EFEKTIVITAS PENDEKATAN CRT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PENGURANGAN KELAS I
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20704Keywords:
CRT, PBL, Learning OutcomesAbstract
Pembelajaran tidak hanya melibatkan konten, tetapi juga melibatkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, inovatif dan kemampuan memecahan masalah. Dalam merancang pembelajaran seorang guru perlu menentukan model untuk membantu pembelajaran, tersedia beragam model yang tersedia salah satunya Problem Based Learning (PBL). Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) mampu membantu peserta didik untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis maupun pemecahan masalah. Dalam rancangan pembelajaran model sangat diperlukan akan tetapi juga terdapat komponen pendekatan salah satunya Culturally Responsive Teaching (CRT) yaitu pendekatan pembelajaran yang terintegrasi sosial – budaya dalam suatu proses pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan di SDN Tambakrejo 01 menyatakan bahwa proses pembelajaran yang digunakan sudah berpusat pada peserta didik. Akan tetapi pada penerapan pendekatan pembelajaran di kelas I belum secara maksimal menerapkan pembelajaran yang mengintegrasikan sosial-budaya. Maka dari itu peneliti ingin menguji keefektifan pendekatan CRT dengan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar pada materi pengurangan. Penelitian dilakukan dengan metode kombinasi penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan sampel sebanyak 23 peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan CRT dengan model Problem Based Learning (PBL) efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik materi pengurangan kelas I dengan persentase 89%.Downloads
References
Agnafia, D. N. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI. 6(1), 45–53.
Albina, M., Safi’i, A., Gunawan, M. A., Wibowo, M. T., Sitepu, N. A. S., & Ardiyanti, R. (2022). Model Pembelajaran Di Abad Ke 21. Warta Dharmawangsa, 16(4), 939–955. https://doi.org/10.46576/wdw.v16i4.2446
Dulyapit, A., Supriatna, Y., & Sumirat, F. (2023). Application of the Problem Based Learning ( PBL ) Model to Improve Student. 1(1), 31–37.
Enjelina, F. R., Damayanti, R., & Dwiyanto, M. (2024). Penggunaan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT)untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD mempengaruhi hasil belajar siswa. Edutama : Jurnal Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 39–51. https://ejournal.rizaniamedia.com/index.php/edutama
Heryanti, Y. Y., Tatang Muhtar, & Yusuf Tri Herlambang. (2023). Makna Dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Relevansinya Bagi Perkembangan Siswa di sekolah Dasar : Telaah Kritis Dalam Tinjauan Pedagogis. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1270–1280. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6118
Inayatun, F. S., Dewi, R. P., Prakoso, J., Mrican, P., Dasar, S., Babarsari, N., & Babarsari, J. (2024). Peningkatan hasil belajar luas bangun datar siswa kelas IV SDN Babarsari menggunakan problem based learning. 07(01), 113–119.
Indrawan, D., & Jalilah, S. R. (2021). Metode Kombinasi / Campuran Bentuk Integrasi Dalam Penelitian. 4(3), 735–739.
Justan, R., & Aziz, A. (2024). Penelitian Kombinasi ( Mixed Methods ). 3(2), 253–263.
Lusida, I. A., Pratiwi, D. E., & Novayanti, N. D. (2024). Implementasi Pendekatan Culturally Responsive Teaching Materi Masa Sebelum Uang Ditemukan pada Peserta Didik Kelas IV SDN Pakis V Surabaya. 4, 174–180.
Pertiwi, F. A., Luayyin, R. H., & Arifin, M. (2023). Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis: Meta Analisis. JSE: Jurnal Sharia Economica, 2(1), 42–49. https://doi.org/10.46773/jse.v2i1.559
Satriaman, K. T., Pujani, N. M., & Sarini, P. (2019). Implementasi Pendekatan Student Centered Learning Dalam Pembelajaran Ipa Dan Relevansinya Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Smp Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 1(1), 12. https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i1.21912
Shafanissa Aulia Putri, Dwi Heryanto, M. A. U. S. (2024). Cendikia Cendikia. 2(10), 874–886.
Siregar, L. K., Mayuni, I., & Rahmawati, Y. (2024). Culturally responsive English teaching : Developing a model for primary school EFL teachers in Indonesia Culturally responsive English teaching : Developing a model for primary school EFL teachers in Indonesia. March.
Susilowatiningsih, Wijayanti, A., & Sulianto, J. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA WORDWALL DI KELAS III SDN WONOTINGAL. 09.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.