PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU GAMIFIKASI PADA MATERI PERKALIAN KELAS 2

Authors

  • Dwi Yuliandini -
  • Rusnilawati Rusnilawati PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i03.20884

Keywords:

Problem Based Learning

Abstract

Penggunaan metode konvensional dan pembelajaran berpusat pada guru memengaruhi kemauan dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Hal ini sejalan dengan hasil observasi dan tes pada siswa kelas II yang menunjukkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan model Problem Based Learning berbantu gamifikasi materi perkalian siswa kelas II SDN Bratan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas II semester genap tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis materi perkalian pada siswa kelas II SDN Bratan. Implikasi penelitian dapat menjadi acuan dalam pengembangan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abduloh, U., Karomah, N., & Hidayati, S. (2018). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika dalam loal literasi matematika melalui model creative problem solving kelas VIII H SMPN 9 Semarang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 774–780. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/%0APeningkatan

Andriyanti, B. W., & Prihastari, E. B. (2023). Efektivitas Model PBL Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 35–45. http://dx.doi.org/10.33603/.v6i1.7854,

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. https://webadmin-ipusnas.perpusnas.go.id/ipusnas/publications/books/192447/

Arrahim, A., & Sabrina, R. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dengan Menggunakan Model Problem Solving di Sekolah Dasar. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 9–14. https://doi.org/10.21831/didaktika.v2i1.28092

Dewi, T. A., & Wardani, N. S. (2018). Upaya Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 1–12. https://journal.trunojoyo.ac.id/widyagogik/article/view/4558

Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846

Fathoni, A., Triastuti, Y., Anggoro, S., Andriani, A., Muhammadiyah Purwokerto, U., & Kelas Negeri, G. S. (2023). Peningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VI SD N 3 Bancarkembar Melalui Model Problem Based Learning (Pbl) Terintegrasi Gamifikasi Materi Perkembangbiakan Tumbuhan Dan Hewan. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(1), 1–13. https://sij-inovpend.ejournal.unsri.ac.id/index.php/JIP

Handayani, E. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Perkalian Bilangan. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(3), 319. https://doi.org/10.28926/briliant.v2i3.75

Haryono, M. (2019). Efektivitas Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Keyakinan Matematika Siswa Sekolah Dasar. Tunas Nusantara, 1(1), 19–26. https://ejournal.unisnu.ac.id/jtn/article/view/1582

Hendriani, M., & Gusteti, M. U. (2021). Validitas LKPD Elektronik Berbasis Masalah Terintegrasi Nilai Karakter Percaya Diri untuk Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika SD Di Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(4), 2430–2439. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1243

Herlina, F., Yerizon, Y., Syarifuddin, H., & Fitria, Y. (2022). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Matematika Basis RME dalam Meningkatkan Pemecahan Masalah Peserta Didik di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2391–2399. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2138

Kemdikbud. (2022). Surat Keputusan Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan. BSKAP.

Laeli, S., Okimustava, O., & Kurniasari, E. (2022). Kajian Model Problem Based Learning Berbasis Gamifikasi Wordwall Untuk Pembelajaran Fisika Di Masa New Normal. … Edukasi Matematika Dan …, 3(2), 1–7. http://journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/1259%0Ahttp://journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/download/1259/1401

Magdalena, I. (2023). Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Jejak Publisher. https://webadmin-ipusnas.perpusnas.go.id/ipusnas/publications/books/218833/

Miaz, Y. (2023). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Metode Pemecahan Masalah. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1620–1626. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index

Permatasari Sintya. (2023). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas 2 Menggunakan Model Problem-based Learning (PBL) Di SDN Mojolangu 2 Kota Malang. Julnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 2336–2347.

Prasetiani Dewi, Sukamto, N. D. (2023). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 2(4), 1607–1614.

Rahmawati, N. (2023). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Gamifikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Pinisi Journal of Science & Technology, 1–12.

Sekarwangi, T., Sartono, K. E., Mustadi, A., & Abdulah, A. (2021). The Effectiveness of Problem Based Learning-Based Interactive Multimedia for Elementary School Students. International Journal of Elementary Education, 5(2), 308. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i2.31603

Setia Wardana, M. Y., & Rifaldiyah, Y. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif Pemecahan Masalah Matematika. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(1), 19–26. https://doi.org/10.23887/tscj.v2i1.18380

Silvi, F., Witarsa, R., & Ananda, R. (2020). Kajian Literatur tentang Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dengan Model Problem Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3360–3368. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/851%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/view/851

Sukmawarti, Hidayat, & Liliani, O. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(volume 4), 886–894. https://doi.org/10.23969/symmetry.v4i2.2061

Suryani, N. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Model Problembased Learning Di Kelas III Sekolah Dasar. Journal of Innovation in Primary Education, 2(1), 72–77.

Susilowati, R. D., & Wahyudi, W. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry dan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 8(1), 49. https://doi.org/10.25273/jems.v8i1.6084

Downloads

Published

2024-09-30