EFEKTIVITAS PROGRAM TAHSIN TAHFIZ QUR’AN DI SDIT AL FITRAH KOTA BANDUNG

Authors

  • Ibnu Laksana Aulia Ramdani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhamad Mugni Sahid UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Asep Nursobah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20298

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu bagaimana program TTQ di SDIT Al-Fitrah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Program Tahsin Tahfidz Qur’an (TTQ) di SDIT Al Fitrah adalah program unggulan yang menarik minat masyarakat sekitar karena berhasil mencetak peserta didik yang lancar membaca dan menghafal Al-Qur'an. Tujuan utamanya adalah membentuk siswa yang mampu membaca, menghafal, dan menerapkan nilai-nilai Qur'ani dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan meliputi talaqqi dan latihan mandiri untuk tahsin, serta setoran kepada guru untuk tahfidz, dengan alokasi waktu 8 jam per minggu. Tantangan pelaksanaan program ini termasuk perbedaan kemampuan peserta didik dan minimnya komunikasi dengan orang tua, yang diatasi melalui fleksibilitas pengajaran dan visitasi ke rumah orang tua. Untuk meningkatkan capaian, pemantapan ditambahkan di kelas 6 dengan 10 jam pelajaran per minggu bagi siswa yang belum memenuhi target. Evaluasi dilakukan melalui assessment awal, ujian munaqasah bulanan, dan wisuda akhir tahun bagi peserta didik yang mencapai target hafalan. Secara keseluruhan, capaian peserta didik beragam dan dapat dikatakan efektif, sebagian besar pula mencapai target bahkan beberapa siswa melampaui target.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminah, N., & Maulana, M. R. (2024). Perkembangan Pengaplikasian Program Tahsin, Tahfidz, dan Amaliyah Keagamaan Di SDN Pajukungan Hulu. INTEGRASI : Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 2(1), 46–53. https://doi.org/10.61590/int.v2i01.111

Aprilia, M., & Radino. (2024). Pelaksanaan dan Tantangan Program Tahfidz Qur’an di MTs N 1 Yogyakarta. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(4), 1115–1130. https://doi.org/10.14421/njpi.2024.v4i4-16 Rakhmawan,

Creswell, J. (2015). Riset Pendidikan (Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif) (Lima). Pustaka Pelajar.

Dewi, E., & Hakim, L. (2023). Implementasi Manajemen Sekolah dalam Penerapan Program Tahfidz Al Qur’an Metode Talaqqi. Nusantara Journal of Multidisciplinary Science, 1(1), 25–33.

Faizin, I. (2021). Evaluasi Program Tahfidzul Qur’an Dengan Model CIPP. Jurnal Al-Miskawaih: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 99–118.

Firmansyah, F., Ali, M., & Romli, R. (2022). Pelatihan Membaca Al-Quran dengan Metode Tahsin Tilawah untuk Meningkatkan Kualitas Bacaan Bagi Siswa SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 22(1), 133–148. https://doi.org/10.21580/dms.2022.221.10844

Hidayanti, Y., & Muliati, I. (2024). Pelaksanaan Metode Talaqqi dalam Memperbaiki Pengucapan Huruf Halaq (Tenggorokan) pada Pembelajaran Al-Qurán di Rumah Tahfidz Baitul Qurán Kota Padang. ANWARUL : Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 4(2), 500–511. https://doi.org/https://doi.org/10.58578/anwarul.v4i2.2728

Iqbal, A., Ulmuwahhidah, S., & Rahmah, Y. L. A. H. S. (2024). Pendidikan Rabbani dalam Penerapan Metode Tahsin dan Tahfidz Siswa-Siswi SDN Talang 2 di Dusun Talang, Desa Talang, Kecamatan Jogorogo, Ngawi, Jawa Timur. Inovasi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 65–70. https://doi.org/10.54082/ijpm.376

Irfanita, I., & Murniyetti, M. (2023). Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT) Cahaya Hati Pauh Kambar Padang Pariaman. Tsaqofah, 3(6), 908–921. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i6.1653

Jakfar, F. (2023). Pengaruh Program Tahfidz terhadap Nilai Akhlak Peserta Didik di SD Ashfiya Bandung. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 970–976.

Merthajaya, I. M. L. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif (Teori, Penerapan dan Riset Nyata) (edisi pert). Quadrant.

Purnamasari, A. (2023). Analisis Kritis Terhadap Paradigma Pengajaran Akidah dan Akhlak Dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam Menuju Pembaruan dan Peningkatan Efektivitas Pembelajaran. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3(5), 22–31.

Qolbi, S. K., & Hamami, T. (2021). Impelementasi Asas-asas Pengembangan Kurikulum terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1120–1132. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.511

Rahman, A. D. A., Hanafi, A., & Absori. (2024). Evaluasi Program Tahsin Al-Qur’an Metode Tashili di SMP Islam Qurani Al-Bahjah Cirebon. Permata : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 227–259.

Ridwan, M. (2022). Proses Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Menggunakan Metode Talaqqi di SMO IT Baitul Muslim. JPPG: Jurnal Pengembangan Profesi Guru, 1(1), 43–62.

Robingatin, S. (2015). Implementasi Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 3(1), 127–154. https://doi.org/10.21093/sy.v3i1.241

Syahadah, S., Ahmad, & Alim, A. (2024). Metode Tahsin Tahfidz Al-Qur’an ( T2Q ) SMK IT Insan Toda dan Relevansinya terhadap Metode Tahfidz Al-Qur’an. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 443–456. https://doi.org/10.30868/im.v7i02.6192

Tampubolon, A. A., Harapap, M. A., & Matondang, A. R. (2024). Penerapan Program Tahfidz dan Tahsin Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darul Qur’an Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 9419–9423.

Downloads

Published

2024-12-23