PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA MONOPOLI TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI PABEAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.21850Keywords:
Problem Based Learning model, monopoly media, learning outcomeAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar IPAS siswa kelas IV rendah. Siswa menunjukkan kesulitan dalam memecahkan masalah dan memiliki sifat yang tidak senang dengan kegagalan. Pembelajaran masih berpusat pada guru dan didominasi dengan ceramah. Oleh karena itu, model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media monopoli adalah alternatif yang diperlukan untuk pembelajaran yang efektif. Media monopoli digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi perkembangbiakan tumbuhan. Peneliti memilih untuk melakukan penelitian dengan model pembelajaran berdasarkan masalah dengan bantuan media monopoli. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Pengaruh perlakuan pembelajaran dicari melalui penelitian jenis eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa SD Negeri Pabean. Sampel penelitian ini yaitu semua anggota populasi. Uji coba instrumen dilakukan di kelas V SD Negeri Pabean Kota Pekalongan. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan menggunakan sampel uji Independent Samples T test dengan df = 38 dan taraf signifikansi 0,025 (uji 2 sisi) yaitu 2,024. Hasilnya menunjukkan bahwa H0 ditolak, karena nilai thitung lebih besar dari ttabel (4,512 > 2,024) atau nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,000 (0,000 < 0,05). Disimpulkan bawah terdapat perbedaan hasil belajar setelah diberikannya perlakuan. Sedangkan uji keefektifan terhadap hasil belajar siswa menggunakan N-gain score menunjukkan nilai rata-rata sebesar 0,6705 atau 0,7 dengan kategori tinggi. Disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning berbantuan media pembelajaran monopoli efektif terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Negeri Pabean. Keywords: model pembelajaran Problem Based Learning, media pembelajaran monopoli, hasil belajarDownloads
References
Kemendikbudristek BSKAP. (2022). Salinan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan. In Kemendikbudristek (Issue 021).
Buku :
Besral. (2010). Pengolahan dan Analisa Data-1 Menggunakan SPSS. Penerbit: Bumi Aksara.
Artikel in Press :
Hernawan, A. H. (2018). Strategi Pembelajaran di SD. Hakikat Strategi Pembelajaran, 1.1-1.18. http://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/PDGK4105-M1.pdf
Jurnal :
Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli pada Pelajaran IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(2), 170–175. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2446
Detty, E., Tandililing, E., & Mahmudah, D. (2019). Media Pembelajaran Monopoli Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(6). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/33270
Latief, A., & Novalia, N. (2023). Improving Fun Learning in Science Subjects by Using Monopoly Game Media. Indonesian Journal of Education Research (IJoER), 4(3), 54-57. https://www.researchgate.net/publication/371740752_Improving_Fun_Learning_in_Science_Subjects_by_Using_Monopoly_Game_Media
Rakhmawati, D. (2021). Advantages and Disadvantages of Problem Based Learning Models. SHEs: Conference Series, 4(5), 550–554. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Setiawan, D., Anggraini, I., & Hidayat, A. (2023). Problem-Based Learning Model Management on the Interest in Learning Mathemathics of Elementary School Student. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 2112. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.7200
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.