PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS BERBASIS KEARIFAN LOKAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN DI SMAS MA’HAD MUHAMMAD SAMAN
Keywords:
Leadership, Local Wisdom, Decision MakingAbstract
Penelitian ini menyoroti pentingnya memahami peran kearifan lokal dalam praktik kepemimpinan di lingkungan pendidikan. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengeksplorasi pengaruh gaya kepemimpinan demokratis yang didasarkan pada kearifan lokal kepala sekolah terhadap pengambilan keputusan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Mahad Muhammad Saman. Penelitian ini menggunakanpendekatan deskriptif kuantitatif, metode wawancara dengan sampel Guru dan Staff, serta observasi langsung terhadap proses pengambilan keputusan di SMAS Ma’had Muhammad Saman. Temuan dari penelitian ini adalah Dalam budaya Minangkabau, terdapat dua gaya kepemimpinan yang berbeda: The Royal Family System (Sistem Keluarga Penguasa Kerajaan/Bangsawan) dan The Commoners (Rakyat Biasa). Kedua sistem ini memainkan peran penting dalam struktur sosial dan politik suku Minangkabau, Kepala Sekolah dominan memiliki gaya kepemimpinan The Commoners (rakyat biasa) dimana kepala sekolah selalu melibatkan semua stakeholder dalam memimpin dan mengambil keputusan di sekolah. Terdapat pengaruh signifikan antara pengaruh gaya kepemimpinan demokratis berbasis kearifan lokal dalam hal ini The Commoners terhadap pengambilan keputusan di sekolah, sehingga keputusan yang diambil membawa perubahan yang positif bagi sekolah.Downloads
References
Abd Hamid, S. R., Syed Hassan, S., & Ismail, N. A. (2012). Teaching Quality and Performance Among Experienced Teachers in Malaysia. Australian Journal of Teacher Education, 37(11). https://doi.org/10.14221/ajte.2012v37n11.2
Abdullah, M. (2019). School Culture to Serve Performance of Madrasah in Indonesia. QIJIS (Qudus International Journal of Islamic Studies), 7(1), 71. https://doi.org/10.21043/qijis.v7i1.4809
Al-Kiyumi, A., & Hammad, W. (2020). Preparing Instructional Supervisors for Educational Change: Empirical Evidence From the Sultanate of Oman. SAGE Open, 10(2), 2158244020935905. https://doi.org/10.1177/2158244020935905
Arifin, H. M. (2006). Ilmu pendidikan Islam: Suatu tinjauan teoritis dan praktis berdasarkan pendekatan interdisipliner. Bumi Aksara.
Asyari, S. (2020). Supervisi Kepala Madrasah Berbasis Penilaian Kinerja sebagai Upaya Peningkatan Profesionalitas Guru. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 1(2), 149–163. https://doi.org/10.35719/jieman.v1i2.14
Bahasa, Pendidikan, and Universitas Negeri Medan, ‘Jurnal Basicedu’, 6.3 (2022), 3364–72
Sanita, M., & , M. Joharis Lubis, D. (2022). Jurnal basicedu. 6(3), 3812–3820.
Bashori, B. (2017). Modernisasi Lembaga Pendidikan Pesantren Perspektif Azyumardi Azra. Nadwa, 11(2), 269. https://doi.org/10.21580/nw.2017.11.2.1881
Daradjat, Z. (1992). Ilmu pendidikan Islam. Diterbitkan atas kerjasama Penerbit Bumi Aksara, Jakarta dengan Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, Departemen Agama.
Darmadi, H. (2016). Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 161–174. https://doi.org/10.31571/edukasi.v13i2.113
Fitriani, M. I., & Hakim, M. V. F. (2021). Principal Leadership Patterns in Collaborating With School Committee. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 194–205. https://doi.org/10.31538/ndh.v6i1.1384
Fr, A. F., Roesminingsih, E., & Sumbawati, M. S. (2021). The Leadership of School Principal in The Education Era 4.0. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 244–250. https://doi.org/10.31538/ndh.v6i2.1413
Hamzah B, U. (2007). Profesi kependidikan: Problema, solusi, dan reformasi pendidikan di Indonesia (Cet. 1). Bumi Aksara.
Sanita, M., & , M. Joharis Lubis, D. (2022). Jurnal basicedu. 6(3), 3812–3820.
Hasibuan, J. J. (1988). Proses belajar mengajar: Ketrampilan dasar pengajaran mikro. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Ismail, S., Zahrudin, M., Ruswandi, U., & Erihadiana, E. (2020). The Competence of Millennial Islamic Education Teachers in Facing The Challenges of Industrial Revolution. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(3), 389–405. https://doi.org/10.31538/nzh.v3i3.823
Jamal Ma`mur, A. (2012). Tips Efektif Supervisi Pendidikan Sekolah. DIVA Press.
Kartiko, A., & Azzukhrufi, jaya R. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pendidik Di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Mazro’atul Ulum Paciran. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 207–226. https://doi.org/10.31538/ndh.v4i2.351
Ma`arif, M. A., & Rofiq, M. H. (2018). The Role of Islamic Education Teachers in Improving the Character of Nationalism in Boarding School. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 064–078. https://doi.org/10.5281/edukasi.v6i1.323
Mahmudi, M. (2013). Manajemen kinerja sektor publik. UPP STI YKPN.
Marimba, A. D. (1987). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. P.T. Alma’arif.
Munir, A. (2008). Menjadi Kepala Sekolah Efektif. Ar-Ruz Media.
Nilda, N., Hifza, H., & Ubabuddin, U. (2020). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 12–18. https://jurnal.staidagresik.ac.id/index.php/attadrib/article/view/160
Nurjannah, E., Kuswarno, E., Mudrikah, A., & Kosasih, U. (2021). Teacher Performance Management in Improving Islamic Religious Education (IRE) Lesson Learning. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 400–412. https://doi.org/10.31538/ndh.v6i2.1312
Purwanto, M. N. (1987). Administrasi dan supervisi pendidikan. Remadja Karya.
Sahertian, P. A. (2000). Konsep dasar & teknik supervisi pendidikan: Dalam rangka pengembangan sumber daya manusia. Penerbit Rineka Cipta.
Sanita, M., & , M. Joharis Lubis, D. (2022). Jurnal basicedu. 6(3), 3812–3820.
Siregar, Wahyuni, and M Joharis Lubis, ‘Jurnal Basicedu’, 6.3 (2022), 3867–74
Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Promosi: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 3(1). https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.144
Susanto, A. (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru Konsep, Strategi, dan Implementasinya. Prenada Media.
WJS, P. (1984). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.