PENERAPAN MEDIA SMART BOX PADA PEMBELAJARAN PKN DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN SIDOTOPO WETAN 1/255 SURABAYA

Authors

  • Richa Alfina Maulidiya PGSD FKIP Universitas Trunojoyo Madura
  • Widya Trio Pangestu PGSD FKIP Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20720

Keywords:

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Smart Box, Sekolah Dasar

Abstract

Media pembelajaran adalah komponen yang bisa dikatakan sebagai jembatan pada saat penyampaian materi. Untuk melakukan kegiatan belajar mengajar guru memerlukan media pembelajaran. Media pembelajaran diperlukan sebagai alat bantu bagi guru untuk memudahkan mereka dalam mengkomunikasikan materi pembelajaran kepada siswa. Media pembelajaran smart box dapat membantu guru dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini menerapkan media pembelajaran smart box pada siswa kelas III SDN Sidotopo Wetan 1/255 Surabaya. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode eksperimen dan desain penelitian Pre-Eksperimental (Non-design) dengan alur penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Hasil belajar dalam penelitian ini diperoleh siswa kelas III sebelum dan sesudah diterapkannya media pembelajaran smart box. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas III SDN Sidotopo Wetan 1/255 menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest lebih tinggi dibandingkan dengan pretest. Rata-rata nilai pretest 50,3 dan nilai rata-rata posttest 79,1, sehingga dapat dikatakan ada peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan media pembelajaran smart box pada siswa kelas III SDN Sidotopo Wetan 1/255.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adolph, R. (2016). Implementasi Implementasi Pembelajaran PKn untuk Membentuk Pribadi yang Berkarakter di SD Muhammadiyah Sampit. 14(1), 1–23.

Aminah, S., & Yusnaldi, E. (2024). Pengembangan Media Smart box Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Kependidikan, 13(3), 3077–3086.

Dewi, D. A., Hidayat, N. A. S. N., Septian, R. N., Apriliani, S. L., & Purnamasari, Y. F. (2021). Peran Pembelajaran Pkn SD dalam Membentuk Karakter Moral Siswa untuk Mempersiapkan Masa Depan Bangsa. Jurnal Basicedu, 5(6), 5258–5265. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1621

Elisasmita, E., & Desyandri, D. (2023). Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Menggunakan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 731–742.

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1–17.

Fadiyah Andirasdini, I., & Fuadiyah, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Baseed Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi : Literature Review. Biodik, 10(2), 156–161. https://doi.org/10.22437/biodik.v10i2.33827

Kristina Adelina Sitio dkk. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Smart Box Untuk Meningkatkan Minat Belajar PPKN di SMPN 19 Kota Jambi. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 1(2), 226–235.

Lestari, N., Adnan, & Tursinawati. (2014). Kemampuan Membaca Siswa Melalui Penggunaan Media Kartu Kelas Ii Sdn 26 Banda Aceh. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3, 60–65.

Maradika, A. P., Kumalasari, E., Azizah, W. A., Widodo, S. T., & Nurkhikmah, A. (2023). Pengaruh Media Smart Box Dengan Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Kelas Ii Sd Negeri Tugurejo 02 Materi Penerapan Nilai Pancasila. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri , 09, 1–15.

Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060

Nirmayani, L. H. (2021). Pendekatan Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 130–131.

Nurkholis. (2013). PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto. 1(1), 24–44.

Nursari, B. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Media Konkrit Kelas II SDN 6 Baturetno Kecamatan Baturetno Tahun Pelajaran 2019/2020. SHEs: Conference Series, 3(4), 968–973. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Oktavia, J., Zahra, V., Hanifah, N., & Nugraha, R. G. (2024). Penerapan Media Smart Box untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Kelas IV SD Materi Hak dan Kewajiban. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 545–554. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/425/293

Pangesti, F. A., Kurniawan, R. P., & Rulviana, V. (2024). Penerapan Media Smart Box untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. 5.

Parawangsa, E., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Hakikat Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar (SD). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8050–8054.

Prihatmojo, A. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Kartu Bergambar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri 4 Tanjung Aman. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 89–100. https://doi.org/10.52217/pedagogia.v1i1.409

Rahayuningsih, S. S., Soesilo, T. D., & Kurniawan, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Dengan Media Kotak Pintar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 11–18. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p11-18

Sari, R., & Najicha, F. U. (2022). Memahami Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Dasar Negara Dalam Kehidupan Masyarakat. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 7(1), 53–58. https://doi.org/10.15294/harmony.v7i1.56445

Susanti, Y. (2020). Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Media Berhitung di Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(3), 435–448. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Warsita, B. (2019). Gambar Macam Media Pembelajaran. Media Pembelajaran, 4–42. https://eprints.uny.ac.id/9432/12/12 BAB II-08503247004.pdf

Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Perspektif: Jurnal Ilmu Administrasi. 3(2), 96–102.

Downloads

Published

2024-12-31