ANALISIS BUTIR SOAL BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MA ISLAMIYAH SIDOARJO BERBASIS SOFTWARE ANATES VERSI 4.0.9

Authors

  • Yumna Hanifa Abdillah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Khizanatul Hikmah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21488

Keywords:

Analisis Butir Soal, Bahasa arab, Software Anates

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal bahasa Arab siswa kelas XI MA Islamiyah Sidoarjo dengan menggunakan software Anates versi 4.0.9. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian sebanyak 33 siswa kelas XI IPA. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dokumentasi. Data berupa 10 butir soal pilihan ganda Sumatif Tengah Semester ganjil yang dianalisis berdasarkan lima kriteria yaitu validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan kualitas pengecoh (distractor). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 60% soal tergolong valid dan 40% soal tidak valid. Nilai reliabilitas mencapai 0,90 yang menunjukkan konsistensi yang tinggi. Dari segi tingkat kesukaran, 50% soal termasuk dalam kategori mudah, 30% sangat mudah, dan 20% soal sedang, tanpa adanya soal yang berkategori sukar. Untuk daya pembeda, 40% soal memiliki daya pembeda yang sangat baik, 20% baik, 30% cukup, dan 10% tidak baik. Sementara itu, terdapat 70% distraktor dianggap berfungsi dengan baik, sedangkan 30% perlu diperbaiki. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada guru untuk meningkatkan kualitas soal dengan memperbaiki butir soal yang tidak memenuhi kriteria, sehingga evaluasi pembelajaran dapat lebih efektif dalam mengukur kompetensi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustianti, R., Pandriadi, Nussifera, L., Wahyudi, Angelianawati, L., Meliana, I., Sidik, E. A., Nurlaila, Q., Simarmata, N., Sophan Himawan, I., Pawan, E., Ikhram, F., Dwi Andriani, A., Ratnadewi, & Rai Hardika, I. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Tohar Media.

Ali al-Kharushi, H. (2021). Ma’ayir Jaudah al-Taqwin al-Tarbawi, (al-Majalah al-Arabiyah Lil-ulum al-Tarbiyah wa al-Nafsiyah). Saudi Arabia.

Arfah, M. (2021). EVALUASI HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI). Jurnal Literasiologi, 7(2), juli-desember.

Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (3rd ed). Jakarta: Bumi Aksara.

Buska, W., & Widayanti, R. (2020). Taqniyyah Al Ikhtibārah Fī Al-Ta’Līmi Al-Lughah Al-‘Arabiyyah Biljāmi’Ah Al Islāmiyyah. Nazharat: Jurnal Kebudayaan, 26(02), 457–480. https://doi.org/10.30631/nazharat.v26i02.38

Fahmi, B., Rizqi, S., & Harmeilinda, N. E. (2022). Analisis Butir Soal Bahasa Arab MAS Pondok Pesantren Assalam Kampar Riau. Ta’lim Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 6(1), 95–105. https://doi.org/10.15575/jpba.v6i1.16193

Haq, A. I., & Anwar, N. (2024). Analisis Butir Soal Bahasa Arab kelas X SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo Berbasis Aplikasi Anates. 12(2), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.21070/ijis.v12i2.1713

Husna, R. (2022). Tahliilu Bunuudi As’ilah Al-lughoh Al-arabiyah fii Madrasah Aliyah bi Ma’had Jeumala Amal Pidi Jaya. UIN Ar-Raniry.

Kafi, F. A., & Ilma, Z. (2022). Analisis Soal Tematik Bahasa Arab berbasis HOTS pada Kelas XII MAN 3 Jember. Al-Fusha : Arabic Language Education Journal, 4(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/alfusha.v4i1.729

Lalllouche, S. (2022). Mad’hal tarikhi liharakati al-Bahs fi Majal al-Taqwim al-Tarbawi (Hawaliyat Jamiah Guelma Lil-ulum al-Ijtimaiyyah wa al-Insaniyah). Aljazair.

Ma’arif, A. S. (2018). Sighah Ikhtibarat al-’Arabiyyah fi Dui al-Ikhtibar al-Mutqn (TOAFL). Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 9(2), 160–173.

Magdalena, I., Fauziah, S. N., Faziah, S. N., & Nupus, F. S. (2021). Analisis Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan Dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Tema 7 Kelas III SDN Karet 1 Sepatan. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(2), 198–214.

Magdalena, I., Ramadhan, G., Wahyuni, H. D., & Safitri, N. D. (2023). Pentingnya Proses Evaluasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(3), 167–176. https://doi.org/10.59059/tarim.v4i3.220

Monica, S., dan Sudarman, Y. (2019). ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER GANJIL SENI BUDAYA KELAS VII DI SMPN 29 SIJUNJUNG. Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99, 8(3), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jsu.v7i3.103276

Mulyadi. (2014). Evaluasi Pendidikan Pengembangan Model Evaluasi Pendidikan Agama Di Sekolah. Malang: UIN-Maliki Press.

Munip, A. (2019). Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab. In Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (Issue May). Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FITK) UIN Sunan Kalijaga.

Nawanti, R. D., Purnomo, S., Santoso, W. T., Muhibbin, A., & Sumardi, S. (2024). Peran Guru dalam Evaluasi Pembelajaran di Kelas. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(5), 4759–4765. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4288

Putri Andini, D., & Mukhlis, M. (2023). Analisis Butir Soal pada Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca di SMP IT Insan Utama Pekanbaru. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(2), 401–412. https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i2.658

Rahmi, I., Syihabudin, & Sopian, A. (2020). ANALISIS KUALITAS TES BAHASA ARAB BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS). LISANUNA: Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya, 10(1), 45. https://doi.org/10.22373/ls.v10i1.7805

Ridho, U. (2018). Evaluasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. An Nabighoh Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab, 20(01), 19. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1124

Ronaldy Aji Saputra, M., Idham Chalid, F., & Budianto, H. (2023). Metode Ilmiah dan Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Kepustakaan (Bahan Ajar Madrasah Riset). Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Taib, E. N. (2014). Analisis Kualitas Aspek Materi Butir Soal Buatan Dosen. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 2(2), 77–137. https://doi.org/10.22373/biotik.v2i2.245

Tho’imah, R. A., Royyan, M. H., & Ghani, A. A. A. (1989). Ta’lim al Arabiyyah lighairi al Naathiqiina Biha; Manahijuhu wa Asalibuhu. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wahndianti, S., & Sumarsih. (2018). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Hitung Dagang. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 11(4), 1–14. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/kpai/article/viewFile/13953/13477

Warju, W., Ariyanto, S. R., Soeryanto, S., & Trisna, R. A. (2020). Analisis Kualitas Butir Soal Tipe Hots Pada Kompetensi Sistem Rem Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1), 95. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i1.22914

Wiguna, S. (2021). Aplikasi Anates Dalam Evaluasi Pembelajaran. Banyumas: CV. Pena Persada.

Downloads

Published

2024-12-31