KAJIAN ANTROPOLOGI SASTRA PADA WUJUD KEBUDAYAAN NOVEL RANA RENJANA KARYA PIKO SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA

Authors

  • Pitri Budiarti Universitas Al Washliyah Medan
  • Siti Fatimah Zahara Universitas Al Washliyah Medan
  • Sukma Adelina Ray Universitas Al Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21532

Keywords:

Antropologi Sastra, Kebudayaan, Novel, Bahan Ajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya masalah budaya yang mulai memudar dan mulai ditinggalkan akibat perkembangan zaman. Novel Rana Renjana menjadi objek penelitian karena novel ini mengusung tema cerita yang bertema budaya nusantara. Oleh karena itu, penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan unsur antropologi sastra pada novel rana renjana, dan mendeskripsikan wujud kebudayaan pada novel serta relevansinya sebagai bahan ajar di SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan teknik baca dan catat. Berdasarkan hasil analisis dari novel ditemukan data mengenai antropologi sastra yaitu peralatan kehidupan manusia (baju dan makanan) berjumlah 4 data, sistem bahasa berjumlah 4 data, kesenian berjumlah 1 data, dan sistem religi berjumlah 2 data. Selanjutnya hasil data yang ditemukan mengenai wujud kebudayaan dalam novel yaitu wujud kebudayaan sebagai ide seperti mengelar sebuah tarian yang di tarikan oleh keturunan pak Sutomo. Selanjutmya wujud kebudayaan sebagai aktivitas seperti merti desa dan meruwat desa, setiap malam selasa dan jumat kliwon menaruh sesaji. Dan wujud kebudayaan sebagai hasil seperti tarian lengger slingo. Novel ini relevan jika digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia di tinggkat SMA karena sesuai dengan pembelajaran bahasa Indonesia yaitu menganalisis nilai-nilai (budaya, sosial, moral, agama, dan pendidikan) secara lisan maupun tulisan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Koentjaraningrat.(2015). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Layali, A., Darmuki, A., & Setiyono, J. (2021). Analisis Nilai Moral dalam Novel Ibu, Sedang Apa? Karya Edi AH Iyubenu dan Hubungannya dengan Pembelajaran di SMA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 705-712.

Lubis, FW (2020). Analisis Androgini Pada Novel “Amelia” Karya TereLiye. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 17(1), 1-6.

Nahak, H. M. (2019). Upaya melestarikan budaya indonesia di era globalisasi. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(1), 65-76.

Ntelu, N., & Bagtayan, Z. A. (2024). Analisis Antropologi Sastra dalam Novel 5 Menara Karya Ahmad Faudi. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 14(1), 86-96.

Piko, 2022. Rana Renjana. Jakarta:PT kompas Media Nusantara.

Ratna, Nyoman Kutha.(2011). Antropologi Sastra: Peranan Unsur-Unsur Kebudayaan dalam Proses Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Santiani, S., Poerwadi, P., Misnawati, M., Supriyati, S., & Maya, S. (2022, May). Unsur Mistis Dalam Novel-Novel Karya Neno Cristiandi Nelis dan Implikasinya pada Pembelajaran di SMA (Tinjauan Antropologi Sastra). In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya (Vol. 1, No. 1, pp. 137-154).

Sauri, S. S. (2019). Nilai-Nilai Sosial Dalam Novel Hujan Karya Tere Liye Sebagai Bahan Pembelajaran Kajian Prosa Pada Mahasiswa Program Studi Diksatrasiada Universitas Mathla’ul Anwar Banten. Jurnal Konfiks, 6(2), 1-8.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung : Alfabeta Cv.

Zahra, F. A., & Andriyanto, O. D. (2023). Srimpi Pamor: Wujud Kebudayaan Jawa Dalam Novel Srimpi Pamor Karya Purwadmadi (Kajian Antropologi Sastra). JOB (Jurnal Online Baradha), 19(2), 56-75.

Downloads

Published

2024-12-30