DESAIN AKTIVITAS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) LITERASI MATEMATIKA UNTUK ANAK KELAS TINGGI DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20633Keywords:
Model Project Based Learning, Pembelajaran MatematikaAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning pada pembelajaran Matematika kelas V di SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tahapan, pertama reduksi data, kedua penyajian data, ketiga menarik kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model project based learning pada pembelajaran Matematika di SD Dilaksanakan dengan menggunakan dua tahap yaitu : (1) tahap persiapan, (2) tahap pelaksanaan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam pengimplementasian model project based learning pada pembelajaran Matematika kelas V Sekolah Dasar merupakan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru, sehingga menciptakan pembelajaran yang menarik dalam pembelajaran.Downloads
References
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis penggunaan model pembelajaran project based learning dalam peningkatan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292- 299.
Cindy. (2022). Implementasi Model Project Based Learning Pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar Di SD N 34/I Teratai. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4, (3), 291.
Fatmawati, K (2020). Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu terhadap Berfikir Kritis Siswa di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2),1619-1633.
Farihatun, S. M., & Rusdarti, R. (2019). Keefektifan pembelajaran project based learning (PJBL) terhadap peningkatan kreativitas dan hasil belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 635-651.
Oktaviyanti, I., & Novitasari, S. (2019). Analisis Penerapan Problem Based Learning pada Mata Kuliah Pendidikan IPS. Musamus Journal of Primary Education, 2(1), 50-58.
Prayogi, S., & Asy’ari, M. (2020). Implementasi model PBL (Problem Based Learning) untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 1(1), 80-88.
Rohana & Wahyudin. (2021). Project Based Learning Untuk MeningkatkanBerfikir Kreativiras SD Pada Mteri Makanan dan Kesehatan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(3), 235-243.
Iswantari, I. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Paedagogy, 8(4), 490- 496.
Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) upaya peningkatan kreativitas mahasiswa. Jurnal Varidika, 30(1), 79-83.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.