MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA PERMAIANAN PASIR

Authors

  • Annisa Raudhatul Jannah Universitas Jambi
  • Devina Ayu Rahmawati Universitas Jambi
  • Indah Retno Wulansari Universitas Jambi
  • Aura Diah Pasa Universitas Jambi
  • Sri Indriani Harianja Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21698

Keywords:

Pendidikan anak usia dini, Kecerdasan Naturalis, Media bermain pasir

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kecerdasan naturalis pada anak usia dini, dengan melakukan kegiatan Bermain Pasir. Metode yang digunakan adalah kajian literatur, dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber, termasuk buku, jurnal, dan dokumen terkait. Studi literatur digunakan untuk menghimpun data dan informasi yang relevan, dan analisis dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif untuk mendeskripsikan fakta serta memberikan pemahaman yang lebih dalam mengenai kecerdasan naturalis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan kecerdasan naturalis dalam melakukan kegiatan Bermain Pasir anak mampu mengenali dan mengklasifikasikan spesies flora dan fauna di lingkungan sekitar, serta kepekaan terhadap fenomena alam lainnya.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, D. (2020). Hubungan Antara Minat Anak Mengikuti Pembelajaran Berbasis Lingkungan Alam dengan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini. JAPRA). Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA),v, 3(2), 13-22.

Astuti, H. P. (2022). Perbedaan tingkat kecerdasan naturalis anak usia dini ditinjau dari tingkatan kelas dan jenis kelamin. . Jurnal Ecopsy,, 9(1), 41.

Fadlillah, M. (2016, May). Penanaman nilai-nilai karakter pada anak usia dini melalui permainan-permainan edukatif. . In Prosiding Seminar Nasional dan Call for Paper ke-2 “Pengintegrasian Nilai Karakter dalam Pembelajaran Kreatif di Era Masyarakat Ekonomi .

Habsy, B. A. (2017). Seni memehami penelitian kuliatatif dalam bimbingan dan konseling: studi literatur. . Jurnal Konseling Andi Matappa,, 1(2), 90-100.

Kia Monika, Y. M. (2022). Mengembangkan Kecerdasan Natural Anak Usia Dini Melalui Jurnal Alamku. Jurnal Amal Pendidikan, 128.

Putri, K. A. (2023). Penerapan Pendekatan Lingkungan dalam Mengembangkan Kecerdasan Naturalis Anak (Studi Kualitatif Pada Anak Usia 5-6 Tahun). Jurnal Smart Paud, 6(2), 101-112.

Radhiah, I. (2022). Model Pengembangan Bermain Pasir Untuk Meningkatkan Motorik Halus dan Kreativitas Anak Usia 5–6 Tahun Di TK Negeri Grong-Grong Kabupaten Pidie Provinsi Aceh (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area)., 7.

Rahmatunnisa, S. &. (2018). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia 4–5 Tahun Melalui Bermain Pasir. . Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, , 2(1), 67-82.

Rizkia, N. H. (2020). Analisis Penggunaan Media Pasir Kinetik Dalam Menstimulasi Kecerdasan Naturalis Pada Anak Kelompok B1 Tk Pertiwi Lhoknga. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, , 1(1).

Saripudin, A. (2017). Strategi pengembangan kecerdasan naturalis pada anak usia dini. AWLADY:. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, , 3(1).

Sofia, A. C. (2022). Pengaruh Kegiatan Bercocok Tanam Terhadap Kecerdasan Naturalis pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Baserah. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), , 4(3), 1425-1436.

Sumitra, A. &. (2019). Meningkatkan kecerdasan naturalis anak usia dini melalui metode karyawisata. PAUD Lectura: . Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, , 3(01), 35-42.

Downloads

Published

2024-12-31