REVITALISASI KURIKULUM 2013 DENGAN PENDEKATAN TEMATIK DI ERA KURIKULUM MERDEKA PADA JENJANG SEKOLAH DASAR

Authors

  • Alifia Khairullina PGMI UIN Sunan Kalijaga
  • Sukiman PGMI UIN Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.21195

Keywords:

Revitalization, Curriculum 2013, Independent Curriculum

Abstract

Artikel ini membahas revitalisasi Kurikulum 2013 dengan pendekatan tematik di era Kurikulum Merdeka pada jenjang Sekolah Dasar. Perubahan kurikulum ini diperlukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang responsif terhadap kebutuhan siswa dan tantangan globalisasi. Kurikulum Merdeka menawarkan fleksibilitas dalam pembelajaran, dengan penekanan pada pengembangan karakter dan keterampilan abad ke-21 melalui pendekatan tematik yang mengintegrasikan berbagai mata pelajaran dalam konteks yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Melalui pendekatan ini, diharapkan siswa dapat memperoleh pengalaman belajar yang lebih bermakna dan holistik. Namun, implementasi pendekatan tematik dalam revitalisasi Kurikulum 2013 menghadapi berbagai tantangan, termasuk kesiapan guru, dukungan dari pihak sekolah, dan keterlibatan orang tua. Strategi untuk mengoptimalkan penerapan kurikulum. Dengan pemahaman yang mendalam tentang revitalisasi ini, diharapkan dapat ditemukan solusi efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di jenjang Sekolah Dasar, sehingga dapat memenuhi harapan masyarakat dan kebutuhan generasi mendatang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arief Adha, W., Fadhila, S., Pendidikan Guru, M., Ibtidaiyah, M., Abdurahman, U. K. H., & Pekalongan, W. (n.d.). IBTIDA Jurnal Kajian Pendidikan Dasar PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA. Jalan Tentara Pelajar No 55B, 55. https://www.ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/ibtida

Aulia, N., Sarinah, S., & Juanda, J. (2023). Analisis Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 14–20.

Daga, A. T. (2022). Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013 untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 Siswa Sekolah Dasar. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 3(1), 11–28. https://doi.org/10.47387/jira.v3i1.137

Fajri, Z. (2018). Bahan Ajar Tematik Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013. Pedagogik, 05(01), 100–108.

Haryati, L. F., Anar, A. P., & Ghufron, A. (2022). Menjawab Tantangan Era Society 5.0 Melalui Inovasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 1–6. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/7441/5618

Muhammad, D. (2023). 20755-Article Text-66429-1-10-20231106 (1). 6, 1265–1271. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/20755/14904

Persada, Y. I., Djatmika, E. T., & Degeng, I. N. S. (2020). Pelaksanaan Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(1), 114. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13151

Pratycia, A., Dharma Putra, A., Salsabila, A. G. M., Adha, F. I., & Fuadin, A. (2023). Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 58–64. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1974

Putri, R., Fierna, M., & Lusie, J. (2024). Implementasi Pendidikan Pancasila dalam Kurikulum Merdeka : Studi Kasus SMK Negeri 8 Kota Tangerang Selatan. 2(2), 113–121.

Rhosalia, L. A. (2017). PENDEKATAN SAINTIFIK (SCIENTIFIC APPROACH) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013 VERSI 2016. Journal of Teaching in Elementary Education, 1(1), 73–74. file:///C:/Users/asus/AppData/Local/Microsoft/Windows/INetCache/IE/1OAQ5DDP/112-13-297-1-10-20171115[1].pdf

Sari, F. I., Sunedar, D., & Anshori, D. (2022). Analisa Perbedaan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, Vol. 5(1), 146–151.

Sofyan, H., & Komariah, K. (2016). Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di Smk. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), 260. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i3.11275

Suwandayani, B. I. (2018). Analisis Perencanaan Pembelajaran Tematik Pada Kurikulum 2013 di SD Negeri Kauman I Malang. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 78–88. https://doi.org/10.30651/else.v2i1.1214

Tri, A., Aditya, S., & Saputra, T. (2013). Kurikulum 2013 ke kurikulum Merdeka : Revitalisasi Kurikulum Pendidikan di Indonesia. 2(2), 9–17.

Ummah, M. S. (2019). Relevansi Perubahan Kurikulum 2013 terhadap Kurikulum Merdeka Belajar diEra Digital. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718

Wahyuni, H. I., & Puspari, D. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar Mengemukakan Daftar Urut Kepangkatan dan Mengemukakan Peraturan Cuti. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 1(1), 54. https://doi.org/10.26740/jpeka.v1n1.p54-68

Downloads

Published

2025-03-07