PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL DENGAN METODE “MEBARIUKA” UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MENGGAMBAR MOTIF BATIK JAWA TIMUR PADA SISWA TUNARUNGU

Authors

  • R`ofiqoh Kholidiah Universitas Negeri Surabaya
  • Martadi Universitas Negeri Surabaya
  • Setyo Yanuartuti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20937

Keywords:

Video tutorial, Motif Batik Jawa Timur, Siswa Tunarungu

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan produk media pembelajaran video tutorial menggambar motif batik Jawa Timur dengan metode mebariuka, (menggambar batik dengan huruf dan angka) untuk meningkatkan kreativitas menggambar siswa tunarungu dengan menggunakan model 4D yang terdiri :: Pendefinisian (Design), Perancangan (Define), Pengembangan (Dessiminate), dan Penyebaran (Develop) untuk siswa tunarungu di SMPLB. Berdasar data penelitian, validitas, kepraktisan dan keefektifan produk video pembelajaran dinalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan skor rata-rata validator adalah 87,2%. Penilitian yang dilakukan dengan uji normalitas signifikan pretest sebesar 0,990 dan nilai signifikan post test sebesar 0,998. Hal ini menunjukkam bahwa nilai p value ( > 0,05), dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Dari data nilai yang dihasilkan selama uji coba produk mulai dari uji kelayakan produk dengan skala kecil sampai uji kelayakan produk dengan skala besar. Pengujian kelompok kecil dan kelompok besar dengan uji t skala kecil menunjukkan nilai signifikansi nilai koefisien sebesar 0,919 dengan nilai signifikan 0,027 < nilai p value (0,05). Dalam uji coba skala kecil dari nilai rata-rata awal 65,8 menjadi 84,4 dan terdapat selisih kenaikan 28,27 %. Setelah dilakukan uci coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar dengan hasil perhitungan uji t skala besar menunjukkan nilai signifikansi nilai koefisien sebesar 0,895 dengan nilai signifikan 0,000 < nilai p value (0,05), dapat disimpulkan bahwa H₀ ditolak dan Ha diterima, terdapat rata-rata antara hasil belajar pre test dan post test yang artinya pengaruh penggunaan media dengan peningkatan produktivitas siswa pacsa media dari rata-rata awal 62,467 menjadi 81,733 dan selisih kenaikan 30,9 %.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, Mubiar. (2006). Profil Kecerdasan Jamak Anak Usia Dini di TK Laboratulium Universitas Pendidikan Indonesia, Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 4 No. 2. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Anshori Yusak, Adi Kusrianto. (2011). Keeksotisan Batik Jawa Timur, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Buku Sumber LPTK. 2014. Pembelajaran Literasi Kelas Awal di LPTK.

Bunawan dan Yuwati. 2000. Penguasaan Bahasa Anak Tunarungu. Jakarta. Yayasan Santi Rama

Diago, Gomez (2012). Cyberspace and Cyberculture. Encyclopedia of Gender in Media. SAGE refrence publication

Djatiprambudi, Djuli (2016), Seni Rupa Indonesia dalam Titik Simpang, Satukata Book@rt Publisher: Sidoarjo

Lewis, V. (2003). Development and Disability. United Kingdom : Blackwell Publishing

Haenudin. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu. Jakarta. PT Luxima Metro Media

Iswantara, Nur. (2017), Kreativitas: Sejarah, Teori & Perkembangan, Gigih Pustaka Mandiri, Yogyakarta

Tabrani, Primadi. (2006), Kreativitas dan Humanitas: Sebuah Studi Tentang Peran Kreativitas dalam Perkehidupan Manusia, Jalasutra: Yogyakarta

Artikel in Press :

Heriastuti, C. A. (2019). Pembelajaran Band Pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul. Computers in Human Behavior, 63(May), 9–57. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.05.008

Heriastuti, C. A. (2019). Pembelajaran Band Pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul. Computers in Human Behavior, 63(May), 9–57. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.05.008

Mareza, L. (2017). Pendidikan Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) Sebagai Strategi Intervensi Umum Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 35. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i 1.p35-38

Purnama, M. N. A. (2020). Blended Learning Sebagai Sarana Optimalisasi Pembelajaran Daring Di Era New Normal. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 2(02), 106–121. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v2i02.535

Jurnal :

Munafiah Nida’ul. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Busy Book Untuk Meningkatkan Kognitif Anak Tunarungu Di Tklb Yppalb Putra Mandiri Kota Magelang. Yogyakarta : UIN Sunan Kalijaga

Sugiarti Sri. (2015). Upaya Meningkatkan Kosa Kata Anak Tunarungu Melalui Media Variasi Gambar Pada Siswa Kelas V/B Di Slb Negeri Surakarta. Surakarta: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, 1(02), 254-255. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/

Downloads

Published

2024-12-31