Rencana RENCANA BISNIS ( BUSINESS PLAN ) PELUANG PENGEMBANGAN USAHA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM MELALUI DAY CARE

Authors

  • Nuryanti Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Siti Li’anatuz Zuhro Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Oktav Fauzi Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Hanny Mei Utari Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Ninik Alifah Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Imelda dian rahmawati Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21764

Keywords:

Business Plan, Islamic Educational Institution, Day Care

Abstract

Tulisan ini membahas tentang Rencana bisnis ( business plan ) peluang pengembangan usaha lembaga pendidikan islam melalui day care. Day caremerupakan jasa layanan penitipan dan pendidikan anak usia dini yang dikelola oleh sebuah lembaga secara non- formal, selain menawarkan pengembangan kesejahteraan dan layanan pendidikan, day carejuga menjadi solusi bagi para orang tua yang memiliki banyak aktivitas diluar rumah. Atas dasar deskripsi diatas, penulis melakukan penelitian dengan judul “Rencana bisnis ( business plan ) peluang pengembangan usaha lembaga pendidikan islam melalui day care”. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis secara mendalam tentang peluang pengembangan usaha pendidikan islam melalui day care, mencari faktor- faktor yang menjadi daya Tarik dalam pengembangan bisnis day care. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review. Proses pengumpulan data dilakukan melalui perumusan masalah, mengumpulkan 10 artikel yang sesuai dengan topik yang dikaji, serta melakukan studi komparatif terhadap hasil penelitian, membuat tabel data dan terakhir menyajikan hasil kesimpulan. Dari sini didapat hasil bahwa rencana bisnis day carememiliki peluang besar terhadap pengembangan usaha dilembaga pendidikan islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aries Suprapto, H., & Rusdi, M. (2018). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) IKIP Siliwangi Pelatihan Pembuatan Proposal Rencana Bisnis (Business Plan) Bagi Siswa Madrasah Tsanawiyah Nurul Hikmah Dan SMP AL-Ihsan Guna Meningkatkan Kemampuan Berwirausaha. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas), 01(2), 81–88.

Chairul, A. K., & Rahmi, A. M. (2022). Manajemen Pengasuhan Anak Usia Dini di Taman Penitipan Anak Pembangunan Laboratorium UNP Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16802–16807.

Dwi Putra Buana Sakti, Hermanto, S. N. (2023). pelatihan Penyusunan Business Model Canvas (BMC ) Bagi Pengelola Bumdes Desa Pringgasela Selatan. Jurnal Pepadu, 4(4), 541–546.

Efiawati, E., Fauziyah, D. N., Syafrida, R., & Parapat, A. (2021). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini Di PAUD MPA Daycare. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 172–186. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i2.9676

Gultom, A. W. (2021). Pelatihan Kewirausahaan: Pembuatan Rencana Bisnis Bagi Umkm Di Kabupaten Oku. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3), 598–606. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i3.11581

Hamer, W., Rachman, T. A., Lisdiana, A., Wardani, W., Karsiwan, K., & Purwasih, A. (2020). Potret Full Daycare sebagai Solusi Pengasuhan Anak bagi Orang Tua Perkerja. Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah, 4(1), 75. https://doi.org/10.32332/tapis.v4i1.1955

Hoerniasih, N. (2017). Pengelolaan Program Taman Penitipan Anak Plamboyan 3 di Kabupaten Karawang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(1), 34–42. https://doi.org/10.15294/pls.v1i1.15142

Khomsun, I. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Kewirausahaan untuk Pengembangan Usaha Jasa Penitipan Anak di SMK Negeri 13 Sarolangun. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(2), 317. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v12i2.321

Kusumawati, D. (2017). Manajemen Sarana Prasarana Di Day Care Baby’s Home Salatiga. Scholaria, 7(1), 17–25.

Mahatmi, M. W., Iswanti, S., & Hanafi, N. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Di Twikle Daycare & Courses. 1(2), 57–66.

Mansyuri, A. H., Patrisia, B. A., Karimah, B., Sari, D. V. F., & Huda, W. N. (2023). Optimalisasi Peran Pesantren dalam Lembaga Pendidikan Islam di Era Modern. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 101–112. https://doi.org/10.21154/maalim.v4i1.6376

Monicha, W. M., & Fitri, I. (2022). Penerapan Prinsip Penyelenggaraan TPA. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(1), 51–66. https://doi.org/10.19109/ra.v6i1.13639

Mu’jizatin, N., Jubaedah, Y., & Widiaty, I. (2017). Perancangan Program Day Care Berbasis Experiential Learning di Prodi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 4(02), 102–109. https://doi.org/10.21009/jkkp.042.08

Munawiah, & Jannah, M. (2015). Tumbuh Kembang Anak Di Daycare Uin Ar-Raniry Dan Pengaruh Kurikulum. Gender Equality: Internasional Journal of Child and Gender Studies, 1(1), 69–84. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/equality/article/view/780/610

Nilapsari, R., Purbaningsih, W., Suryani, Y. D., & Triyani, Y. (2024). Pemberdayaan Guru dan Staff Day Care dalam Pencegahan Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan di TPA Shaffana Kecamatan Buah Batu Kota Bandung. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 8(2), 390–399. https://doi.org/10.29407/ja.v8i2.19444

Rizky, M., Fikriyyah, D., Farid, M., Adzani, R., Maharani, F., Eko, A., Efendi, S., & Rahmawati, I. D. (2024). The Concept of Entrepreneurship Model from an Islamic Perspective. Journal of Islamic and Muhammadiyah Studies, 6(2), 1–16. https://doi.org/10.21070/jims.v6i2.1592

Sairah, S., & Chandra, A. (2022). Daycare dan Keterlibatan Ayah pada Pengasuhan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4181–4188. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2498

Setiyani, L. (2022). Peningkatan Skill Enterpreneurship Bagi Mahasiswa STMIK Rosma Karawang Melalui Pelatihan Business Model Canvas. Jurnal Abdimas: Sistem Dan Teknologi Informasi, 1(2), 1–6. https://doi.org/10.35969/abdimas.v1i2.195

Soelaiman, L., & Winata, C. L. (2019). Penyusunan Rencana Bisnis Sebagai Langkah Pengembangan Usaha Coffee Shop. 2017, 45–55.

Sumardianto, E. (2024). Penerapan Formulasi Strategi Daycare Islami: Studi Kasus Daycare “X” Surabaya 2023. Tanzhim: Jurnal Dakwah Terprogram, 2(1), 95–116. https://doi.org/10.55372/tanzhim.v2i1.18

Supsiloani, S. S., Puspitawati, P. P., & Hasanah, N. (2016). Eksistensi Taman Penitipan Anak dan Manfaatnya bagi Ibu Rumah Tangga yang Bekerja (Studi Kasus di TPA Dharma Asih Kota Medan). Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 7(2), 119. https://doi.org/10.24114/jupiis.v7i2.3117

Taswiyah1, A. I. (2023). Optimalisasi Perkembangan Anak Masa Golden Age Melalui Day Care. AMAL INSANI (Indonesian Multidiscipline of Social Journal), 4(1), 1–14.

Usman, A. (2021). Review terhadap lima literatur rencana bisnis. Journal of Business Administration (JBA), Vol. 1, No.1, Jun, 1(1), 1–4.

Wahyudin, Y., & Rahayu, D. N. (2020). Analisis Metode Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Website: A Literatur Review. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi

Downloads

Published

2024-12-31