PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK, KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN BUDAYA SEKOLAH RAMAH ANAK TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN

Authors

  • Yeni Suryani Managemen Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Yovitha Yuliejantiningsih Managemen Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Muhammad prayito Managemen Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.21734

Keywords:

Kualitas Pembelajaran, Supervisi Akademik, Kompetensi Pedagogik Guru, Budaya Sekolah Ramah Anak

Abstract

Suryani, Yeni, 2024.” Pengaruh Supervisi Akademik, Kompetensi Pedagogik Guru dan Budaya Sekolah Ramah Anak Terhadap Kualitas Pembelajaran di Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara”. Tesis. Pembimbing I Dr. Yovitha Yuliejantiningsih, M.Pd dan Pembimbing II  Dr. Muhammad Prayito, M.Pd. Kualitas pembelajaran merupakan mutu dari proses dan hasil pembelajaran. Penelitian ini mengungkap sejauh mana supervisi akademik, kompetensi pedagogik guru, dan budaya sekolah ramah anak berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) pengaruh supervisi akademik terhadap kualitas pembelajaran 2) pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap kualitas pembelajaran 3) pengaruh budaya sekolah ramah anak terhadap kualitas pembelajaran 4) pengaruh Supervisi akademik, kompetensi pedagogik guru, dan budaya sekolah ramah anak terhadap kualitas pembelajaran. Pendekatan penelitian yang digunakan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan ex post facto (noneksperimen). Populasi penelitian adalah 300 guru dari 40 SD Se-Kecamatan Kembang. Sampelnya 172 guru. Data dikumpulkan menggunakan angket. Analisis data penelitian meliputi analisis uji validitas, reliabilitas, dan analisis deskriptif, uji regresi tunggal dan berganda menggunakan SPSS 25 serta uji struktural menggunakan SmartPLS versi 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengaruh supervisi akademik terhadap kualitas pembelajaran sebesar 27,2% dengan persamaan regresi Ŷ = 188.532 + 0,328X1, (2) pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap kualitas pembelajaran sebesar 18,9% dengan persamaan regreai Ŷ = 198.769 + 0,260X2. (3) pengaruh budaya sekolah ramah anak terhadap kualitas pembelajaran sebesar 15,2% dengan persamaan regreai Ŷ = 210.543+ 0,507X3. (4) pengaruh supervisi akademik, kompetensi pedagogik guru dan budaya sekolah ramah anak terhadap kualitas pembelajaran sebesar 39,8% dengan persamaan regresi Ŷ = 254,655 + 0,258X1 + 0,163X2+0,289X3. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa supervisi akademik, Kompetensi pedagogik guru dan budaya sekolah ramah anak memiliki pengaruh terhadap kualitas pembelajaran secara keseluruhan terbukti secara signifikan dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hakim, A. 2015. Contribution of competence teacher (pedagogical, personality, professional competence and social) on the performance of learning. The International Journal of Engineering and Science, 4(2), 1-12.

Indriani, F. 2015. Kompetensi Pedagogik Guru dalam Mengelola Pembelajaran IPA di SD dan MI. Fenomena, 7(1), 17-28.

Purwanto, Ngalim. 2014. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rasu, Y., Rawis, J., Wullur, M., & Rotty, V. 2021. Supervisi akademik untuk peningkatan kompetensi pedagogik guru. Leaderia Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 55-61. https://doi.org/10.35719/leaderia.v2i2.67

Rasyid. 2016. Pengaruh Kinerja Pengawas Di Bidang Akademik Dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kualitas Pembelajaran Di SMA Negeri Kota Baubau. Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar, 11.

Rusilowati, A., & Isdaryanti, B. (2024). Pendidikan Ramah Anak sebagai Sarana Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(4 Nopember), 5359-5372.

Saputra, D., Basuki, I., & Setyowati, S. 2021. Pengaruh budaya sekolah terhadap kualitas proses pembelajaran. Pionir: Jurnal Pendidikan, 10(2).

Saputra, M. A. 2022. Kinerja Guru dalam Pembelajaran Pada Masa Normal Baru Pandemi Covid-19 di SDN 168 Suppa.

Zarlis, D. R., & Elfitra, S. (2024). Supervisi Klinis Dalam Menghadapi Dinamika Pendidikan. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 2(2), 17-28.

Downloads

Published

2025-03-27

Most read articles by the same author(s)