PEMANFAATAN MEDIA WORDWALL SEBAGAI STIMULASI KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK DI TK ISLAM MUTIARA AL-MADANI

Penelitian Kualitatif

Authors

  • Azzahra Balqis Hauro Universitas Jambi
  • Fitria Susanti Universitas Jambi
  • Yensi Monika Sari Universitas Jambi
  • Asih Nur ismiatun Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21341

Keywords:

Wordwall, kemampuan berbahasa, anak usia dini, media pembelajaran.

Abstract

Kemampuan berbahasa merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan anak usia dini terutama pada fase di bawah tujuh tahun yang dikenal sebagai masa keemasan (Golden Age). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media Wordwall sebagai alat bantu dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini di TK Islam Mutiara Al-Madani. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis dilakukan dengan empat tahap berdasarkan prinsip Milles dan Huberman yaitu  Reduksi data, Interpretasi data, pengajian data dan penarian Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Wordwall secara sistematis melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Anak-anak menjadi lebih terampil dalam menyebutkan simbol huruf, mengenal bunyi awal kata, serta memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf. Hasil ini menunjukkan bahwa Wordwall merupakan alat bantu yang efektif dan relevan untuk memperkuat keterampilan literasi anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikarani, Y., & Amirudin, M. F. (2021). Pemanfaatan Media dan Teknologi Digital Dalam Mengatasi Masalah Pembelajaran Dimasa Pandemi. Ej, 4(1), 93–116. https://doi.org/10.37092/ej.v4i1.296

Dewi, K. Y. F. (2024). Diagnosa Kesulitan Belajar. Yayasan Drestanta Pelita Indonesia Redaksi: https://doi.org/10.1109/isqed.2008.4479675

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.

Fadliyah, N., Puspitasari, E. W., & Ratnawati, E. (2024). WORD WALL SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF DALAM MENGAJARKAN MATERI TENTANG PERLAWANAN TERHADAP KOLONIALISME DAN IMPERALIALISME DI INDONESIA. JSPH: Jurnal Sosial Politik Humaniora, 1, 1–12.

Herawati, N. H., & Katoningsih, S. (2023). Kemampuan Bahasa Anak Usia Prasekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1685–1695. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4122

Hisniati. (2019). Melalui Pemanfaatan Gambar Dan Simbol Dapat Meningkatan Kemampuan Membaca Anak Di Paud Terpadu Al-Ijtihad Danger. Bintang : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 1(2), 80–96.

Indarsih, Rahmawati, I. Y., & Rusdiani, N. I. (2023). Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 6(3).

Izzata, A. M. Z. (2021). Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. https://math.upi.edu/id/media-pembelajaran-untuk-siswa-sekolah-dasar-pada-masa-pandemi-covid-19/13210/30/07/09/38/

Lasutri, M. M., & Oktriani, H. (2023). Meningkatkan Keterampilan Bahasa Pada Anak Usia 2-3 Tahun Melalui Media Flashcard di Denali Development Centre. 4(3), 2745–2751.

Muti, A. S., & Nuraeni, L. (2023). Pembelajaran Daring Pada Anak Usia Dini: Meningkatan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Tanya Jawab. CERIA (Cerdas Energik Responsif …, 6(3). https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/16258

Nurrahma, Bachtiar, M. Y., & Syamsuardi. (2023). Pengaruh Media Wordwall Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 11, 2023.

Pratiwi, S. S., Sopiah, C., & Rouf, A. M. (2023). PENGARUH GAME WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF VOKAL PADA ANAK KELOMPOK A KB KEMUNING KOTA CIREBON. JURNAL JENDELA BUNDA, 11. https://doi.org/https://doi.org/10.32534/jjb.v11i2.4644

Rahman, A., Rambe, A. R., & Triana, R. (2023). Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Perkembangan Peserta Didik. Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 149–158. https://doi.org/10.56832/pema.v2i2.302

Saleh & Syahruddin, D. (2023). Media Pembelajaran. 1–77. https://repository.penerbiteureka.com/publications/563021/media-pembelajaran

Saputri, D. A., & Katoningsih, S. (2023). Peran Guru PAUD dalam Menstimulasi Keterampilan Bahasa Anak untuk Berpikir Kritis pada Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2779–2790. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4353

Yuniarti, A., Titin, T., Safarini, F., Rahmadia, I., & Putri, S. (2023). Media Konvensional Dan Media Digital Dalam Pembelajaran. JUTECH : Journal Education and Technology, 4(2), 84–95. https://doi.org/10.31932/jutech.v4i2.2920

Downloads

Published

2024-12-31