PEMANFAATAN DISKON DALAM APLIKASI BELANJA ONLINE SECARA BIJAK PADA MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS MATARAM  

Authors

  • Winda Ramadhani Universitas Mataram
  • Wiwi Wulandari Universitas Mataram
  • Nadila Cahya Ananda Universitas Mataram
  • Wira Yuda Universitas Mataram1

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.20146

Keywords:

Diskon, Aplikasi Belanja Online, Mahasiswa FKIP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami pemanfaatan diskon pada aplikasi belanja online secara bijak dikalangan mahasiswa FKIP Universitas Mataram. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain fenomenologi untuk menggali pengalaman dan pandangan mahasiswa terkait diskon dalam flatfrom belanja online, khususnya shopiee. Data dikumpulkan melalui wawancara dan dan kuesioner terhadap mahasiswa dari berbagai program studi, seperti PPKn, Sosiologi, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Fisika, Kimia dan lainnya, dengan total 42 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diskon memberi manfaat signifikan bagi mahasiswa, seperti penghematan biaya, kemudahan akses, dan fleksibilitas waktu dalam berbelanja. Meskipun begitu, mahasiswa juga menghadapi berbagai tantangan, seperti ketidaksesuaian produk yang diterima, keterlambatan pengiriman, dan keterbatasan metode pembayaran. Untuk mengatasi kendala ini, mahasiswa menerapkan strategi bijak, seperti memeriksa rating toko, membaca ulasan, dan mencermati deskripsi produk. Jadi secara keseluruhan, diskon pada aplikasi belanja online memberikan dampak positif yang signifikan bagi mahasiswa jika digunakan dengan bijak, dapat membantu mereka mengelola anggaran belanja dengan lebih efektif dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bado, B. (2021). MODEL PENDEKATAN KUALITATIF : TELAAH DALAM METODE PENELITIAN ILMIAH Tahta Media Group.

Nasution, D. (2023). METODE PENELITIAN KUALITATIF.

JURNAL

ADDIN Mendeley Bibliography CSL_BIBLIOGRAPHY Alghifari, A.f., dan Rahayu, T. S. M. (2021). Pengaruh Diskon, Kualitas Website, Persepsi Risiko Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Shopee: Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Jurnal Manajemen, 15(2), 223–236.

ALHAMID, Thalha; ANUFIA, B. (2019). RESUME: INSTRUMEN PENGUMPULAN DATA. 6.

damayanti, R., Damayanti, R., Huda, N., Hermina, D., Yani NoKm, J. A., Bunga, K., Banjarmasin Tim, K., Banjarmasin, K., & Selatan, K. (2024). Pengolahan Hasil Non-Test Angket, Observasi, Wawancara Dan Dokumenter. Student Research Journal, 3, 259–273. https://doi.org/10.55606/srjyappi.v2i3.1343

Dani, R., Firayanti, Y., & Wulansari, F. (2024). Analisis Penggunaan E-Commerce Shopee terhadap Perilaku Konsumtif pada Generasi Z (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Nadhlatul Ulama Kalimantan Barat). AKSIOMA : Jurnal Sains Ekonomi Dan Edukasi, 1(8), 561–580. https://doi.org/10.62335/556n6q98

Iswiyanti Agus S. (2021). Analisis Tinggkat Belanja Online Di Kalangan MahasiswaUniversitas Gunadarma. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), 391–396.

Larasati, D. (2023). UPAYA PENGEMBANGAN DAN PERAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM E-COMMERCE. 1(1), 78–89.

Listyaningsih, E., & Launi, A. V. (2024). Pengaruh Harga, Diskon Shopee, Iklan Media, Dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli Online Dengan Literasi Keuangan Digital Sebagai Variabel Moderasi Pada Marketplace Shopee. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Perpajakan Dan Tata Kelola Perusahaan, 1(3), 213–228. https://doi.org/10.59407/jakpt.v1i3.603

Rahmizal, M., & Yuvendri, R. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Daring Di Aplikasi Shopee Pada Mahasiswa Di Kota Padang. Jurnal Pundi, 4(3), 403–416. https://doi.org/10.31575/jp.v4i3.336

Ulfah, Razali, at. a. (2022). RAGAM ANALISIS DATA PENELITIAN (Sastra, Riset dan Pengembangan). In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Viona, V., Yohanes, K., Steffanie, L., & Wijaya, M. (2021). Narasi Shopee Dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif Berbasis Teknologi E-Commerce Di Era Modern. I(2).

Waziana, W., Saputra, H., Sari, N. Y., & Aulia, D. (2022). Pemanfaatan E-Commerce Shopee Sebagai Upaya peningkatan ekonomi ibu - ibu pkk pelaku bisnis. 1(2), 1–6.

Wibowo, G. R., & Devilia, S. (2021). Pengaruh Diskon Harga Terhadap Pembelian Impulsif Secara Online Pada Pengguna Aplikasi Shopee. Journal Angewandte Chemie International Edition, 8(2), 1252–1271.

Brabender, V., & Fallon, A. (2009). Group development in practice: guidance for clinicians and researchers on stages and dynamics of change. Washington, DC: American Psychological Association.

Downloads

Published

2024-12-31