PENGEMBANGAN BAHAN AJAR POP-UP BOOK BERMUATAN CREATIVITY SISWA MATERI DONGENG SISWA KELAS III SDN SAMBIREJO

Authors

  • Rahayu Ningtiyas Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Rian Damariswara Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Endang Sri Mujiwati Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21333

Keywords:

Bahan ajar, Pop-Up Book, Materi Dongeng

Abstract

Penelitian di latar belakangi dengan menggunakan metode jenis penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Menurut pendapat Sugiyono (2016:297) model penelitian dan pengembangan adalah langkah yang digunakan untuk menggambarkan pendekatan sistematis dalam suatu pengembangan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar berbasis Pop-Up Book untuk materi menentukan pesan dalam dongeng menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang dilaksanakan di SDN Sambirejo dengan subjek uji coba terbatas sebanyak 6 siswa dan uji coba luas 16 siswa dari kelas III tahun ajaran 2023/2024. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan tes. Angket digunakan untuk mengumpulkan data validasi bahan ajar, respons guru, respons siswa, soal, dan perangkat pembelajaran, sedangkan tes mengukur kemampuan siswa memahami pesan dalam dongeng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar Pop-Up Book valid dengan hasil validasi bahan ajar sebesar 82,5% dan validasi ahli materi 85%, sehingga rata-rata persentase mencapai 83,75%. Bahan ajar ini juga efektif berdasarkan evaluasi uji coba terbatas dengan rata-rata nilai 83, tuntas secara klasikal (100%), dan uji coba luas dengan rata-rata nilai 86,25, tuntas secara klasikal (100%). Respons guru terhadap bahan ajar sangat baik dengan persentase 96%, sedangkan respons siswa dalam uji coba terbatas mencapai 89% dan uji coba luas 96%, keduanya dinyatakan sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, pengembangan bahan ajar Pop-Up Book untuk materi menentukan pesan dalam dongeng dinyatakan valid, efektif, dan sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Sa’dun. 2015. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Arip, M., & Aswat, H. 2021. Media Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 261-268.

Asnanda, D., Aka, K. A., & Damariswara, R. 2022. Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Materi Mengidentifikasi Tokoh-tokoh Cerita Fiksi Secara Lisan Untuk Siswa Kelas IV SDN Lirboyo. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(1), 113-117.

Danandjaja, James. 2007. Folklor Indonesia, Ilmu Gosip Dongeng, dan lain- lain. Jakarta : PT Pustaka Utama Grafiti

Dzuanda. 2022 Media Pop – Up Book Melatih Berpikir Kritis Dan Menumbuhkan Kreatifikas Siswa. Semarang: Cahya Ghani Recovery.

Esten, Mursal.1987.Kritik Sastra Indonesia. Bandung: Angkasa Raya

Habsari, Z. 2017. Dongeng Sebagai Bentuk Pembentuk Karakter Anak. Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi.

Hartanto. 2011. Media Pop – Up Book Melatih Berpikir Kritis Dan Menumbuhkan Kreatifikas Siswa. Semarang: Cahya Ghani Recovery.

Ika, Lestari.2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kopetensi. Padang: Akademia Permata.

Joko Muktiono. 2022 Media Pop – Up Book Melatih Berpikir Kritis Dan Menumbuhkan Kreatifikas Siswa. Semarang: Cahya Ghani Recovery.

Kusumaninggrum, Endah. 2021. Menulis Kreatif Dongeng Sesuai Gaya Belajar Anak. Yogyakarta: Jejak Pustaka

Martiana, Ika.2022. Media Pop – Up Book Melatih Berpikir Kritis Dan Menumbuhkan Kreatifikas Siswa. Semarang: Cahya Ghani Recovery.

Meador. 2022. Media Pop – Up Book Melatih Berpikir Kritis Dan Menumbuhkan Kreatifikas Siswa. Semarang: Cahya Ghani Recovery.

Nasution, S. 1999. Kurikulum dan Penajaran, Jakarta: Bumi Aksara, cet-ke-3, 23

Nikmah, S., Nuroso, H., & Reffiane, F. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Shared Berbantu Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 264-271.

Nurgiyantoro, B.2018. Teori Pengkajian Fiksi. UGM Press

Pannen, Paulina dan Purwanto.2001. Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional ditjen dikti diknas.

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva press

Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Rachmadini, Nur F. 2016. Buku Pop-Up Book Untuk Pembelajaran Bercerita. Jakarta Selatan

Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Rukiyah, R. 2018. Dongeng, mendongeng, dan manfaatnya. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 2(1), 99-106.

Sa’dun, Akbar. 2017. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung : PT Remaja

Sentarik, K., & Kusmariyatni, N. 2020. Media Pop-Up Book pada Topik Sistem Tata Surya Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 197-208.

Sugiyono.2019. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development.Bandung:Alfabeta

Supriadi. 2022. Media Pop – Up Book Melatih Berpikir Kritis Dan Menumbuhkan Kreatifikas Siswa. Semarang: Cahya Ghani Recovery.

Sudjiman, Panuti. 1992. Memahami Cerita Rekaan. Jakarta: Pustaka Jaya.

Sudjiman, Panuti.1992. Teks Sastra: Komunikasi dan Resepsi. Yogyakarta

Sutarti, Tatik dan Edi Irawan. 2017. Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Deepublish

Sylvia, I. N. & Hariani, N. 2015. Pengarauh penggunaan Media Pop-Up Book terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Sekolah Dasar, 3(2) : 1196-1205.

Widoyoko. 2013. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yuberti. 2014. Teori Pembelajaran Dan Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pendidikan. Anugrah Utama Raharja ( AURA)

Downloads

Published

2024-12-31