PEMANFAATAN BUKU CREATOR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI NILAI TEMPAT MATEMATIKA KELAS III MIN 3 PALANGKARAYA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.21813Keywords:
Creator Book, place value, mathematics, learning media, concept understandingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pemanfaatan media pembelajaran Buku Creator dalam meningkatkan pemahaman konsep nilai tempat pada siswa kelas III MIN 3 Kota Palangkaraya. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest untuk mengukur peningkatan pemahaman siswa. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada nilai posttest dibandingkan pretest. Nilai rata-rata N-Gain berada dalam kategori sedang hingga tinggi, yang menunjukkan bahwa media Buku Creator efektif dalam mendukung pembelajaran matematika. Media ini juga meningkatkan keterlibatan siswa dan memperkuat pemahaman konsep secara visual. Disarankan agar media ini terus dikembangkan dan diimplementasikan secara lebih luas.Downloads
References
Hidayat, R. (2017). Pengaruh Pembelajaran Matematika terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 123-130.
Rahman, A. (2018). Pentingnya Pemahaman Nilai Tempat dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Matematika dan Pendidikan, 12(1), 45-52.
Jamilah, S., & Anwar, R. (2020). Inovasi Pembelajaran Matematika dengan Media Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 10(3), 209-215.
Setiawan, M. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Buku Creator dalam Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(4), 301-308.
Sari, A. (2020). Peran Matematika dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 77-83.
Mulyani, E., & Wijayanti, S. (2019). Peningkatan Pemahaman Nilai Tempat Melalui Pembelajaran Kontekstual pada Siswa SD. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 98-105.
Suhartono, A. (2018). Evaluasi Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar: Studi Kasus pada Materi Nilai Tempat. Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(3), 120-128.
Pratama, R., & Fajri, M. (2021). Strategi Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Differensiasi untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 15(4), 234-242.
Wahyuni, D. (2022). Penerapan Media Buku Digital dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 67-74.
Kemmis, S., & McTaggart, R. (2014). The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. Springer.
Setiawan, M. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Buku Creator dalam Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(4), 301-308.
Jamilah, S., & Anwar, R. (2020). Inovasi Pembelajaran Matematika dengan Media Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 10(3), 209-215.
Wahyuni, D. (2022). Penerapan Media Buku Digital dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 67-74.
Bonwell, C. C., & Eison, J. A. (1991). Active Learning: Creating Excitement in the Classroom. ERIC Clearinghouse.
Rohayani, A. H., Nugroho, Y., & Arifin, R. (2019). Media Pembelajaran Interaktif untuk Pendidikan Dasar. Yogyakarta: Deepublish.
Syabrina, M., & Sulistyowati. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Flash Ibtidaiyah. Tarbiyah Wa Ta’lim : Jurnal Penelitian Pendidikan & Pembelajaran, 7(1), 25–36.
Suttrisno, & Puspitasari, H. (2021). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Membaca dan Menulis Permulaan (MMP) untuk Siswa Kelas Awal. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2), 83–91.
Santyasa, I. W. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT. Jakarta: Rajawali Press.
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Munir. (2017). Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta.
Santoso, I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Digital: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit Eduka
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.