PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BERTE¬¬MA LINGKUNGAN MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS AL MAIDAH KOTASAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20903Keywords:
Keterampilan Menulis, Media PuzzleAbstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatan proses pembelajaran menulis puisi bertema lingkungan menggunakan media puzzle pada peserta didik kelas VIII MTs Al Maidah Kotasan. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan adanya permasalahan dalam pembelajaran menulis puisi yaitu nilai yang diperoleh masih di bawah KKM. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek yang diteliti adalah peserta didik kelas VIII-1 yang berjumlah 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran menulis puisi bertema lingkungan menggunakan media puzzle mengalami peningkatan selama dilakukan tindakan. Persentase ketuntasan belajar peserta didik mengalami peningkatan, pre test memperoleh persentase (0%), pada siklus I pertemuan pertama (5%) pertemuan kedua (10%). Meningkat pada siklus II petemuan pertama (15%) dan meningkat kembali pada pertemuan kedua (35%), masih ada peningkatan kembali pada siklus III pertemuan pertama (85%) pertemuan kedua (85%). Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Media PuzzleDownloads
References
Arikunto, S., Suhadjono., & Supardi. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Endahwati, E. A. (2022). Keefektifan Media Puzzle Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV SD. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 4, 1319–1323.
Hasanah, D. U., Achsani, F., & Al Aziz, I. S. A. (2019). Analisis Penggunaan Gaya Bahasa pada Puisi-Puisi Karya Fadli Zon. Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(1), 13-26.
Novianty, N. T. (2022). Kajian Struktural pada Puisi “Kekasihku” Karya Joko Pinurbo. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 1(3), Article3. https://doi.org/10.58192/populer.v1i3.276
Pangastuti, R. (2019). Media Puzzle Untuk Mengenal Bentuk Geometri. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 1(1), 50-59.
Ramadhani, G., & Purba, S. (2024). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Nilai Bahasa Inggris Siswa. Journal on Education, 6(2), 11343-11348.
Rosalina, I. A., Nurhasanah, A., & Wulandari, I. 2023. Pengaruh Pembelajaran Outdoor Learning Terhadap Keterampilan Menulis Puisi. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5854-5860.
Ruspa, A. R. (2020). Kemampuan Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Prodi Informatika Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 6(1), 557-566.
Sitepu, M. S., Arianto, A., Herliza, S., Wulandari, W., Asmalinda, N., & Mutmainnah, M. (2024). The Impact of Mind Mapping on Young Children’s Writing Skills: An Experimental Study. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 9(3), Article3. https://doi.org/10.14421/jga.2024.93-03
Supriadi, dkk (2020). Integrasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Siswa. YUME: Journal of Management, 3(3), 84-94.
Zendrato, A., Mendrofa, N. K., Telaumbanua, Y. N., & Lase, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis ditinjau dari Gaya Belajar Siswa UPTD SMP Negeri 1 Gunungsitoli Alo’oa. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 4(3), 442-455.
Zulkarnain, I., Arianto, A., Kusyani, D., & Sihite, M. R. (2022). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Di Sma Gelora Pancasila Di Kabupaten Serdang Bedagai. Jaliye: Jurnal Abdimas, Loyalitas, Dan Edukasi, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.47662/jaliye.v1i1.249
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.