DESAIN AKTIVITAS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) LITERASI MATEMATIKA UNTUK ANAK KELAS TINGGI DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20633Keywords:
Model Project Based Learning, Pembelajaran MatematikaAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model
Project Based Learning pada pembelajaran Matematika kelas V di SD. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber
data pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD.Teknik pengumpulan data
pada penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh
dianalisis dengan tahapan, pertama reduksi data, kedua penyajian data, ketiga
menarik kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
penerapan model project based learning pada pembelajaran Matematika di SD
Dilaksanakan dengan menggunakan dua tahap yaitu : (1) tahap persiapan, (2)
tahap pelaksanaan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam
pengimplementasian model project based learning pada pembelajaran Matematika
kelas V Sekolah Dasar merupakan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru,
sehingga menciptakan pembelajaran yang menarik dalam pembelajaran.
Downloads
References
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis penggunaan model pembelajaran project based learning dalam peningkatan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292- 299.
Cindy. (2022). Implementasi Model Project Based Learning Pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar Di SD N 34/I Teratai. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4, (3), 291.
Fatmawati, K (2020). Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu terhadap Berfikir Kritis Siswa di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2),1619-1633.
Farihatun, S. M., & Rusdarti, R. (2019). Keefektifan pembelajaran project based learning (PJBL) terhadap peningkatan kreativitas dan hasil belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 635-651.
Oktaviyanti, I., & Novitasari, S. (2019). Analisis Penerapan Problem Based Learning pada Mata Kuliah Pendidikan IPS. Musamus Journal of Primary Education, 2(1), 50-58.
Prayogi, S., & Asy’ari, M. (2020). Implementasi model PBL (Problem Based Learning) untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 1(1), 80-88.
Rohana & Wahyudin. (2021). Project Based Learning Untuk MeningkatkanBerfikir Kreativiras SD Pada Mteri Makanan dan Kesehatan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(3), 235-243.
Iswantari, I. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Paedagogy, 8(4), 490- 496.
Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) upaya peningkatan kreativitas mahasiswa. Jurnal Varidika, 30(1), 79-83.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.