PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FILM ANIMASI TERHADAP PERKEMBANGAN AGAMA DAN MORAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AT-TAQWA 1 MUARA JAYA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20643Keywords:
Animated Film, Development of Moral Religion, pgpaudAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh media pembelajaran berbasis film animasi terhadap perkembangan agama dan moral anak usia 5-6 tahun di RA At-Taqwa 1 Muara Jaya. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimental, melibatkan dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan film animasi sebagai media pembelajaran dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Sampel penelitian terdiri dari 30 anak yang diambil dengan teknik total sampling. Data dikumpulkan melalui observasi dan pengukuran menggunakan lembar observasi yang telah divalidasi. Pretest dilakukan sebelum perlakuan untuk mengetahui kondisi awal perkembangan anak, diikuti dengan perlakuan selama 4 minggu, dan diakhiri dengan posttest untuk mengukur perubahan yang terjadi. Analisis data dilakukan menggunakan Independent Sample T Test untuk menguji perbedaan antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dengan p-value sebesar 0,001. Rata-rata skor posttest kelompok eksperimen mencapai 85, sedangkan kelompok kontrol hanya 70. Temuan ini mengindikasikan bahwa media pembelajaran berbasis film animasi efektif dalam meningkatkan perkembangan agama dan moral anak.Downloads
References
Ajeng, A. P. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Film Animasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas Iv Sekolah Dasar.
Ashadi, F. (2016). Pengembangan Sumberdaya Manusia Dalam Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pembelajaran Fisika.
Asmawati, L. (2020, November). Peran Orangtua Dalam Penggunaan Film Animasi Islami Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP .
Baehaki. (2023). Faktor Penghambat Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. Conference Of Elementary Studies.
Bayoe, Y. V., Kouwagam, M. L., & Tanyit, P. (2019). Metode Pembelajaran Melalui Film Superbook Dan Minat Belajar Firman Tuhan Pada Anak Usia 6-8 Tahun. Jurnal Jaffray,.
Dadan Suryana, Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi Dan Aspek Perkembangan Anak (Jakarta: Prenadamedia Group, 2018.
Demillah, Airani. (2019). Peran Film Animasi Nussa dan Rara Dalam Meningkatkan Pemahaman Tentang Ajaran Islam Pada Pelajar SD. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi.
Priyatno, D. (2023). Olah data sendiri analisis regresi linier dengan SPSS dan analisis regresi data panel dengan Eviews. Penerbit Andi.
Dini, J. P. A. U. (2022). Identifikasi nilai agama islam pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Ghalda, S. A. (2023). Penerapan Film Animasi Dalam Meningkatkan Sopan Santun Anak Usia Dini di TK Permata Hati Kecamatan Ngluwar. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Ghina, M. A. (2021). Analisis Kurikulum Paud Terhadap Indikator Perkembangan Agama Dan Moral Anak Usia Dini. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini.
Hidayati, I. D., & Aslam, A. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Quizizz Secara Daring Terhadap Perkembangan Kognitif Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran
Hafidhoh, H., Hibana, & Surahman, S. (2021). Nilai-Nilai Agama Dan Moral Untuk Anak Usia Dini Yang Terkandung Dalam Film Animasi Nusa Dan Rara. Japra Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal.
Hasanah, U., & Nulhakim, L. (2015). Pengembangan media pembelajaran film animasi sebagai media pembelajaran konsep fotosintesis. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA.
Hasni, U., Amanda, R. S., Rosyadi, A. F., Harianja, S. I., & Utami, W. S. (2023). Pendampingan Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Learning Apps untuk Mengoptimalkan Keterampilan Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Anak Usia Dini di Era Digital. Jurnal Pengabdian Multi disiplin.
Jannah, M. (2022). Pengaruh Film Animasi Syamil Dan Dodo Terhadap Perkembangan Agama Dan Moral Anak Di TK Bundo Kandung Rambatan Jorong Rambatan Nagari Rambatan Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar.
Karhe, M. F. (2020). Penggunaan Media Film Animasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Gaya Pada Siswa Kelas IV SDI Watujara. Ekspektasi: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Khaironi, Mulianah. (2017). “Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini”, Jurnal Golden Age.
Latifah, A. (2020). Peran Lingkungan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. (Japra) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (Japra).
Mahmud, A., Musi, M. A., & Bachtiar, M. Y. (2023). Pengaruh Film Nussa dan Rara sebagai Media Pendidikan dalam Menanamkan Aspek Nilai Agama dan Moral Pada Anak Usia Dini di RA Raodhatul Jannah. Jurnal Pendidikan Tambusai.
Mahmud, A. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Film Animasi Nussa Dan Rara Dalam Mengembangkan Aspek Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini Di Ra Raodhatul Jannah.
Maharini, S. (2018). Hubungan Doa Harian Agama Islam dengan Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia 5-6 Tahun di Gugus PAUD V Kecamatan Godean. Pendidikan Guru PAUD S-1.
Margono.S, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2005. Rismaningsih, dkk, Fisika Dasar Mekanika. Media Sains Indonesia, 2021.
Maula, I., & Parapat, A. (2018). Menumbuhkan Karakter Religius Pada Anak Usia Dini Melalui Kisah Nabi Ayyub As. In Annual Conference On Islamic Early Childhood Education (Aciece).
Mukhlishoh, M., & Khisbiyah, I. (2015). Pengaruh Media Film Animasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA (Studi Penelitian di MI AN-NUR Kota Cirebon). Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI,
Masturoh, I., & Anggita, N. (2018). Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan.
Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher).
Nurjanah, S. (2018). Perkembangan Nilai Agama Dan Moral (Sttpa Tercapai). Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam.
Novitawati dan Nina Permatasari. 2022. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Ahlimedia Press, Malang.
Pamungkas, W. A. D., & Koeswanti, H. D. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru.``
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.