PENERAPAN MEDIA RODA PINTAR (ROPIN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS 1 SDI WAHID HASYIM SIDOARJO

Authors

  • Mohammad Setyo Wardono Universitas Nahdlatul Ulama SIdoarjo
  • Muhammad Aris Izzudin PGSD FKIP Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Machfudzil Asror PGSD FKIP Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21395

Keywords:

Roda Pintar, Sekolah Dasar, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan aktivitas guru pada pembelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan media Ropin  pada materi kosakata baru di kelas 1 SDI Wahid Hasyim, Sekardangan-Sidoarjo. (2) Mendeskripsikan aktivitas peserta didik kelas 1 pada pembelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan media Ropin  pada materi kosakata baru di SDI Wahid Hasyim, Sekardangan-Sidoarjo. (3) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas 1  pada pembelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan media Ropin  pada materi kosakata baru di SDI Wahid Hasyim, Sekardangan-Sidoarjo. Hasil penelitian hasil belajar Bahasa Indonesia materi kosakata baru menggunkan media roda pintar berdasarkan penilaian : persentase keterlaksanaan pada siklus I aktivitas guru yaitu 94,11%, persentase keterlaksanaan  aktivitas peserta didik yaitu 94,11%, ketuntasan hasil belajar peserta didik yang dicapai adalah 88,88% atau 16 peserta didik telah tuntas belajar dari 18 jumlah peserta didik dalam satu kelas. Persentase keterlaksanaan pada siklus II aktivitas guru yaitu 100%, persentase keterlaksanaan aktivitas peserta didik yaitu 100%, ketuntasan hasil belajar peserta didik yang dicapai adalah 94,44% atau 17 peserta didik telah tuntas belajar dari 18 jumlah peserta didik dalam satu kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisatul, F. F. R. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Hani. (2022). Penelitian Tindakan Kelas (Classromm Action Research). https://www.google.co.id/books/edition/Penelitian_Tindakan_Kelas_Classroom_Acti/djX4DwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=penelitian+tindakan+kelas&printsec=frontcover

Muhammad, A. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839

P. Desi, B. Bai, H.Sholeh, D. R. S. (2022). Implementasi Media Pembelajaran Roda Cerdas dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4, 7911–7915.

R., & Anwar, Rahmatullah, Inanna, D. T. (2018). Peran media dalam meningkatkan efektivitas belajar. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat UNM, 5–7. https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/download/7649/4429

Sulastri, A., Sugiyono, & Uliyanti, E. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Media Gambar di Kelas III. 1-18.

Wardono, M., S. (2022) Strategi Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar. Lintang Songo: Jurnal Pendidikan. 5 (2) 80-92

Wardono, M. S., Kurniawati, R., (2022). Pengaruh Media Boneka Tangan Terhadap Keterampilan Menyimak Dongeng Siswa Kelas 1 Sd Labschool Unesa. Jurnal Muasis Pendidikan Dasar, 1 (3) 271-281

Downloads

Published

2024-12-31