PENERAPAN MEDIA RODA PINTAR (ROPIN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS 1 SDI WAHID HASYIM SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21395Keywords:
Roda Pintar, Sekolah Dasar, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan aktivitas guru pada pembelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan media Ropin pada materi kosakata baru di kelas 1 SDI Wahid Hasyim, Sekardangan-Sidoarjo. (2) Mendeskripsikan aktivitas peserta didik kelas 1 pada pembelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan media Ropin pada materi kosakata baru di SDI Wahid Hasyim, Sekardangan-Sidoarjo. (3) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas 1 pada pembelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan media Ropin pada materi kosakata baru di SDI Wahid Hasyim, Sekardangan-Sidoarjo. Hasil penelitian hasil belajar Bahasa Indonesia materi kosakata baru menggunkan media roda pintar berdasarkan penilaian : persentase keterlaksanaan pada siklus I aktivitas guru yaitu 94,11%, persentase keterlaksanaan aktivitas peserta didik yaitu 94,11%, ketuntasan hasil belajar peserta didik yang dicapai adalah 88,88% atau 16 peserta didik telah tuntas belajar dari 18 jumlah peserta didik dalam satu kelas. Persentase keterlaksanaan pada siklus II aktivitas guru yaitu 100%, persentase keterlaksanaan aktivitas peserta didik yaitu 100%, ketuntasan hasil belajar peserta didik yang dicapai adalah 94,44% atau 17 peserta didik telah tuntas belajar dari 18 jumlah peserta didik dalam satu kelas.Downloads
References
Anisatul, F. F. R. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475
Hani. (2022). Penelitian Tindakan Kelas (Classromm Action Research). https://www.google.co.id/books/edition/Penelitian_Tindakan_Kelas_Classroom_Acti/djX4DwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=penelitian+tindakan+kelas&printsec=frontcover
Muhammad, A. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839
P. Desi, B. Bai, H.Sholeh, D. R. S. (2022). Implementasi Media Pembelajaran Roda Cerdas dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4, 7911–7915.
R., & Anwar, Rahmatullah, Inanna, D. T. (2018). Peran media dalam meningkatkan efektivitas belajar. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat UNM, 5–7. https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/download/7649/4429
Sulastri, A., Sugiyono, & Uliyanti, E. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Media Gambar di Kelas III. 1-18.
Wardono, M., S. (2022) Strategi Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar. Lintang Songo: Jurnal Pendidikan. 5 (2) 80-92
Wardono, M. S., Kurniawati, R., (2022). Pengaruh Media Boneka Tangan Terhadap Keterampilan Menyimak Dongeng Siswa Kelas 1 Sd Labschool Unesa. Jurnal Muasis Pendidikan Dasar, 1 (3) 271-281
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.