PROFIL KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA SISWA KELAS III SDN BANJARASRI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20153Keywords:
Level, Reading Literacy, Students.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi siswa kelas III SDN Banjarasri. Pendekatan deskriptif kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Populasi penelitian ini terdiri dari siswa kelas III SDN Banjarasri. Seluruh sampel penelitian akan digunakan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari pemeriksaan lisan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian, dari 27 siswa yang belajar, pemahaman membaca sebagian besar siswa berada pada tingkat dasar level pemula sebesar 28,81%. Selain itu, ada juga level cerita 2 dengan persentase sebesar 27,11% meski selisihnya tidak terlalu besar. Persentase terbesar ketiga ada di tingkat level kata, dengan persentase 16,94%. Selain itu, level huruf sebesar 10,16%. Terakhir, terdapat level cerita 1 dan level paragraf memiliki persentase yang sama 8,47%. Oleh karena itu, pemahaman membaca siswa adalah 28,81%. Salah satu cara yang dapat kita tingkatkan adalah dengan mengajarkan pemahaman membaca sesuai dengan tingkat kemampuan siswa.Downloads
References
Antasari, Indah W. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa Sumbang Banyumas. Jurnal LIBRIA, 9(1): 13. Diakses pada 2 Oktober 2018, dari http://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/libria/article/view/1680
Chairunnisa (2017). PENGARUH LITERASI MEMBACA DENGAN PEMAHAMAN BACAAN (Penelitian Survei pada Mahasiswa STKIP Kusumanegara Jakarta). Tuturan, 6, No. (1) hal. 745-756
(http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/jurnaltutura n/article/view/1584)
Erfan, M., Maulyda, A. M., Affandi, L.H., Rosyidah, A. N. K., Oktaviyanti, I., & Hamdani, I. (2021). Identifikasi Wawasan Literasi Dasar Guru Dalam Pembelajaran Berbasis Level Kemampuan Siswa. Jurnal DIDIKA : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7 (1). https://ejournal.hamzanwadi.ac.id/index.php/didika/article/view/3520.
Harsiati, T. (2018). KARAKTERISTIK SOAL LITERASI MEMBACA PADA PROGRAM PISA. LITERA, 17, (1), ha l90-106. https://journal.uny.ac.id/index.php/litera/article/download/19048/pdf.
Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Baca Tulis. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Kemendikbud.
Kharizmi, M. (2015). KESULITAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI. Jupendas, 2 (2). http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/ju pendas/article/view/233
Purjaka (2015). Survei Kesulitan Siswa Kelas IV dan V dalam Melakukan Gerak Dasar Guling Depan di SD Pantar
Kokap Kulon Progo Tahun Pelajaran 2014/2015. (Skripsi S1), Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia.
Ramadhani, Aulia W. (2019). LITERASI MEMBACA SISWA SD NEGERI MANGKUBUMEN KIDUL 16. (Skripsi), UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.
Rosyidah, A. N. K., Affandi, L.H., Erfan, M., Oktaviyanti, I., Maulyda, A.M., & Hamdani, I. (2021). Pengentasan Buta Aksara Berbasis Pendekatan “Semua Anak CERDA” untuk guru SD. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 4 (3).
http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/jipemas/article/view/10884
Rusmono, Ghozali, & Muhammad Iqbal A. (2019). Pengaruh Media Cerita Bergambar Berbasis Literasi Membaca Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 21 (3) (http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/j tp/article/view/13386
Setiawan, H., Styo M.W. A. & Abdul A.
(2019). PUISI BERBASIS HASIL KARYA GAMBAR: UPAYA PENGUATAN LITERASI SISWA SD KELAS TINGGI. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2 (1), Hal. 50-60. https://core.ac.uk/download/pdf/276541263.pdf
SMERU Research Institute (2018). Sintesis Hasil Studi Diagnostik Pembelajaran Pendidikan Dasar di Enam Kabupaten Mitra INOVASI di Provinsi Nusa Tenggara Barat.
Sukmadinata (2010). Metode Penelitian Pendidikan (edisi keenam). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tim INOVASI (SAC). (2021). Penilaian dan Pengelompokan Kemampuan Literasi. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). http://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wpcontent/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.