PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP HASIL KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS FASE C KELAS DI SEKOLAH PENGGERAK KOTA SALATIGA

Authors

  • Umi Handriyani Pasaribu Universitas Pasundan
  • Krisma Widi Wardani Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21688

Keywords:

Keywords: Experimental Method, Children Learning in Science (CLIS), Student Creativity

Abstract

Metode Children Learning in Science (CLIS) yang menerapkan kerangka berpikir kepada siswa untuk melibatkan mereka dalam kegiatan observasi dan eksperimen dapat diterapkan pada semua jenjang pendidikan. Model Children Learning in Science (CLIS) diawali dengan tahapan orientasi, penggalian ide, restrukturisasi ide, penerapan ide, dan pemantapan ide. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dan pengaruh model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) terhadap kreativitas siswa kelas V pada program Sekolah Penggerak di Salatiga. Sekolah transformatif di Salatiga meliputi SD Gendongan 01, SDN Dukuh 01, SD Eben Hezeer, dan SDN Ledok 01. SDN Ledok 01 dipilih sebagai lokasi penelitian karena peneliti sudah mengetahui karakteristik siswa dan guru di sekolah tersebut, karena merupakan lokasi tempat peneliti magang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuantitatif (one-group pretest-posttest design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Ledok 01 Salatiga, sedangkan sampel yang digunakan adalah 22 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pengolahan data statistik yaitu IBM SPSS 25, uji normalitas, uji t, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran IPAAS (Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu) siswa kelas V SDN Ledok 01 Salatiga. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan taraf signifikansi sebesar 0,000 ≤ 0,05, dengan nilai t hitung sebesar 8,309 dan nilai t tabel sebesar 1,720 (nilai t ≥ t tabel), serta taraf signifikansi sebesar 0,000. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis, jika sig ≤ 0,05 atau 0,000 ≤ 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Dengan demikian, terbukti bahwa model CLIS dapat meningkatkan kreativitas siswa di SDN Ledok 01 Salatiga.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anis, N. P. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science (Clis) Terhadap Hasil Belajar Tematik Kelas Iv Min 6 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Arisantiani, N. K., Putra, M., & Ganing, N. N. (2017). Pengaruh model pembelajaran childrens learning in science (CLIS) berbantuan media lingkungan terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 1(2), 124-132.

Dewi, P. Y. A., Kusumawati, N., Pratiwi, E. N., Sukiastini, I. G. A. N. K., Arifin, M. M., Nisa, R., ... & Kusumawati, P. R. D. (2021). Teori Dan Aplikasi Pembelajaran IPA SD/MI. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Fajri, C., Amelya, A., & Suworo, S. (2022). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Indonesia Applicad. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 369-373.

Hamidah Suryani, H., Ratnawati T, RT, Syamsidah, S., & Anas Arfandi, AA (2017). Efektivitas Pembelajaran Mata Kuliah Desain Busana dengan Menggunakan Discovery Learning. Efektivitas Pembelajaran Mata Kuliah Desain Busana dengan Menggunakan Discovery Learning , 2 (9), 265-269.

Ikbal, M. S. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Children Learning in Science (CLIS) Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Karst: Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, 4(2), 50-61.

Iriani, T., & Ramadhan, M. A. (2019). Perencanaan pembelajaran untuk kejuruan. Prenada Media.

Krismayoni, P. A. W., & Suarni, N. K. (2020). Pembelajaran IPA dengan model pembelajaran children learning in science meningkatkan hasil belajar ditinjau dari minat belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 138-151.

Lestari, S. W. (2017). Upaya Meningkatkan Prestasi Dan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Pembelajaran “CLIS” Muatan IPA. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 2(1), 43-53.

Nabila, L. N., Utama, F. P., Habibi, A. A., & Hidayah, I. (2023). Aksentuasi literasi pada gen-z untuk menyiapkan generasi progresif era revolusi industri 4.0. Journal of Education Research, 4(1), 28-36.

Octavia, S. A. (2020). Model-model pembelajaran. Deepublish.

OKTAVIANI, L. (2021). PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS X IPA YP UNILA BANDAR LAMP UNG (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG)

PENELITI, K., AGUSTA, A. R., & PRATIWI, D. A. Pengembangan Bahan Ajar Bermuatan Keterampilan Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif dan Berpikir Logis Berbasis Kearifan Lokal.

Purba, Y. O., Fadhilaturrahmi, F., Purba, J. T., & Siahaan, K. W. A. (2021). Teknik Uji Instrumen Penelitian Pendidikan.

Purwanza, S. W. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif dan kombinasi. CV. Media Sains Indonesia.

Rozi, F., Prawijaya, S., & Ratno, S. (2022). Modul Pembelajaran IPA SD. Bina Guna Press, 1-77.

Salim, A., Sahjat, S., Samula, S. R., & Balulu, N. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH KONGNITIF SISWA PADA KONSEP FLUIDA STATIS. SAINTIFIK@, 7(1), 18-21.

Sari, M. D. L., Suniasih, N. W., & Suadnyana, I. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi Menggunakan Media Booklet terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(3), 154-161

Sitepu, A. S. M. B. (2019). Pengembangan kreativitas siswa. Guepedia.

Wahyuni, S. (2020). Penerapan media CLIS (children learning in science) untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang. Journal of Education Action Research, 4(1), 71-81.

Yustina, M. S., & Mahadi, I. (2021). Problem Based Learning (PBL) Berbasis Higher Order Thinking (HOTS) Melalui E-Learning. Penerbit Lakeisha.

Downloads

Published

2024-12-30