UPAYA PENIGKATAN LITERASI PADA SISWA SD NEGERI 222 JAMBI DI KELAS RENDAH DALAM KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Faiza Nadhifa Universitas Jambi
  • Wilda Afriani Univesitas Jambi
  • Nabila Nurul Aida Univesitas Jambi

Keywords:

Literasi, Kurikulum Merdeka, Pojok Baca, Poster Literasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas rendah di SD Negeri 222 Jambi melalui implementasi program literasi inovatif yang selaras dengan prinsip Kurikulum Merdeka. Literasi, yang mencakup membaca, menulis, menyimak, dan pemahaman sederhana, merupakan pilar mendasar dalam pendidikan. Namun, banyak siswa masih menghadapi tantangan dalam menguasai literasi dasar. Dengan menggunakan desain kuasi-eksperimen berupa pendekatan pre-test dan post-test satu kelompok, penelitian ini melibatkan 15 siswa yang dipilih secara purposive. Intervensi meliputi pembuatan poster bertema "Gemar Literasi" yang dipajang di mading sekolah dan pembuatan pojok baca yang dilengkapi dengan buku cerita bergambar serta bahan bacaan sederhana. Instrumen penelitian terdiri atas tes literasi, lembar observasi, dan dokumentasi aktivitas di pojok baca. Data dianalisis secara deskriptif dengan menghitung rata-rata dan standar deviasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kemampuan literasi siswa, dengan rata-rata skor pre-test sebesar 53,7 meningkat menjadi 79,7 pada post-test, dengan selisih rata-rata sebesar 26 poin. Observasi juga menunjukkan peningkatan motivasi siswa yang terlihat dari keterlibatan aktif mereka dalam membaca, berdiskusi, dan mengenali kosakata baru. Komponen visual dan interaktif dari program, ditambah dengan akses mudah ke bahan bacaan, terbukti efektif dalam mendorong pengembangan literasi dan minat siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa intervensi literasi inovatif, seperti pembuatan poster dan pojok baca, secara signifikan mampu meningkatkan kemampuan literasi siswa dan motivasi mereka untuk berliterasi, sehingga mendukung tujuan pendidikan dan mempersiapkan siswa menghadapi tantangan di masa depan. Temuan ini memberikan wawasan praktis bagi pendidik dalam mengembangkan literasi di pendidikan dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darman, R. A. (2017). Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia Tahun 2045 Melalui Pendidikan Berkualitas. Edik Informatika, 3(2), 73–87. https://doi.org/10.22202/ei.2017.v3i2.1320

Dasor, Y. W., Mina, H., & Sennen, E. (2021). The Role Of The Teacher In The Literacy Movement Elementary Schools. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 2021.

Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619

Hr, S. J., Ananda, R., & Rizal, S. (n.d.). Analisis Kemampuan Guru dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran IPAS di UPT SDN 013 Kumantan. 5(4), 6198–6206.

Kharizmi, M. (2015). Feldpostbrief des Staatlichen Gymnasiums Dresden-Neustadt. Jupendas: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 11–21.

Novak, J. D. (2010). Learning, creating, and using knowledge: Concept maps as facilitative tools in schools and corporations. Journal of E-Learning and Knowledge Society, 6(3), 21–30. https://doi.org/10.5860/choice.36-1103

Rahayu, N., & I Gusti Agung Arista, P. (2023). Pemanfaatan Pojok Baca sebagai Gerakan Literasi di Mi Miftahul Ulum De Conning School, Dusun Segenter. Jurnal Abdimas Independen, 4(2), 81–87. https://doi.org/10.29303/independen.v4i2.810

Ramadan, F., & Imam Tabroni. (2020). Implementasi kurikulum merdeka belajar. Lebah, 13(2), 66–69. https://doi.org/10.35335/lebah.v13i2.63

Rohim, C. D., & Rahmawati, S. (2020). Di Sekolah Dasar Negeri. Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 2.

Downloads

Published

2024-12-31