PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS IA SD NEGERI 24 BANDA ACEH
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21721Keywords:
: keterampilan menulis, karangan deskripsi, kesulitan belajar, pendidikan dasar kelas IVAbstract
Pembelajaran Berdiferensiasi adalah pembelajaran yang mengakomodasi, melayani, dan mengakui keragaman peserta didik dalam proses pembelajaran sesuai dengan kesiapannya untuk belajar, minat, dan kesukaannya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dampak penerapan pembelajaran berdiferensiasi dikelas I SD Negeri 24 Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Menggunakan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman (1992) yang terdiri dari tiga jenis kegiatan analisis data yaitu, Data reduction (reduksi data), Data Display (Penyajian data), dan conclusion drawing/ Verification (Verifikasi) Hasil penelitian yang diperoleh yaitu pembelajaran yang dilakukan telah memperlihatkan keaktifan siswa selama pembelajaran dan pembelajaran berjalan dengan tersetruktur. Pemahaman penuh terhadap ide dan praktik pembelajaran yang terdiversifikasi dapat mengubah perspektif pendidik terhadap praktik pembelajaran yang terdiferensiasi. peneliti menyatakan bahwa seorang guru yang menerapkan berbagai konsep dan taktik untuk pembelajaran yang beragam perlu memiliki sikap kreatif, percaya diri, dan berani mengambil risiko. Oleh karena itu, sangat penting bagi para pendidik untuk mengadopsi perspektif baru, terutama dalam hal mengevaluasi dan menghargai keberagaman siswa, mampu menyelidiki berbagai minat siswa, dan berupaya memberi siswa akses ke berbagai sumber belajar.Downloads
References
Aprima, D. dan S. S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13 (1) (20(Pembelajaran diferensiasi), 95–101. https://www.iocscience.org/ejournal/index.php/Cendikia/article/view/2960%0Ahttps://www.iocscience.org/ejournal/index.php/Cendikia/article/download/2960/2305
Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13 (1)(1), 95–101.
Elviya, D. D., & Sukartiningsih, W. (2023). Penerapan Pembelajaran Beferensiasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Sekolah Dasar di SDN Lakarsantri I / 472 Surabaya. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(08), 1780–1793.
Nafisa, M. D., & Fitri, R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi di Lembaga PAUD. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 6(2), 179–188. https://doi.org/10.30605/jsgp.6.2.2023.2840
Purnamasari, V., Pendidikan, F. I., Article, H., Kesulitan, A., & Karangan, M. (2024). MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VA SD NEGERI JRAGUNG 1 KABUPATEN DEMAK. 4(24), 132–140. https://doi.org/10.26877/ijes.v4i1.18295
Safarati, N., & Zuhra, F. (2023). Literature Review: Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Menengah. GENTA MULIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(November), 33–37.
Sulistyosari, Y., Karwur, H. M., & Sultan, H. (2022). Penerapan Pembelajaran Ips Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 7(2), 66–75. https://doi.org/10.15294/harmony.v7i2.62114
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.