PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU KUARTET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PKN PADA PESERTA DIDIK

Authors

  • Nikmah Daulay Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Nurul Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Aisyah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Annisa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Melyani Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.21877

Keywords:

Motivasi Belajar, Media Kartu Kuartet, PKN

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Kuartet terhadap Motivasi Belajar PKN pada Peserta Didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Kuartet terhadap Motivasi Belajar PKN pada Peserta Didik. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian percobaan dengan desain pre- eksperimental dengan bentuk one group pretest-posttest design. Prosedur penelitian menggunakan pretest dan posttest dengan menggunakan lembar angket yang dimana untuk mengukur kemampuan peserta didik sebelum perlakuan dan setelah perlakuan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDS Muhammadiyah 25 Medan yang berjumlah 20 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif mempunyai karakteristik yang dapat berupa bentuk angka, berupa hasil pembelajaran awal dan hasil pembelajaran akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan media kartu kuartet pada mata Pelajaran PKN kelas V. Data ini menggunakan uji validator (expert judgement), uji normalitas dan uji hipotesis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adisel, Susyati, Rahyu, V. A. R.,

Widiyawati, Melinda, Juniarti, M.

D. T., Berli, A., Satria, J. N., & Orsida, A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Norma Siswa

Sekolah Dasar. IJOCE :

Indonesia Journal of Civic

Education, 1(2), 76–79.

Al Fadli, A. A., & Mushafanah, Q. (2024). Analisis Peran Orang tua dalam Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 210–

216.

https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i 2.437

AP, N., Rahman, A., & Ramadhani, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Permainan Kartu Kuartet Terhadap Minat Belajar Ips Siswa Sekolah Dasar. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 196–204.

https://doi.org/10.51878/social.v1 i3.932

Aprilia, V., WA, A. R., Alie, M. S., CN,

Y., Hasbullah, & Oktaria, E. T. (2024). Pengaruh Digital Marketing dan Experiental Marketing terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pengguna Jasa Travel Pariwisata Rakata Tour Indonesia. COSTING : Journal of Economic, Business and Accounting, 7(5), 5060–5071.

Aryani, W. D. (2018). Implementasi TGT Berbantuan Media Kartu Kuartet Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Hasil

Belajar IPS Peserta Didik Kelas

VII A SMPN 1 Kandeman. HARMONY: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 3(2), 115–133.

Atmojo, A. E. P., & Nugroho, A. (2020). EFL Classes Must Go Online! Teaching Activities and Challenges during COVID-19 Pandemic in Indonesia. Register Journal, 13(1), 49–76. https://doi.org/https://doi.org/10.1 8326/rgt.v13i1.49-76

Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595. https://jurnal.untirta.ac.id/index.p hp/psnp/article/view/5665/4066

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. In A. Syaddad (Ed.), New Scientist (Vol. 162, Issue 2188). CV. KAAFAH LEARNING CENTER.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172.

https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.28 38

Fitri, N. K., Refa, M. R. M., Seruni, J. C., & Muzammil, F. (2024). Pengembangan dan Validasi Perilaku Kecanduan Media Sosial Pada Remaja. INNOVATIVE : Journal of Social Science Research, 4(4), 1–11. https://j- innovative.org/index.php/Innovati ve%0APengembangan

Hardhita, R. S. (2022). Penggunaan Media Permainan Kartu Kuartet Pancasila Pada Mata Pelajaran Ppkn Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Penerapan Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-Hari. 01(4),

655–661.

Hasan, M., Milawati, I., Darodjat, Harahap, T. K., Tahrim, T.,

Anwari, A. M., Rahmat, A.,

Masdiana, & P, I. M. I. (2021). Media Pembelajaran. In F. Sukmawati (Ed.), Tahta Media Group. Penerbit Tahta Media Group.

Herlina, I. O., Riyadi, A. R., & Murron,

F. S. (2024). Kartu Kuartet sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Pengamalan Nilai Pancasila di Fase A. Kalam Cendekia : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(3),

1204–1210.

Ismail, I., Taufiq, A. U., & Hasanah, U. (2020). Pengembangan Kartu Kuartet Sebagai Media Pembelajaran Biologi. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(2), 236–246.

https://doi.org/10.24252/asma.v2i 2.17084

Isnania, H., Narulita, E., & Rusdianto. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kuartet Terhadap Hasil Dan Motivasi Belajar Siswa Smp Dalam Pembelajaran Ipa. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 39–46. https://doi.org/10.24929/lensa.v1 3i1.295

Jainiyah, J., Fahrudin, F., Ismiasih, I., & Ulfah, M. (2023). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika Jurnal Kependidikan, 2(6), 1304–1309. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6. 284

Karsono, Sujana, Y., Daryanto, J., & Yustinus, N. (2014). Penggunaan Kartu Kuartet Untuk Meningkatkan Pemahaman Kebergaman Seni Tradisi Nusantara pada Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 1(April), 43–49.

Lestari, O., Priscylio, G., Copriady, J., & Holiwarni, B. (2020). The use of quartet card game on hydrocarbon to improve learning outcomes ten-grade students. Journal of Physics: Conference Series, 1567(3).

https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1567/3/032096

Mendari, A. S. K. (2010). APLIKASI TEORI HIERARKI KEBUTUHAN MASLOW DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA

Anastasia Sri Mendari. Widya Warta: Jurnal Ilmiah Universitas Katolik Widya Mandala Madiun, 34(01), 82–91.

epository.widyamandala.ac.id/53 6/1/B. Anastasia Sri Mendari

Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan,

20(4), 441–451.

https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i 4.156

Munawir, M., Salsabila, Z. P., & Nisa’,

N. R. (2022). Tugas, Fungsi dan Peran Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 8–12.

https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1. 327

Nanggala, A. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Multikultural. Jurnal Soshum Insentif, 3(2), 197–210. https://doi.org/10.36787/jsi.v3i2.3 54

Nasution, U. T. R., & Anshor, A. S. (2024). MEDIA KARTU KUARTET UNTUK MENINGKATKAN NILAI-NILAI PANCASILA SISWA KELAS III SDN 1304 MOMPANG. Tuntun:

Jurnal Pendidikan, 1(1), 70–82. https://jurnal.inovasipendidikankr eatif.com/index.php/tuntun/article

/view/8%0Ahttps://jurnal.inovasip endidikankreatif.com/index.php/t untun/article/download/8/9

Prameswari, I. A., Dadi, S., & Setiono,

P. (2022). Penggunaan Media Kartu Kuartet untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas IV C SDN 71 Kota Bengkulu Panut Setiono. Juridikdas Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(1), 42–53.

Prasetyaningtyas, S. (2020). Penerapan Metode Permainan Kartu Kwartet Untuk

Meningkatkan Prestasi Belajar Dan Keaktifan Belajar Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII Smp N 1 Semin. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 100–108.

https://doi.org/10.51169/ideguru. v5i1.118

Prihartini, Y., Buska, W., Hasnah, N., & Ds, M. R. (2019). Peran dan Tugas Guru dalam Melaksanakan

4 Fungsi Manajemen EMASLIM dalam Pembelajaran di Workshop. Islamika : Jurnal Ilmu- Ilmu Keislaman, 19(02), 79–88. https://doi.org/10.32939/islamika. v19i02.327

Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 79–92. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2. 8108

Sa’adiyah, M. K., & Dewi, D. A. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 6(3), 9940–

9945.

https://doi.org/10.52005/belaindik a.v2i3.44

Sara, Y. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran PPKN Berbasis Kartu Kwartet Terhadap Minat Belajar Siswa di SMP PGRI 4 Kota Jambi. In Suparyanto dan Rosad (2015 (Vol. 5, Issue 3).

Setiyorini, I., & Abdullah, M. H. (2013). Penggunaan Media Permainan Kartu Kuartet Pada Mata

Pelajaran IPS Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–10.

Sitompul, L. R., Rafida, T., & Hasibuan, H. B. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Aspek Kognitif dan Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Basicedu, 6(1), 1311–1323.

https://doi.org/10.31004/basicedu

.v6i1.2152

Sudibyo, E., Jatmiko, B., & Widodo,

W. (2016). Pengembangan Instrumen Motivasi Belajar Fisika: Angket. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(1), 13–21. https://doi.org/10.26740/jppipa.v1 n1.p13-21

Sudiono, D., Syarbini, A., & Asmawati,

L. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Kuartet Dan Model Pendidikan Karakter Peserta Didik di SMP. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 42–54. https://jurnal.untirta.ac.id/index.p hp/JTPPm/article/view/7709

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. In Alvabeta. CV. ALFABETA. http://jppipa.unram.ac.id/index.ph p/jcar/index

Sumargono, Lisnawati, Rohmayani, S., & Masdi. (2019). Kartu Kuartet Boelang (Boedaya Lampung) Sebagai Media Edukasi Boedaya Lokal Di Smpn Bandarlampung. HISTORIA: Jurnal Program Studi

Pendidikan Sejarah, 7(2), 243–

258.

https://doi.org/10.24127/hj.v7i2.2 108

Susanti, S. (2019). Analisis Hasil Belajar Pada Pembelajaran PKn Menggunakan Model Pembelajaran TGT Kelas III SD. SCHOLASTICA JOURNAL JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DAN PENDIDIKAN DASAR, 2(2), 41–

50.

https://doi.org/10.31851/sj.v2i2.7 569

Tyas, A., Rozaq, F., & Aroyan Noer Fahrezy, M. (2024). Analisa Nilai Uji Getaran Menggunakan Vibrograph Yoshida Seiki dan Ride Indexer PJM pada Sarana KRL. Journal Syntax Idea, 6(1), 126–137.

https://doi.org/https://doi.org/ DOI 10.46799/syntax-idea.v6i1.2886

Waluyo, E., Septian, A., Jerilian, E., Hidayat, I. N., Prahadi, M. A., Prasetyo, T., & Sabilah, A. I. (2024). Analisis Data Sampel Menggunakan Uji Hipotesis Penelitian Perbandingan Pendapatan Menggunakan Uji Anova dan Uji T. JEBI : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(6), 775–

785.

Waritsman, A. (2020). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Tolis Ilmiah; Jurnal Penelitian, 1(2), 28–32.

Yasin, F. N., & Susanti, E. (2023). PENERAPAN PERMAINAN

KARTU KUARTET UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PENGAMALAN SILA PANCASILA KELAS II SDN MAGERSARI SIDOARJO. In

Jurnal Muassis Pendidikan Dasar (Vol. 2, Issue 3). https://muassis.journal.unusida.a c.id/index.php/jmpd

Yaumi, M. (2017). Media Pembelajaran : Pengertian, Fungsi dan Urgensinya bagi Anak Milenial. 1– 21.

Downloads

Published

2025-03-31