ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KURIKULUM NASIONAL : KETERKAITANNYA DENGAN KEADILAN SOSIAL DI INDONESIA

Authors

  • Pebru Alim Tufando UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20480

Keywords:

Pendidikan Karakter, Kurikulum Nasional,Keadilan Sosial

Abstract

Pendidikan karakter dalam kurikulum nasional memiliki peran sentral dalam pembentukan generasi yang berintegritas dan bertanggung jawab secara sosial. Artikel ini bertujuan menganalisis keterkaitan pendidikan karakter dengan keadilan sosial di Indonesia, mengingat semakin luasnya kesenjangan sosial di masyarakat. Berdasarkan tinjauan literatur terbaru dan data empiris, penelitian ini mengeksplorasi sejauh mana pendidikan karakter diimplementasikan melalui Kurikulum Merdeka dan dampaknya terhadap tercapainya kesetaraan sosial di seluruh wilayah Indonesia. Data dikumpulkan melalui studi pustaka, serta analisis kebijakan kurikulum dan kajian empirik yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter dalam Kurikulum Merdeka mampu memberikan dampak positif terhadap nilai-nilai kesetaraan, namun mengalami kendala dalam penerapan akibat perbedaan kualitas dan akses pendidikan di daerah perkotaan dan pedesaan. Implikasi studi ini mengarah pada rekomendasi untuk pembuat kebijakan dalam mengembangkan kurikulum yang lebih kontekstual dan adil di setiap daerah. Artikel ini menawarkan perspektif baru tentang pentingnya pendidikan karakter dalam mendukung keadilan sosial di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alifah, Nur. 2024. “Penyediaan Pendidikan Inklusif Sekolah Dasar Prespektif Kesetaraan Nilai Utilitarianisme John Stuart Mill.” Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara 1(4):5247–57.

Anis Zohriah, Hikmatul Fauzjiah, Adnan, Muhammad shofwan Mawally Nafis Badri. 2023. “Pendidikan Agama Islam Dalam Kurikulum Nasional.” Jurnal Dirosah Islamiyah Volume 5:704–13. doi: 10.17467/jdi.v4i2.898.

Barrett, Peter, Alberto Treves, Tigran Shmis, Diego Ambasz, and Maria Ustinova. 2019. The Impact of School Infrastructure on Learning.

Bustan, Radhiya, and Alfikalia. 2019. “Implementation of Character Education in Secondary Education Level in Indonesia.” Proceedings of ISER-ACN International Conference, Singapore 15–21.

Dian Fitra. 2023. “Kurikulum Merdeka Dalam Pendidikan Modern.” Jurnal Inovasi Edukasi 6(2):149–56. doi: 10.35141/jie.v6i2.953.

Febrianshari, Deddy, and Dyah Worowirastri Ekowati. 2018. “Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembuatan Dompet Punch Zaman Now.” Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) 6(1):88. doi: 10.22219/jp2sd.v6i1.5907.

Idris. 2022. “PENDIDIKAN KEADILAN SOSIAL PERSPEKTIF AL-QUR‘AN.” Institut PTIQ Jakarta.

Iskandar, Akbar, Widia Winata, Farid Haluti, Muqarramah Sulaiman Kurdi, Putra Hendra S. Sitompul, Musyarrafah Sulaiman Kurdi, Sri Nurhayati, Mila Hasanah, and Ma’rifani Fitri Arisa. 2023. PERAN TEKNOLOGI DALAM DUNIA PENDIDIKAN. Vol. 11.

Kusuma, Jaka Wijaya, Hamidah Hamidah, Umalihayati Umalihayati, and Puput Puspito Rini. 2024. “Mengurai Benang Kusut Kebijakan Pendidikan Indonesia: Sebuah Literature Review Analitik.” Jurnal Ilmiah Global Education 5(2):1810–26. doi: 10.55681/jige.v5i2.2772.

Mahdiansyah, Sukirno, Wahyudi. 2024. “MENGULAS FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT KEBERHASILAN PENGUATAN KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH 3T.” Journal Genta Mulia 15(01):1–23.

Munawarsyah, Muzawir, and Hujjatul Fakhrurridha. 2024. “Character Education for Teenagers in the Era of Society 5 . 0 Thomas Lickona ’ s Perspective.” 5:127–38. doi: 10.62775/edukasia.v5i2.984.

Ratnasari, Dwi Handayani, and Nursiwi Nugraheni. 2024. “Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dalam Mewujudkan Program Sustainable Development Goals (Sdgs).” Jurnal Citra Pendidikan 4(2):1652–65. doi: 10.38048/jcp.v4i2.3622.

Rezzahati, Ni Putu, and I. Made Luwih. 2021. “Pentingnya Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Sebagai Implementasi Pembangunan Generasi Bangsa.” Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora 04(03):938–55.

Sumiyaty, Sarry, Silvia Dwi Prastiwi, Sisi Yuliana, and Wahyuning Tri Mardiyanti. 2023. “Komparasi Sistem Pendidikan Indonesia Dengan Negara-Negara OECD.” Journal of Contemporary Issue in Elementary Education 1(2):140–56. doi: 10.33830/jciee.v1i2.7256.

Syahrir, Syahrir, Pujiriyanto Pujiriyanto, Musdalifa Musdalifa, and Sakinah Fitri. 2024. “The Implementation of Merdeka Curriculum to Realize Indonesia Golden Generation: A Systematic Literature Review.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 16(2):1434–50. doi: 10.35445/alishlah.v16i2.4872.

Wahyudin, Dinn, Edy Subkhan, Abdul Malik, Moh. Abdul Hakim, Elih Sudiapermana, Maisura LeliAlhapip, Lukman Solihin Nur Rofika Ayu Shinta Amalia, Nur Berlian Venus Ali, and Fransisca Nur’aini Krisna. 2024. “Kajian Akademik Kurikulum Merdeka.” Kemendikbud 1–143.

Yuliani, Adit, Bunyamin Maftuh, Atep Sujana, Rahma Hayati, and Universitas Pendidikan Indonesia. 2024. “Jurnal Cakrawala Pendas THE IMPLEMENTATION CHALLENGES OF CHARACTER.” 10(2):238–54.

Alifah, Nur. 2024. “Penyediaan Pendidikan Inklusif Sekolah Dasar Prespektif Kesetaraan Nilai Utilitarianisme John Stuart Mill.” Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara 1(4):5247–57.

Anis Zohriah, Hikmatul Fauzjiah, Adnan, Muhammad shofwan Mawally Nafis Badri. 2023. “Pendidikan Agama Islam Dalam Kurikulum Nasional.” Jurnal Dirosah Islamiyah Volume 5:704–13. doi: 10.17467/jdi.v4i2.898.

Barrett, Peter, Alberto Treves, Tigran Shmis, Diego Ambasz, and Maria Ustinova. 2019. The Impact of School Infrastructure on Learning.

Bustan, Radhiya, and Alfikalia. 2019. “Implementation of Character Education in Secondary Education Level in Indonesia.” Proceedings of ISER-ACN International Conference, Singapore 15–21.

Dian Fitra. 2023. “Kurikulum Merdeka Dalam Pendidikan Modern.” Jurnal Inovasi Edukasi 6(2):149–56. doi: 10.35141/jie.v6i2.953.

Febrianshari, Deddy, and Dyah Worowirastri Ekowati. 2018. “Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembuatan Dompet Punch Zaman Now.” Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) 6(1):88. doi: 10.22219/jp2sd.v6i1.5907.

Idris. 2022. “PENDIDIKAN KEADILAN SOSIAL PERSPEKTIF AL-QUR‘AN.” Institut PTIQ Jakarta.

Iskandar, Akbar, Widia Winata, Farid Haluti, Muqarramah Sulaiman Kurdi, Putra Hendra S. Sitompul, Musyarrafah Sulaiman Kurdi, Sri Nurhayati, Mila Hasanah, and Ma’rifani Fitri Arisa. 2023. PERAN TEKNOLOGI DALAM DUNIA PENDIDIKAN. Vol. 11.

Kusuma, Jaka Wijaya, Hamidah Hamidah, Umalihayati Umalihayati, and Puput Puspito Rini. 2024. “Mengurai Benang Kusut Kebijakan Pendidikan Indonesia: Sebuah Literature Review Analitik.” Jurnal Ilmiah Global Education 5(2):1810–26. doi: 10.55681/jige.v5i2.2772.

Mahdiansyah, Sukirno, Wahyudi. 2024. “MENGULAS FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT KEBERHASILAN PENGUATAN KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH 3T.” Journal Genta Mulia 15(01):1–23.

Munawarsyah, Muzawir, and Hujjatul Fakhrurridha. 2024. “Character Education for Teenagers in the Era of Society 5 . 0 Thomas Lickona ’ s Perspective.” 5:127–38. doi: 10.62775/edukasia.v5i2.984.

Ratnasari, Dwi Handayani, and Nursiwi Nugraheni. 2024. “Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dalam Mewujudkan Program Sustainable Development Goals (Sdgs).” Jurnal Citra Pendidikan 4(2):1652–65. doi: 10.38048/jcp.v4i2.3622.

Rezzahati, Ni Putu, and I. Made Luwih. 2021. “Pentingnya Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Sebagai Implementasi Pembangunan Generasi Bangsa.” Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora 04(03):938–55.

Sumiyaty, Sarry, Silvia Dwi Prastiwi, Sisi Yuliana, and Wahyuning Tri Mardiyanti. 2023. “Komparasi Sistem Pendidikan Indonesia Dengan Negara-Negara OECD.” Journal of Contemporary Issue in Elementary Education 1(2):140–56. doi: 10.33830/jciee.v1i2.7256.

Syahrir, Syahrir, Pujiriyanto Pujiriyanto, Musdalifa Musdalifa, and Sakinah Fitri. 2024. “The Implementation of Merdeka Curriculum to Realize Indonesia Golden Generation: A Systematic Literature Review.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 16(2):1434–50. doi: 10.35445/alishlah.v16i2.4872.

Wahyudin, Dinn, Edy Subkhan, Abdul Malik, Moh. Abdul Hakim, Elih Sudiapermana, Maisura LeliAlhapip, Lukman Solihin Nur Rofika Ayu Shinta Amalia, Nur Berlian Venus Ali, and Fransisca Nur’aini Krisna. 2024. “Kajian Akademik Kurikulum Merdeka.” Kemendikbud 1–143.

Yuliani, Adit, Bunyamin Maftuh, Atep Sujana, Rahma Hayati, and Universitas Pendidikan Indonesia. 2024. “Jurnal Cakrawala Pendas THE IMPLEMENTATION CHALLENGES OF CHARACTER.” 10(2):238–54.

Downloads

Published

2024-12-31