PENERAPAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TaRL) DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 SUNGGUMINASA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21148Keywords:
TaRL Approach, Mathematics Learning OutcomesAbstract
This research is a classroom action research (CLAR) that aims to improve mathematics learning outcomes of class IX.3 students of SMP Negeri 2 Sungguminasa, Gowa Regency, through the TaRL approach. The subjects of thisresearch were 31 regular class IX.3 students of SMP Negeri 2 Sungguminasa. This research was conducted in two cycles. The research work procedure for each cycle took place in four stages, namely: (1) planning, (2) implementation of actions, (3)observation, and (4) reflection. Data collection was carried out by giving tests and observations through observation sheets. The data collected were analyzed using quantitative and qualitative analysis. The results of this study concluded that mathematics learning outcomes can be improved through the TaRL approach for class IX.3 students of SMP Negeri 2 Sungguminasa. This is shown by: The average score of the mathematics learning outcome test for the cognitive aspect increased from an average score of 77.32 in cycle I then increased to 90 in cycle II. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas IX.3 SMP Negeri 2 Sungguminasa Kab. Gowa, melalui pendekatan TaRL. Subjek penelitian ini adalah peserta didik reguler kelas IX.3 SMP Negeri 2 Sungguminasa yang berjumlah 31 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur kerja penelitian setiap siklus berlangsung empat tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes dan pengamatan melalui lembar observasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa hasil belajar matematika dapat ditingkatkan melalui pendekatan TaRL pada peserta didik kelas IX.3 SMP Negeri 2 Sungguminasa. Hal ini ditunjukkan oleh: Rata-rata skor tes hasil belajar matematika untuk aspek kognitif mengalami peningkatan dari skor rata-rata 77.32 pada siklus I kemudian pada siklus meningkat menjadi 90.Downloads
References
Ahyar, dkk. (2022) Implementasi Model Pembelajaran TaRL Dalam Meningkatkan Dasar Belajar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan).5(11) 5241-5249
Cahyono, S. D. (2022). Melalui Model Teaching at Right Level ( TARL)
Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil
Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan KD. 3.2 /4.2 Topik Perencanaan Usaha Pengolahan Makanan Awetan dari Bahan Pangan Nabati di Kelas X.MIA.3 MAN 2 Payakumbuh Semester Genap Tahun Pelajaran
2021/2022. 6.
Hamzah. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran
Matematika. PT. Raja Grafindo Persada
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.