PENGARUH TEKNIK “STOP” TERHADAP PENINGKATAN FOKUS BELAJAR SISWA DI KELAS X-MIPA 3 SMAN 1 REJOSO

Authors

  • Teguh Minarto Universitas PGRI Madiun
  • Ivayuni Listiyani Universitas PGRI Madiun
  • Sunarto SD Negeri Sukorejo 01

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21656

Keywords:

Teknik STOP, Kompetensi Sosial Emosional, Fokus Siswa

Abstract

ABSTRACT This observation aims to improve students' learning focus by applying Social Emotional skills, especially in Self-Awareness skills with the STOP breathing technique (Stop, Take a breath, Observe, and Processed). The observation was carried out using a qualitative descriptive method at SMAN 1 Rejoso, Nganjuk. Data collection was carried out through observation and interviews in class X-MIPA 3. The results of the analysis showed that 70% of students felt the impact of the STOP technique could improve students' focus and concentration during learning. This conclusion is based on the data collected and interviews with teachers and students of class X-MIPA 3 Keywords: STOP Technique, Social Emotional Competence, Student Focus   ABSTRAK Pengamatan ini bertujuan untuk meningkatkan fokus belajar siswa dengan menerapkan keterampilan Sosial Emosional, terutama dalam keterampilan Kesadaran Diri dengan teknik mengatur pernafasan STOP (Stop, Take a breath, Observe, dan Processed). Pengamatan dilakukan dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif di SMAN 1 Rejoso, Nganjuk. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara di kelas X-MIPA 3. Hasil analisis menunjukkan bahwa 70% siswa merasakan dampak dari teknik STOP tersebut dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi siswa selama pembelajaran. Kesimpulan ini didasarkan pada data yang dikumpulkan dan wawancara dengan guru dan siswa kelas X-MIPA 3 Kata Kunci: Teknik STOP, Kompetensi Sosial Emosional, Fokus Siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

M Husnaini, Sarmiati, E., & Harimurti, S. M. (2024). Pembelajaran Sosial Emosional: Tinjauan Filsafat Humanisme terhadap Kebahagiaan dalam Pembelajaran. In Journal of Education Research (Vol. 5, Issue 2).

Elok Endang Rasmani, U., Wahyuningsih, S., Winarji, B., Jumiatmoko, J., Eka Nurjanah, N., Shofiatin Zuhro, N., Fitrianingtyas, A., Agustina, P., Kristiani Wahyu Widiastuti, Y., Diah Putri Nazidah, M., & Ayu Sekar Prashanti, N. (2023). Implementasi Manajemen Pembelajaran Proyek Berbasis Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.265

Emiliana, E., Nugraha, A. E., & Susilawati, I. (2022). KECERDASAN EMOSIONAL MENURUT GOLEMAN DALAM PERSPEKTIF KURIKULUM 2013 PAUD. Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2). https://doi.org/10.46368/.v1i2.800

ERFAYLIANA, Y. (2017). PENDIDIKAN JASMANI DALAM MEMBENTUK ETIKA, MORAL, DAN KARAKTER. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2).

Fiangga, S., Prihartiwi, N. R., Kohar, A. W., Palupi, E. L. W., & Susanah, S. (2023). Pendampingan Pengembangan Realistic Mathematics-Project Based Learning untuk Menyongsong Kurikulum Merdeka bagi Guru SMP Trenggalek. Jurnal Anugerah, 4(2). https://doi.org/10.31629/anugerah.v4i2.4967

Marudut, M. R. H., Bachtiar, I. G., Kadir, K., & Iasha, V. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Basicedu, 4(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.401

Maxmanroe. (2020). Pengertian Wawancara Adalah, Tujuan, Jenis, Ciri-Ciri, Fungsi Wawancara. Maxmanroe.Com.

Sugiyono, & Lestari, P. (2021). metode penelitian (kuantitatif, kualitatif, dan cara mudah menulis artikel jurnal internasional). In Alfabeta (Vol. 1, Issue 3).

Wahidmurni. (2017). Pemaparan metode penelitian kualitatif. Disampaikan pada mata kuliah Metodologi Penelitian. Repository Uin-Malang (Unpublished).

Wijoyo, H. (2022). Analisis teknik wawancara ( pengertian wawancara, bentuk- bentuk pertanyaan wawancara ) dalam penelitian kualitatif bagi mahasiswa teologi dengan tema pekabaran injil melalui penerjemahan alkitab. Academia.Edu.

Downloads

Published

2024-12-30