PERAN GURU DALAM MENGINTEGRASIKAN NILAI-NILAI BUDAYA LOKAL PADA PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR NEGERI 138 BASOKENG KABUPATEN BULUKUMBA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21385Keywords:
Peran guru, budaya lokal, nilai-nilai budayaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin terkikisnya nilai-nilai budaya lokal di kalangan generasi muda akibat pengaruh globalisasi. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di tingkat sekolah dasar menjadi salah satu upaya strategis untuk melestarikan nilai-nilai budaya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dalam mengintegrasikan nilai-nilai budaya lokal pada pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Negeri 138 Basokeng, Kabupaten Bulukumba. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Subjek penelitian meliputi guru, siswa, dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memainkan peran penting dalam menyusun materi ajar berbasis budaya lokal, menerapkan metode pembelajaran yang relevan dengan konteks budaya, serta menjadi teladan dalam mengamalkan nilai-nilai budaya lokal. Namun, penelitian ini juga menemukan beberapa kendala, seperti keterbatasan sumber belajar berbasis budaya lokal, minimnya pelatihan guru, dan kurangnya dukungan infrastruktur sekolah. Penelitian ini merekomendasikan pelibatan komunitas lokal, pengembangan kurikulum yang adaptif terhadap budaya lokal, serta pelatihan intensif bagi guru untuk meningkatkan efektivitas integrasi budaya lokal dalam pembelajaran IPSDownloads
References
Atik Silvia, & Inayati, M. (2023). Penerapan Teori Belajar Kontekstual Perspektif John Dewey Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Madinah: Jurnal Studi Islam, 10(2), 188–199. https://doi.org/10.58518/madinah.v10i2.1761
Bitu, Y. S., Setiawi, A. P., Bili, F. G., Iriyani, S. A., & Patty, E. N. S. (2024). Pembelajaran Interaktif: Meningkatkan Keterlibatan Dan Pemahaman Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 5(2), 193–198. https://doi.org/10.25157/j-kip.v5i2.14697
Irene Evi Krismawati. (2020). Integrasi Nilai Kearifan Budaya Lokal Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Dalam Rangka Peningkatan Keterampilan Berbicara. 07, 14–22.
Nasution, R. D. (2017). Pengaruh Modernisasi dan Globalisasi terhadap Perubahan Sosial Budaya di Indonesia. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 21(1), 30–42.
Novan Ardy Wiyani. (2013). Membumikan Pendidikan Karakter di SD: Konsep, Praktik & Strategi. Ar Ruzz Media.
Salsabila dkk. (2022). Model Pembelajaran Karakter di Indonesia Berbasis Teknologi untuk Melestarikan Budaya Lokal di Era Globalisasi. 16(1), 1–23.
Setiawan, I., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Ips Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 121. https://doi.org/10.30659/pendas.7.2.121-133
Subkhi Mashadi. (2024). Pendidikan Berbasis Komunitas: Kolaborasi Antara Sekolah dan Masyarakat. Warta Pendidikan Jogja. https://wartapendidikanjogja.com/pendidikan-berbasis-komunitas-kolaborasi-sekolah-dan-masyarakat/
Sukarismanti, S., & Samsudin, S. (2021). Integrasi Kearifan Lokal dalam Bahan Ajar Antropolinguistik sebagai Upaya Penguatan Pemahaman dan Karakter Mahasiswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3339–3349. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1253
Ulfatun Nafi’ah, & Djono. (2024). Designing a Project-Based Learning (PjBL) Model on Multiculturalism in History. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(1), 901–918. https://doi.org/10.36526/santhet.v8i1.3804
Umam, R., & Husain, A. M. (2024). Pengintegrasian Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam : Kritikalitas dan Alternatif Solusi berdasarkan Literatur. 5(2), 1–12.
Viola, M. A., Vilanti, F. A., Rahman, I. A., Masita, M., & Setiyadi, B. (2024). Analisis Kurikulum Berbasis Masyarakat: Memanfaatkan Kurikulum Muatan Lokal Untuk Pendidikan yang Kontekstual. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.