STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AL- QUR’AN HADITS SISWA YANG TINGGAL BERASRAMA DAN LUAR ASRAMA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20159Keywords:
Prestasi Belajar, Al-Qur’an Hadits, Asrama dan Luar AsramaAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui prestasi belajar terhadap mata pelajaran Al-Qur’an Hadits yang asrama dan luar asrama di MTs Mu’allimin NW Anjani, Untuk mengetahui perbandingan prestasi belajar terhadap mata pelajaran Al-Qur’an Hadits yang asrama dan luar asrama di MTs Mu’allimin NW Anjani. Metode penelitian yang digunakan adalah motode kuantitatif dan jenis penelitiannya yaitu penelitian komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTs Mu’allimin NW Anjani sedangkan pengambilan sampel penelitian ini di lakukan secara random sampling. Jadi, sampel penelitian ini sebanyak 40 siswa yang terdiri dari 20 siswa asrama dan 20 siswa Luar asrama.Teknik pengumpulan data dengan mengunakan observasi, dokumentasi dan tes.Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik parametris. Statistik parametris ini teknik analisis komprasional Uji Beda (t-Test) sampel bebas (Independent T-Test). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar terhadap pendidikan agama Islam yang asrama dan luar asrama di MTs Mu’allimin NW Anjani. Prestasi belajar siswa asrama mencapai nilai rata-rata 85,25 dan siswa luar asrama 84,2 sedangkan berdasarkan angket siswa asrama mendapatkan skor 75,8 dan siswa luar asrama 73. Adapun berdasarkan analisis data dan perhitungan, diperoleh pengujian hipotesis pada analisis data di dapat Ha diterima dan HO ditolak, yaitu ternyata thitung sebesar 8,75 dan dibandingkan dengan α=0,01ttabel (2,382) maka t hitung (8,75) > t tabel (2,382).Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar siswa asrama dan luar asrama pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits berdasarkan nilai rapor. Analisis dari hasil perbandingan ternyata siswa asrama lebih tinggi nilai rata-rata berdasarkan rapor dan skor dari hasil tes pilihan ganda sedangkan hasil dari hipotesis Ha diterima dan HO ditolak.Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: PT Rineka Cipta.
Departemen Agama RI, 2011. Al-Qur’an dan Terjemahannya, Bandung : Diponegoro.
Fauzi, Muhammad. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif: Sebuah pengantar. Semarang: Walisongo Press.
Fitriani, F., & Rachmah, I. E. 2019. Perbandingan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa yang Mengikuti TPAdan Tidak Mengikuti TPAdi MI Plus Darul Ilmi Banjarbaru. Darris: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 78-97.
Ichwan, M. F. 2018. Pengaruh Minat Membaca Al-Qur’an dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar PAI Kelas VII SMPN 4 Ponorogo Tahun Pelajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Maulidia Poetri, & Bahruddin, E. 2019. Hubungan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist di MTS Al-Muasyarah Bogor. Jurnal Mitra Pendidikan, 3(5), 686–697. http://www.e- jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/737/473.
Ramdhani, M. I. D. 2020. Analisis perbandingan algoritma Fisher-Yates Shuffle dan algoritma Naïve Shuffle pada aplikasi pembelajaran baca tulis Al-Qur.’an dan ilmu tajwid berbasis web (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).
Rezky D K & Ratri, W. 2016. Studi Komparasi Fasilitas dan Standar Asramadi Indonesia: Studi Kasus 5 Universitas. Jurnal Idealog, 1(2): 193-205.
Rifaatin, F. 2018. Analisis Materi Pembelajaran Al-Qur’an (Studi Perbandingan Materi Qiroati Dan Yanbu’a) (Doctoral dissertation, IAIN SALATIGA).
Rina, Hayati. 2019. “Pengertian Penelitian Komparatif, Macam, Ciri, danCara menulisnya,” https://penelitianilmiah.com ( diakses tanggal 23 Juli2021).
Rohmalina, Wahab. 2016. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sairudin.2010. Kamus al azhar Versi Arab indonesia. Jombang: Lintas Media.
Setiawan, Irfan. 2013. Pembinaan dan Pengembangan Peserta Didik pada Institusi Pendidikan Berasrama. Yogyakarta: Smart Writing.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Surjana, Nana.Pnelitian hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Raja Rosdakarya
Tohirin. 2014. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Pers.
Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003. 2016.Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.