EKSPLORASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PEMBELAJRAAN BAHASA ARAB MELALUI PRESFEKTIF MAHASISWA

Authors

  • Fauzan Ilham Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Amuntai
  • Muh Haris Zubaidillah Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Amuntai
  • Ahmad Khalidi Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Amuntai

Keywords:

Media Sosial, Pembelajaran Bahasa Arab, Mahasiswa

Abstract

Di era digital, media sosial telah menjadi jembatan baru dalam pembelajaran bahasa, termasuk bahasa Arab, yang dikenal dengan kompleksitas tata bahasa dan fonologinya. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi peran media sosial sebagai alat pembelajaran bahasa Arab dari perspektif mahasiswa, dengan fokus pada platform TikTok, YouTube, dan Instagram. Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif eksploratif digunakan untuk menggali pengalaman mahasiswa. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan mahasiswa pengguna aktif media sosial dalam pembelajaran bahasa Arab, serta observasi terhadap konten pembelajaran yang tersedia di platform-platform tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TikTok menjadi media efektif untuk pembelajaran kosa kata dasar berkat format video pendek yang interaktif dan menghibur, sementara YouTube lebih cocok untuk mendalami tata bahasa (nahwu dan sharaf) karena menyediakan video berdurasi panjang dengan penjelasan mendetail. Instagram, di sisi lain, menawarkan konten visual ringan seperti reels atau story yang menarik untuk belajar percakapan sehari-hari dan memperluas wawasan budaya. Namun, pembelajaran melalui media sosial juga dihadapkan pada sejumlah tantangan, seperti keterbatasan kuota internet, gangguan dari konten hiburan yang tidak relevan, serta minimnya konten berbahasa Arab dengan terjemahan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media sosial memiliki potensi besar sebagai alat pembelajaran bahasa Arab yang fleksibel dan kreatif. Untuk memaksimalkan potensi ini, diperlukan konten yang lebih terstruktur dan relevan, serta dukungan dari institusi pendidikan dalam mengintegrasikan media sosial ke dalam metode pembelajaran resmi. Penelitian ini memberikan wawasan baru tentang inovasi pembelajaran bahasa Arab di era digital dan dapat menjadi dasar bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih interaktif, inklusif, dan sesuai dengan kebutuhan generasi muda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Rafi’i, Mushthafa Shadiq. 2023. “Pengaruh Media Sosial YouTube Terhadap Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab : Studi Literature Review.” Al Ghazali 6(2):47–54.

Anisyah, Novi, dan Faisal Hendra. 2023. “METODE PEMBELAJARAN AUDIOLINGUAL DENGAN PODCAST UNTUK MENINGKATKAN KEMAHIRAN MENYIMAK (MAHARAT AL-ISTIMA’) PADA MAHASISWA.” Berajah Journal 3(3):573–82.

AZIZ, ABDUL. t.t. “PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ERA DIGITAL: PROBLEMATIKA DAN SOLUSI DALAM PENGEMBANGAN MEDIA.”

Baharuddin, Baharuddin, dan Hatta Hatta. 2024. “TRANSFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN: INTEGRASI TEKNOLOGI DAN INOVASI DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN.” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) 7(3):7355–7544.

Bangsawan, M. Irwan P. Ratu. 2024. Minat Baca di Era Digital. Pustaka Adhikara Mediatama.

Jenita, Jenita, Anugerah Tatema Harefa, Ela Pebriani, Hanafiah Hanafiah, Bernardus Agus Rukiyanto, dan Fatmawati Sabur. 2023. “Pemanfaatan Teknologi Dalam Menunjang Pembelajaran: Pelatihan Interaktif Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan.” Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4(6):13121–29.

Maddalena, Sofia. 2023. “Digital 2023.” We Are Social Indonesia. Diambil 20 November 2024 (https://wearesocial.com/id/blog/2023/01/digital-2023/).

Mahmudah, Mahmudah, dan Nurhapsari Pradnya Paramita. 2023. “Transformasi Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang Dalam Pendidikan.” Prosiding Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab 14(1):841–58.

Mannan, Abd, S. Pd Gustiar, Resyi A. Gani, S. Kom, Agus Purnomo, Irwan Abbas, S. Pd Fudial, S. Ag Fitriyah, Imelda Oliva Wissang, dan Maria Kanusta. 2023. Pendidikan Literasi. Selat Media.

MHI, Dr Hj Nurul Hanani, dan Dr Limas Dodi M.Hum. (Editor). 2020. PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KONTEMPORER: Konstruksi Metodologis Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Komunikatif - Sosiolinguistik. CV Cendekia Press.

Nurdaiah, Bunga Dwiyanti Lestari, Hafzh Lazuardi Darmawan, Salman Alfarisy, Lely Siti Laelatul Fajriyah, Azalya Ayunda Lestari, Ajeng Tri Rahayu, Yogi Zen Zakiyatudz Dzihni, Nazwa Maulida Sopandi, Winda Marbun, Syifa Unisa. t.t. Komunikasi Multimedia Dalam Kehidupan. Penerbit Adab.

Buku

Purwati, Panca Dewi, Astrid Azzahra, Sila Karisma Bestari, Nova Laurina Ramadhani, Danun Reyhan Ardiansyah, Dinda Syavira Maharani, Nugroho Adi Saputro, Riangga Maharani, Kirana Primandini, dan Shafa Setya Rizky. 2024. Desain Pembelajaran Inovatif Dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Cahya Ghani Recovery.

Putro, Adi Nugroho Susanto, Muhammad Wajdi, Siyono Siyono, Aditya Noor Cahya Perdana, Saptono Saptono, Diana Yanni Ariswati Fallo, Anis Umi Khoirotunnisa, KMAyT Wiwin Agustina Ningtyas, Ferdinand Salomo Leuwol, dan Simon Batu Pationa. 2023. “Revolusi Belajar di Era Digital.” Penerbit PT Kodogu Trainer Indonesia.

Rozie, Fachrur, dan Ahmad Sudi Pratikno. 2023. MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Rena Cipta Mandiri.

Sulaiman, Edy. 2023. “Membumikan Bahasa Arab Sejak Dini (Analisis Kesulitan Dan Tantangan Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Pemula).” Edu Journal Innovation in Learning and Education 1(2):142–51. doi: 10.55352/edu.v1i2.761.

Susanti, Aria Indah. 2024. “Dampak Positif dan Negatif Digitalisasi Pendidikan.”

Suyuti, Achmad Wildan, Giyoto Giyoto, dan Imam Makruf. 2022. “Manajemen E-learning Pondok pesantren Al-Ukhuwah Sukoharjo Pada Masa Pandemi.”

Thohir, Muhammad, Chananak Nabila Melinia, Hidayatus Sholihah, dan Maharotun Nubaha. 2021. Metode pembelajaran bahasa Arab. Sidoarjo: Kanzum Books.

Downloads

Published

2024-12-23