PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA MONOPOLI TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI PABEAN

Authors

  • Ghina Afifah Universitas Negeri Semarang
  • Tri Suminar Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Semarang
  • Deni Setiawan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.21850

Keywords:

Problem Based Learning model, monopoly media, learning outcome

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar IPAS siswa kelas IV rendah. Siswa menunjukkan kesulitan dalam memecahkan masalah dan memiliki sifat yang tidak senang dengan kegagalan. Pembelajaran masih berpusat pada guru dan didominasi dengan ceramah. Oleh karena itu, model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media monopoli adalah alternatif yang diperlukan untuk pembelajaran yang efektif. Media monopoli digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi perkembangbiakan tumbuhan. Peneliti memilih untuk melakukan penelitian dengan model pembelajaran berdasarkan masalah dengan bantuan media monopoli. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Pengaruh perlakuan pembelajaran dicari melalui penelitian jenis eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa SD Negeri Pabean. Sampel penelitian ini yaitu semua anggota populasi. Uji coba instrumen dilakukan di kelas V SD Negeri Pabean Kota Pekalongan. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan menggunakan sampel uji  Independent Samples T test dengan df = 38 dan taraf signifikansi 0,025 (uji 2 sisi) yaitu 2,024. Hasilnya menunjukkan bahwa H0 ditolak, karena nilai  thitung lebih besar dari  ttabel (4,512 > 2,024) atau nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,000 (0,000 < 0,05). Disimpulkan bawah terdapat perbedaan hasil belajar setelah diberikannya perlakuan. Sedangkan uji keefektifan terhadap hasil belajar siswa menggunakan N-gain score menunjukkan nilai rata-rata sebesar 0,6705 atau 0,7 dengan kategori tinggi. Disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning berbantuan media pembelajaran monopoli efektif terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Negeri Pabean. Keywords: model pembelajaran Problem Based Learning, media pembelajaran monopoli, hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kemendikbudristek BSKAP. (2022). Salinan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan. In Kemendikbudristek (Issue 021).

Buku :

Besral. (2010). Pengolahan dan Analisa Data-1 Menggunakan SPSS. Penerbit: Bumi Aksara.

Artikel in Press :

Hernawan, A. H. (2018). Strategi Pembelajaran di SD. Hakikat Strategi Pembelajaran, 1.1-1.18. http://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/PDGK4105-M1.pdf

Jurnal :

Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli pada Pelajaran IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(2), 170–175. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2446

Detty, E., Tandililing, E., & Mahmudah, D. (2019). Media Pembelajaran Monopoli Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(6). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/33270

Latief, A., & Novalia, N. (2023). Improving Fun Learning in Science Subjects by Using Monopoly Game Media. Indonesian Journal of Education Research (IJoER), 4(3), 54-57. https://www.researchgate.net/publication/371740752_Improving_Fun_Learning_in_Science_Subjects_by_Using_Monopoly_Game_Media

Rakhmawati, D. (2021). Advantages and Disadvantages of Problem Based Learning Models. SHEs: Conference Series, 4(5), 550–554. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Setiawan, D., Anggraini, I., & Hidayat, A. (2023). Problem-Based Learning Model Management on the Interest in Learning Mathemathics of Elementary School Student. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 2112. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.7200

Downloads

Published

2025-03-29