PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MIND MAPPING

Authors

  • Weldy Nugroho Detagory Universitas Jember
  • Desy Irsalina Savitri Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Borneo Tarakan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20342

Keywords:

pembelajaran inkuiri terbimbing, mind mapping, berpikir kreatif

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa sekolah dasar melalui penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan bantuan mind mapping dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan empat tahap utama: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Kejawan Grujugan Bondowoso yang berjumlah 24 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui tes dan dokumentasi. Kemampuan berpikir kreatif didefinisikan sebagai kemampuan untuk menghasilkan berbagai kemungkinan jawaban terhadap suatu masalah. Hasil tes menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa. Pada siklus I, 50% siswa telah mencapai kategori di atas cukup kreatif, dan secara klasikal kemampuan berpikir kreatif berada pada kategori cukup kreatif. Pada siklus II, persentase tersebut meningkat menjadi 79,17%, dengan kategori klasikal yang mencapai tingkat kreatif. Oleh karena itu, penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan mind mapping terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V SDN Kejawan Grujugan Bondowoso pada pembelajaran IPA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bilgin, I. (2009). The effects of guided inquiry instruction incorporating a cooperative learning approach on university students' achievement of acid and bases concepts and attitude toward guided inquiry instruction. Scientific Research and Essays, 4, 1038-1046.

Detagory, W. N., Hanurawan, F., & Mahanal, S. (2017). Peran Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA di SD. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar 2017 (pp. 926-933).

Jones, B. D., Ruff, C., Snyder, J. D., Petrich, B., & Koonce, C. (2012). The Effects of Mind Mapping Activities on Students’ Motivation. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning, 6, Article No. 5.

https://doi.org/10.20429/ijsotl.2012.060105

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. 2014. The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. Singapore: Springer Science+Business Media.

Kuhlthau, C. (2010). Guided Inquiry: School Libraries in the 21st Century. School Libraries Worldwide, 16(1), 1–12. https://doi.org/10.29173/slw6797

Llewellyn, D. 2013. Teaching High School Science Through Inquiry and Argumentation. USA: SAGE Publications.

Mento, A., Martinelli, P., & Jones, R. M. (1999). Mind Mapping in Executive Education: Applications and Outcomes. Journal of Management Development, 18, 390-407.

https://doi.org/10.1108/02621719910265577

Munandar, U. 1999. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: PT Grasindo.

Munandar, U. 2002. Kreativitas dan Keberbakatan Strategi Muwujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

OECD (2024), “New PISA results on creative thinking: Can students think outside the box?”, PISA in Focus, No. 125, OECD Publishing, Paris, https://doi.org/10.1787/b3a46696-en.

Pacific Policy Research Center. 2010. 21st Century Skills for Students and Teachers. Honolulu: Kamehameha Schools, Research & Evaluation Division.

Roestiyah, N. K. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sagala, S. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Samatowa, U. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta Barat: PT Indeks.

Saunders-Stewart, K.S., Gyles, P.D., & Shore, B.M. (2012). Student Outcomes in Inquiry Instruction. Journal of Advanced Academics, 23, 31 - 5.

Semiawan, C. 2010. Kreativitas Keberbakatan. Jakarta Barat: PT Indeks.

Swadarma, D. 2013. Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Downloads

Published

2024-12-30