PEMIKIRAN ABDURRAHMAN MAS’UD TERHADAP PENDIDIKAN NON-DIKOTOMIK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20138Keywords:
Abdurrahman Mas’ud, Non-dichotomous education, contemporaryAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana pandangan Abdurrahman Mas’ud dalam pendidikan nondikotomik dan implikasinya terhadap pendidikan islam kontemporer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka (Library Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam penelitian, peniliti berupaya untuk mengumpulkan data-data melalui beberapa buku, artikel, jurnal, ataupun sumber lainnya terkait pemikiran pendidikan nondikotomik Abdurrahamn Mas’ud. Hasil dari penelitian ini ialah Abdurrahamn Mas’ud bahwa Pendidikan non-dikotomik, yang mengedepankan integrasi antara ilmu agama dan ilmu umum, dianggap sebagai pendekatan yang relevan untuk menghadapi tantangan zaman modern. Mas'ud berargumen bahwa pemisahan antara ilmu agama dan ilmu pengetahuan lainnya menghambat perkembangan intelektual dan spiritual siswa. Melalui pendekatan ini, individu didorong untuk berpikir kritis dan kreatif, serta mengaitkan nilai-nilai Islam dengan realitas sosial yang kompleks. Implikasi dari pemikiran ini tidak hanya memperkaya kurikulum pendidikan Islam, tetapi juga membentuk generasi yang mampu berkontribusi positif dalam masyarakat. Dengan demikian, artikel ini menekankan pentingnya penerapan prinsip-prinsip pendidikan non-dikotomik dalam mengembangkan pendidikan Islam yang relevan dan adaptif di era kontemporer.Downloads
References
Abdurrahman, M. (2001). Menggagas Format Pendidikan Non Dikotomok: Humanisme Religius Sebagai Paradigma Pendidikan Islam. In Jurnal Penelitian Walisongo (Vol. 17, Issue 1).
Abdurrahman Mas’ud. (2006). Dari Haramain ke Nusantara : jejak intelektual arsitek pesantren.
Abdurrahman Mas’ud. (2007). Menggagas Format Pendidkan non Dikotomik. Gama Media.
Abdurrahman Mas’ud. (2015). Pendidikan Non-Dikotomik: Sebuah Pendekatan Integratif. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan.
Adikaputri, K., & Pasmadi, A. K. (2020). Humanisme Religius Sebagai Paradigma Pendidikan Islam; Book Revieu Menggagas Format Pendidikan Non Dikotomik Karya Abdurrahman Mas`ud. Jurnal Didaktika Islamika, 11(1), 110–123. https://jurnal.stitmkendal.ac.id/index.php/home/article/view/46
Ahmad, M. D. (1981). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: PT. In Al-Ma’arif.
Amin Putri, R. K., & M Yunus Abu Bakar. (2023). Konsep Essensialisme Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 112–124. https://doi.org/10.58401/dirasah.v6i1.752
Budiono. (2005). Kamus Ilmiah Populer Internasional. 217.
Hasanah, U., Fajriah, L., & Murtadho, A. (2021). Rekontruksi Pendidikan Islam Humanis: Tinjauan Pemikiran A. Malik Fadjar dan Abdurrahman Mas’ud. Attanwir : Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 12(2), 31–45. https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v12i2.95
Hayat. (2013). Pendidikan Islam dalam Konsep Prophetic Intelligence. Jurnal Pendidikan Islam, II(2), 380.
Kamal, T., Hakim, R., & Hanafi, H. (2024). Menggagas Format Pendidikan Non Dikotomik ( antara Pendidikan Agama dan Pendidikan Umum ). 8, 33112–33119.
Khakim, A. (2019). Studi Pemikiran Abdurrahman Mas’ud tentang Pendidikan Islam Berbasis Humanisme Religius. Jurnal Al-Makrifat, 4(1), 43–63.
Kosim, M. (2021). Pendidikan islam nondikotomik (Issue January).
M Yunus Abu Bakar. (2014). Filsafat Pendidikan Islam. In Inspiratif Pendidikan (Issue June).
Mughni, M. S., & Yunus, M. Y. A. (2022). Studi Aliran Filsafat Pendidikan Islam serta Implikasinya Terhadap Pengembangan Pendidikan Islam. Jurnal Dirasah, 5(1), 81–99.
Nastiti, A. N., & Ali, M. A. (2020). Gagasan Pendidikan Humanis Religius Abdurrahman Mas’ud. ISEEDU, 4(May 2020), 81–99.
Rasyid, M. R. (2018). Pemikiran Pendidikan Islam Abdurrahman Mas’ud. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 10(2), 313–323. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v10i2.152
Sari, R. K. (2021). Penelitian Kepustakaan Dalam Penelitian Pengembangan Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Borneo Humaniora, 4(2), 60–69. https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v4i2.2249
Tafsir, A. (2000). Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Remaja Rosda Karya.
Tamami, B. (2019). Dikotomi Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Umum di Indonesia. Tarlim : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 85. https://doi.org/10.32528/tarlim.v2i1.2073
Zainuddin, M. (2011). Paradigma Pendidikan Islam Holistik. Ulumuna, 15(1), 73–94. https://doi.org/10.20414/ujis.v15i1.210
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.