritsman, A. (2020). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Tolis Ilmiah; Jurnal Penelitian, 1(2), 28–32.
Yasin, F. N., & Susanti, E. (2023). PENERAPAN PERMAINAN
KARTU KUARTET UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PENGAMALAN SILA PANCASILA KELAS II SDN MAGERSARI SIDOARJO. In
Jurnal Muassis Pendidikan Dasar (Vol. 2, Issue 3). https://muassis.journal.unusida.a c.id/index.php/jmpd
Yaumi, M. (2017). Media Pembelajaran : Pengertian, Fungsi dan Urgensinya bagi Anak Milenial. 1– 21.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.