PENERAPAN FUN LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS 3 MIN 1 LANGKAT

Authors

  • Safiya Arqiya Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Rahel Nazwa Sidadolog Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Wafiah Afridannur Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Mega Aulia Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Melyani Sari Sitepu Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.21859

Keywords:

fun learning , kreativitas belajar siswa

Abstract

Fun learning, yang berfokus pada pendekatan psikologis siswa, menciptakan suasana belajar yang nyaman dan kondusif, sehingga mampu menumbuhkan motivasi belajar. Pendekatan ini penting untuk mengatasi penurunan minat belajar, sebagaimana dijelaskan dalam teori Tolstoy, bahwa pembelajaran yang menyenangkan menjadikan materi lebih bermakna, meningkatkan motivasi, dan memberikan kepuasan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas metode Fun and Project-Based Learning dalam meningkatkan kreativitas dan keterampilan siswa. Penelitian berfokus pada pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental design). Dua kelompok dibandingkan dalam penelitian ini: kelompok eksperimen dengan penerapan Fun and Project-Based Learning dan kelompok kontrol yang penggunaan metode pembelajaran konvensional. Analisis data dilakukan secara kuantitatif, mulai dari pengelompokan data berdasarkan variabel dan responden, tabulasi data, hingga pengujian hipotesis. Pada hasil penelitian ini metode Fun and Project-Based Learning berkontribusi tetap terhadap peningkatan kreativitas dan keterampilan siswa dibandingkan metode konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aidah Nabilah, G. (2021). Pengaruh Efektivitas Metode Fun Learning Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Kelas IV di SD Islam Nurul Jihad. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 149–157. https://doi.org/10.30997/tjpba.v2i2.4286

Aini, D. N. (2020). Hubungan Antara Metode Fun Learning Dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Di Kelompok Belajar Komunitas Kampung Lali Gadget (KLG) Kabupaten Sidoarjo. JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 4(4), 73–80.

Ali, M. M., Hariyati, T., Pratiwi, M. Y., & Afifah, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Penerapannya dalam Penelitian. Education Journal.2022, 2(2), 1–6.

Alwahidi, A. A., Sani, M. I., Dewi, A. M., Darmawangsa, S. S., Alawiyah, T. N. A., Rohimah, S., … Sukenti, K. (2021). Optimalisasi Minat Belajar dengan Metode Fun Learning pada Era New Normal di Desa Sengkerang, Kecamatan Praya Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2), 2–5. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.682

Anggraini, I. A., Utami, W. D., & Rahma, S. B. (2020). Mengidentifikasi Minat Bakat Siswa Sejak Usia Dini di SD Adiwiyata. Islamika, 2(1), 161–169. https://doi.org/10.36088/islamika.v2i1.570

Aprilia, R., & Astriani, L. (2024). Analisis Peran Guru pada Pembelajaran Matematika dengan Metode Fun Learning di Sekolah Dasar Islam Terpadu Permata Madani, 51–60.

Ardhyantama, V. (2020). Pengembangan Kreativitas Berdasarkan Gagasan Ki Hajar Dewantara. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 73–86. https://doi.org/10.24832/jpnk.v5i1.1502

Arfandi, & Samsudin, M. A. (2021). Peran guru profesional sebagai fasilitator dan komunikator dalam kegiatan belajar mengajar. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 5(2), 124–132.

Arifin, A., Magito, M., Perkasa, D. H., & Febrian, W. D. (2023). Pengaruh Kompensasi, Kompetensi dan Konflik Kerja terhadap Kinerja Karyawan. GLOBAL: Jurnal Lentera BITEP, 1(01), 24–33. https://doi.org/10.59422/global.v1i01.130

Artopo, B., Ashar, R., Erva, L., & Nizhomi, B. (2022). IMPLEMENTASI AJARAN TAMANSISWA “ TRI NGA ” MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR, 1366–1372.

Asmawadi, A. (2021). Fun Learning Melalui Media Whatsapp Pada Pembelajaran Jarak Jauh Untuk Kelas 1 Sekolah Dasar. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.51878/elementary.v1i1.16

Bariyah, A., Jannah, M., & Ruwaida, H. (2023). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7, 572–582. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4604

Buan, Y. A. L. (2021). Guru dan Pendidikan Karakter : Sinergitas Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di Era Milenial. Penerbit Adab. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=nOcREAAAQBAJ

Dr. Toto Suharto, M. A. (2015). FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM. (R. KR, Ed.). Depok, Sleman, Yogyakarta 55282: AR-RUZZ MEDIA.

Dr. Yohamintin, S. P. M. P. I. (2023). Buku Ajar Etika Profesi Guru. (E. M. Dr. Rahmat Fadhli, Ed.). Bandung: Indonesia Emas Group. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=3rHLEAAAQBAJ

Fairus, R. N. (2023). Pengaruh Metode Fun Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. EDUCARE: Jurnal Ilmu Pendidikan, 02(02), 1–9.

Fardiah, F., Murwani, S., & Dhieni, N. (2020). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Sains. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 133. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.254

Haryanto. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Fun Learning Pada Siswa Kelas XII TKJ A SMK Negeri 2 Palopo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(3), 459–479.

Ilham Sanjaya, Supriyadi, H. (2021). Pengaruh Metode Fun Learning pada Pembelajaran Gamolan terhadap Hasil Belajat Peserta Didik, 1–12.

Ilmiah, J., Multidisipliner, K., Zahra, N. A., Ramadhani, P. N., Komala, P. F., Dasar, D. S., & Dasar, S. (2024). Kreativitas dalam pembelajaran pkn sd : mengajar kewarganegaraan melalui permainan dan aktivitas interaktif, 8(6), 756–762.

Istifhama, L., & Aini, E. (2022). PENGARUH POLA KOMUNIKASI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. Jurnal Keislaman, 5, 75–93. https://doi.org/10.54298/jk.v5i1.3409

Kamaliah. (2021). Hakikat Peserta Didik. EDUCATIONAL JOURNAL: General and Specific Research, 1(1), 49–55.

Khoerunnisa, P., Aqwal, S. M., & Tangerang, U. M. (2020). ANALISIS MODEL-MODEL PEMBELAJARAN, 4, 1–27.

Lebe Wele, M. kala. (2020). Prima Magistra : Jurnal Ilmiah Kependidikan Meningkatkan Kemampuan Menggambar Berdasarkan Contoh dengan Metode Penugasan pada Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Syaloom Ende Abstrak mendapat dukungan prioritas dari pemerintah . tanggung jawab bersama an, 1(April), 125–132.

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39.

Mawardi, P. (2020). Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian Tindakan Sekolah dan Best Practice (Suatu Panduan Praktis Bagi Guru dan Kepala Sekolah). Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.

Mawikere, M. C. S., & Hura, S. (2021). Kajian Mengenai Konteks dan Strategi Pembelajaran yang Relevan bagi Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Kalasey Satu, Minahasa. Tumou Tou Jurnal Ilmiah, 8(2), 82–103.

MAZIDATUR, R. (2018). PENGARUH FUN LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MI AL-AMIN BONGSARI SEMARANG BARAT. Universitas Wahid Hasyim Semarang.

Mery, M. M. (2020). Penggunaan Media Papan Flanel untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal dan Konsonan pada Anak Kelompok B di TKK Rherhedja 2. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 116–124. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i1.357

Mufidah, E., & Sa’diyah, N. A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Fun Learning Dalam Pembelajaran Tematik. IBTIDA’, 1(1), 49–60.

Pradana, B. F. (2022). Pengenalan Dan Penerapan Metode Fun Learning Di Era New Normal Untuk Meningkatakan Minat Belajar Siswa Mi Di Desa Pasunggingan. PROSIDING KAMPELMAS (Kampus Peduli Masyarakat), 1(1), 299–307. Retrieved from https://proceedings.uinsaizu.ac.id/index.php/kampelmas/article/download/53/49/128

Rahma, B. A., & Hidayah, H. (2022). Penerapan Pembelajaran Menyenangkan ( Joyful Learning ) Melalui Metode Pembelajaran Loose Part Pada Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana : Universitas Negeri Semarang, 190.

Rahmawati, E. (2021). Konsep Pembelajaran Menyenangkan bagi Siswa Kelas Bawah Tingkat Sekolah Dasar. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 171–178. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i1.568

Ravyansah, & Abdillah, F. (2021). Tracing “Profil Pelajar Pancasila” Within The Civic Education Textbook: Mapping Values For Adequacy. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 6(2), 96–105. https://doi.org/10.21067/jmk.v6i2.5906

Ritonga, Ruliawati, dkk. (2020). Model Pengelolaan Kinerja Guru SMA Muhammadiyah. (D. M. M. P. Yusron, Ed.). Palembang.

Safaringga, V., Lestari, W. D., & Aeni, A. N. (2022). Implementasi Program Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3514–3525. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2667

Saragih, J., Undap, A. P. P., & Mawikere, M. C. S. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran PAK berbasisi digital mobile learnung (studi multi situs di SMA negeri 9 Manado dan SMA Kristen Eben Haezar Manado). Jurnal JIWP, 7(1), 1–7. https://doi.org/10.5281/zenodo.4659033

Seko, A. F., Lao, H. A. E., Kolo, C., & Ajito, T. (2022). Penerapan Metode Fun Learning Untuk Meningkatkan Teknik Ingatan dan Hasil Belajar Pada Peserta Didik di SD Negeri Nenas. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4 SE-Articles), 1176–1179. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5418

Sudrajat, S. (2024). Penerapan Metode Fun Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Usia Dini ( Studi Kasus di PAUD Ummatan Wasathon Kota Serang ), 07(01), 1802–1812.

Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49

Syukri, R. A., Bahri, A., & Khaltsum, U. (2021). Penerapan model pembelajaran fun learning dalam meningkatkan hasil belajar menulis karangan narasi siswa sekolah dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 51–60. https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i1.212

Wahyudi, K. E., Raharjo, M. R., Maharani, L. A., Arini, M. J. P., Maulana, R., & Untoro, R. A. N. (2023). PENERAPAN FUN LEARNING DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK DI SD NEGERI MUNENG KIDUL DAN SD NEGERI MUNENG LERES 3. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 141–145.

Wardhana, A. (2023). INSTRUMEN PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF (pp. 157–173).

Yana, & Kamarudin. (2021). Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Learning Start With A Question di Sekolah Dasar Abstrak. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 213–219.

Yuniharto, B., & Rochmiyati, S. (2022). PENINGKATAN MINAT BELAJAR DAN KREATIVITAS MELALUI PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SDN SARIHARJO. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6, 226–235. https://doi.org/10.36379/autentik.v6i2.225

Downloads

Published

2025-03-09