IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA BERBASIS PROYEK MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BAAMBOOZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 6 SEKOLAH DASAR

Authors

  • Sylva Maharani Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Wiwik Wahyu Widiastuti SD Negeri Kedukbembem
  • Vivi Astuti Nurlaily Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20336

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran berbasis proyek di Pendidikan Pancasila dengan metode media pembelajaran Baamboozle, yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas enam SD. Permasalahan yang teridentifikasi adalah kurangnya motivasi siswa dalam belajar Pendidikan Pancasila, sehingga rendahnya prestasi akademik dalam mata kuliah tersebut. Masalah ini memerlukan pendekatan inovatif untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Metodologi kualitatif yang digunakan meliputi beberapa elemen kunci, yaitu pendekatan deskriptif, pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, analisis data, dan penggunaan teknik triangulasi. Proses pembelajaran dilakukan dengan menerapkan metode media Baamboozle dalam beberapa tahap, mulai dari perencanaan proyek hingga evaluasi capaian pembelajaran. Temuan mengungkapkan bahwa penerapan metode Baamboozle secara signifikan meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa. Skor belajar siswa rata-rata meningkat dari 79 sebelum penerapan metode menjadi 90 setelahnya. Selain itu, mahasiswa menunjukkan antusiasme yang tinggi selama kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, penggunaan media Baamboozle terbukti efektif dalam meningkatkan kinerja belajar siswa, menjadikannya model alternatif yang layak bagi guru dalam mengajar Pendidikan Pancasila di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Rahman, A. (2022). Buku Panduan Project Based Learning (PBL) dan Case Based Learning. PUSAT PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN DAN PENJAMINAN MUTU, 1–2, 1–51. https://my.pblworks.org/resource/offsite/pbl_online_org

Lestari, A. (2022). Buku Coaching untuk Meningkatkan Kemampuan Guru. Kun Fayakun, 1-85, https://repository.upy.ac.id/4052/1/Buku-Choaching.pdf

Artikel in Press :

Suradika, A. (2023). PROJECT-BASED LEARNING AND PROBLEM-BASED LEARNING MODELS IN CRITICAL AND CREATIVE STUDENTS. Science Education Study Program FMIPA UNNES Semarang, 1-15.

Jurnal :

Kurniawan, A. M., & Azizah, A. N. (2022). Konsep Kurikulum Berbasis Proyek Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(3), 176–181.

Amalinda, R. (2024). PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF BAAMBOOZLE PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP NEGERI 24 MALANG. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 4(7), 2024.

Nurdiyanti, A. Agus, A. Muhkam, M. Ikbal, A. (2023). Penerapan Project Based Learning Pada Mata Kuliah Pancasila Dalam Memperkuat Civic Engagement Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS).

Murti, M. Jais, M. Rahim, F. (2023). Pengaruh Penerapan Metode Game Based Learning (Baamboozle) Sebagai Media Evaluasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa SMP Negeri 40 Bulukumba. Jurnal Kependidikan Media 132.

Marwah,S. Ain, Z. (2022). STUDI LITERATUR: BAAMBOOZEL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN YANG INTERAKTIF. Jurnal PGMI UNIGA (JPU). 1-7.

Iskandar, S. Rosmana, P. Agnia, A. Farhatunnisa, G. Fireli, P. Safitri, R. (2022). Pengunaan Aplikasi Baamboozle Untuk Meningkatkan Antusias Belajar

Downloads

Published

2025-01-01