EFEKTIVITAS MEDIA BUKU HALUS KASAR DAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Vivi Khoerunnissa Universitas Pelita Bangsa
  • Muhamad Sudharsono Universitas Pelita Bangsa
  • Alda Wiharja Universitas Pelita Bangsa
  • Dea Sopotunida Universitas Pelita Bangsa
  • Jingga Agustin Eka Darmawan Universitas Pelita Bangsa
  • Tiara Rosalia Mahulae Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Media Pembelajaran, Keterampilan Menulis, Efektivitas Media Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini membahas efektivitas penggunaan media buku halus kasar dan media visual dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa sekolah dasar. Keterampilan menulis, sebagai salah satu aspek penting dalam pendidikan dasar, sering kali kurang diperhatikan. Dengan media pembelajaran yang inovatif seperti buku halus kasar dan media visual, kemampuan menulis siswa dapat ditingkatkan melalui stimulasi indera peraba dan visualisasi yang menarik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengevaluasi sejauh mana kedua media ini berkontribusi dalam meningkatkan kreativitas, pemahaman kosakata, dan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik media buku halus kasar maupun media visual memiliki keunggulan masing-masing, yang perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran.

Hariaty, Y. D., Nisa, S., & Suriani, A. (2024). Systematic Literature Review: Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(1), 220-226.

Ibda, F. (2015). Perkembangan kognitif: teori jean piaget. Intelektualita, 3(1).

Kustandi, C., Farhan, M., Zianadezdha, A., & Fitri, A. K. (2021). Pemanfaatan Media Visual dalam tercapainya tujuan pembelajaran. Akademika, 10(02), 291-299.

Mayasari, A., Pujasari, W., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173-179.

Muhalimah, A. P., Sulhaliza, A. P., Putri, S. M., Kartika, A. S., Ismail, B. N., & Widiyani, E. (2023). Analisis keterampilan menulis terhadap siswa kelas II SD 01 Burikan Kudus. Jurnal Ilmiah Profesi Guru (JIPG), 4(2), 127-136.

Rahmi, A., & Damri, D. (2021). Meningkatkan Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana melalui Media Buku Halus Kasar Bagi Anak Disgrafia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5305-5312.

Rinawati, A. (2020). Analisis hubungan keterampilan membaca dengan keterampilan menulis siswa sekolah dasar (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surabaya).

Sholeh, A., Veryliana, V., & Darsimah, D. (2021). Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi dengan Model Picture and Picture di SDN 3 Bangkleyan Kabupaten Blora. Jurnal Paedagogy, 8(3), 454-459

Downloads

Published

2024-12-30