EFEKTIFITAS METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN MELAYANI MAKAN DAN MINUM DI SMKN 2 KARAWANG

Authors

  • Disya Aflaha Aulia Program Studi Pendidikan Tata Boga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta
  • Yeni Yulianti Program Studi Pendidikan Tata Boga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta
  • Rina Febriana Program Studi Pendidikan Tata Boga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20872

Keywords:

Metode Role Playing, Hasil Belajar, Pembelajaran Konvensional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan metode pembelajaran role playing dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan melayani makan dan minum di SMKN 2 Karawang. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan dua kelompok, yaitu kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional dan kelas eksperimen yang menggunakan metode role playing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode role playing lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional dalam meningkatkan hasil belajar siswa, baik pada ranah kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Pada ranah kognitif, pengujian menunjukkan perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai t-hitung sebesar 8,51, lebih besar dari t-tabel 2,03. Di ranah afektif, kelas eksperimen memperoleh skor rata-rata 158,07 (Sangat Setuju), lebih tinggi dari kelas kontrol yang hanya 125,21 (Setuju). Sedangkan untuk ranah psikomotorik, tingkat kesesuaian pada kelas eksperimen mencapai 88%, lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya 54%. Hasil uji N-gain juga menunjukkan bahwa kelas eksperimen dengan metode role playing mencapai 80,4% (efektif), sementara kelas kontrol hanya 52,7% (kurang efektif). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode role playing secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa di berbagai ranah pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifah Nurdin, T., Japar, M., & G. Bachtiar, I. (2018). Improving Social Attitudes and Knowledge Through Role Playing Method. American Journal of Educational Research, 6(7), 1040–1045. https://doi.org/10.12691/education-6-7-23

Arikunto Suharsimi. (2018). Prosedur Penelitian . Rineka Cipta .

Craciun, D. (2010). Role Playing As A Creative Method In Science Education. In Journal of Science and Arts Year (Vol. 10, Issue 1). www.josa.ro

Duludu Ummyssalam. (2017). Kurikulum Bahan dan Media Pembelajaran PLS (1st ed.). Yogyakarta : Deepublish, 2017 ©2017.

Djamarah, S. B. (2020). Pengaruh Penggunaan Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Ips – Ekonomi Pada Siswa Kelas X Smk Global Nusantara Halmahera Selatan. Vol. 2. No

Endang Mukyatiningsih. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan . CV. Alfabeta.

Febriana Rina. (2019). Evaluasi Pembelajaran (Fatmawati Sari Bunga, Ed.). Bumi Aksara .

Hadaina Farida, N., Siti Nurani, A., & Mahmudatussa, A. (2017). Manfaat Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Pada Praktikum Seni Tata Hidang. (Vol. 6, Issue 1).

Hassanzadeh, A., Vasili, A., & Zare, Z. (2010). Effects of two educational method of lecturing and role playing on knowledge and performance of high school students in first aid at emergency scene (Vol. 15, Issue 1).

Hayatun, M., Nurhasanah, N., & Istiningsih, S. (2020). The Effect Of The Use Of Role Playing Methods On The Emotional Social Development Of Elementay School Children. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(6). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v9i6.8067

Mustafa M. (2018). Penggunaan Metode Bermain Peran (Role playing) dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar PKN Siswa Kelas VI SD Negeri 016 Kundur . Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(2580–8435).

Nasution, Mardiah Kalsum. 2017. Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, volume 11 artikel no 1 Edisi Juni 2017, hlm. 9-16.

Nurgiansah, T. H., Hendri, H., & Khoerudin, C. M. (2021). Role Playing dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 18(1), 56. https://doi.org/10.24114/jk.v18i1.22597

Riadi Muchlisin. (2019, May 2). Model Pembelajaran Bermain Peran. Kajianpustaka .

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Wiyani Sri. (2022).Meningkatkan Prestasi Belajar Bisnis Ritel Melalui Metode Role Playing Bagi Siswa Kelas XI BDP Semester Genap Smk Wikarya Karanganyar Tahun 2018 / 2019. 2.

Wedi, Agus. "Konsep dan Masalah Penerapan Metode Pembelajaran: Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran melalui Konsistensi Teoretis-Praktis Penggunaan Metode Pembelajaran." Edcomtech, vol. 1, no. 1, 2016, pp. 21-28.

Yusnarti, M., & Sutyaningsih, L. (n.d.). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. In Ainara Journal (Vol. 2, Issue 3). http://journal.ainarapress.org/index.php/ainj

Downloads

Published

2024-12-29