PENERAPAN MEDIA WORDWALL DALAM PEMBELAJARAN KOSA BASA BALI TINGKAT SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ida Ayu Putu Purnami Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Sutama Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20401

Keywords:

Media Pembelajaran, Wordwall, Kosa Basa Bali

Abstract

Pembelajaran bahasa Bali merupakan salah satu mata pelajaran muatan lokal yang wajib dipelajari oleh siswa-siswa di Bali mulai dari jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Namun, proses pembelajaran bahasa Bali sering kali mengalami kendala karena berbagai faktor salah satunya pembelajaran yang masih monoton atau konvensional. Oleh karena itu penelitian ini akan membahas terkait proses pembelajaran bahasa Bali yang menyenangkan dan menarik melalui penerapan media wordwall. Tujuan dari penelitin ini adalah menjelaskan proses penerapan media wordwall dalam pembelajaran kosa basa Bali tingkat sekolah dasar dan mengetahui dampak penerapan media wordwall dalam pembelajaran kosa basa Bali tingkat sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah adalah siswa SD kelas V di SD Negeri 2 Ubung. Objek pada penelitian ini adalah penerapan media wordwall dalam pembelajaran kosa basa Bali. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan tiga langkah dalam menganalisis suatu data, yaitu: (1) reduksi data, (2) penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan penerapan media wordwall dalam pembelajaran kosa basa Bali dilakukan dengan penyiapan materi terlebih dahulu berupa soal yang dibuat dalam media wordwall selanjutnya melakukan permainan dengan siswa secara sistematis berdasarkan aturan yang dibuat. Dampak dari penerapan media wordwall dalam pembelajaran kosa basa Bali meliputi beberapa aspek pendidikan berupa motivasi belajar siswa meningkat, kreatifitas siswa, pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran, dan keaktifas siswa dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andini, Ayu. 2022. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Periodik Unsur. Skripsi: Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Anovika, Lola. 2024. Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV di SD Islam Assalam. Skripsi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Deviyanti, I. 2021. Konsep dan Pengembangan Pembelajaran Yang Inovatif. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Faizin, Nur dkk. 2024. Penerapan Media Wordwall dalam Pembelajaran Teks Biografi. Jurnal Pembelajaran Bahasa Indonesia. Vol.14, No.2.

Hamzah. 2021.Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.

Hastuti, Tari Pujiantika dkk. 2024. Penerapan Media Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Materi Unsur Intrinsik Kelas V di SDN 1 Bangodua. Jurnal Cendekia Ilmiah. Vol.3, No.5.

Ina Magdalena, A. R. 2020. Pembelajaran Inovatif dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas 1 SD Negeri Pangadegan. Pensa: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 376-392.

Kompas.com. 2013. Bahasa Bali Mata Pelajaran Wajib di Bali. Tersedia pada: https://edukasi.kompas.com/read/2013/05/04/12580716/~Edukasi~News (diakses pada 1 November 2024).

Moleong, Lexy. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rohmatin. 2023. Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall untuk Meningkatkan Kemampuan Vocabulary Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi. Vol.3, No.1.

Suarmini, Ni Kadek dan I Gede Nurjaya. 2023. Pemanfaatan Media Wordwall dalam Pembelajaran Interaktif Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru Vol.6, No.2.

Sugiani, Wini. 2022. Aplikasi Berbasis Wordwall pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Guru Indonesia. Vol.2, No.2.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta,

Turohmah, Fauzia dkk. 2020. Media Pembelajaran Wordwall dalam meningkatkan kemampuan mengingat Kosa Kata bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, Vol. 14, No.1.

Downloads

Published

2024-12-23