EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEBADA BERBASIS GEOGEBRA TEHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS V SEKOLA DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21737Keywords:
Discovery Learning, Geogebra, Pemahaman Konsep MatematisAbstract
Dalam pembelajaran matematika salah satu kemampuan matematis yang harus siswa kuasai adalah pemahaman konsep matematis. Standar kemampuan ini hasrus dimiliki oleh siswa dalam mengikuti pembelajaran hal ini memiliki keterakitan dengan model pembelajaran yang akan digunakan oleh pendidik dalam mengajar Pelajaran matematika. Salah satu masalah yang dihadapi dalam dunia Pendidikan salahsatunya adalah kurangnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif model pembealajaran Discovery Learning berbantuan Media Bangun Datar berbasis Geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas v sekolah dasar, penelitian ini menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain non equivalent control group design. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil Kesimpulan yaitu peningkatan pemahaman konsep matematis siswa pada kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol dimana kelas eksperimen dengan perolehan nilai rata-rata 84 dan pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata 77, selain itu N -Gain dari kelas eksperimen sebesar 0,52 dan N-Gain pada kelas kontrol sebesar 0,31 dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media bangun datar berbasis Geogebra lebih efektif dibanding pembelajaran model discovery learning berbantuan media powerpoint.Downloads
References
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Siregar, Nara. 2010. Teori Belajar Pembelajaran,.Jakarta : Ghalia Indonesia.
Jalinus, N., & Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Belajar. Jakarta : Kencana, 12– 14
Slameto,2015. Belajar dan Faktor-Faktor Yg Mempengaruhinya. Jakaerta: PT, Rineka Cipta
Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan, Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Nilamsari, Natali. 2014. Memahami Studi Dokumen dalam Penelitian Kualitatif. Wacana Vol XII No. 2, Juni 2014. Fakultas Ilmu Komunikasi, Univ. Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Daryanto dan Rahardjo, M. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.
Priyambodo Sudi. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dengan Metode Pembelajaran Persnalised System of Instruction. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut.5(1). 10-17.
Vivi Utari, Ahmad Fauzan, & Media Rosha. (2012). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Melalui Pendekatan PMR dalam Pokok Bahasan Prisma dan Limas. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 1 Nomor 1, 2012, hal: 33-38.
Pitaloka, Y .D. 2013. Keefektifan Model Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(2):1-8
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.