IMPLIKASI DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP MOTIVASI INTRINSIK DAN OPTIMALISASI PRESTASI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (TUNAWICARA)
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20107Keywords:
Social Support, Optimization Of Performance, Children with Special NeedsAbstract
Penelitian ini mengkaji peran dukungan sosial dalam meningkatkan motivasi intrinsik dan prestasi akademik anak berkebutuhan khusus, dengan fokus pada anak tunawicara. Metode kualitatif diterapkan untuk menggali pengalaman dan interaksi anak dengan lingkungan sosialnya, termasuk keluarga, guru, dan teman sebaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan emosional dan akademis yang diberikan oleh orang tua dan lingkungan sekitar sangat berpengaruh terhadap perkembangan motivasi dan pencapaian anak. Anak tunawicara yang mendapatkan perhatian dan dukungan positif menunjukkan peningkatan signifikan dalam prestasi, terutama dalam bidang matematika. Penelitian ini menyoroti pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung, serta perlunya strategi yang adaptif untuk membantu anak berkebutuhan khusus mencapai potensi maksimal mereka. Temuan ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi pendidik dan orang tua dalam mendukung perkembangan anak berkebutuhan khusus secara holistik.Downloads
References
Afifah, L. N., Inviolita, A., Rahma, E. A., Masfia, I., & Fahmy, Z. (2024). Dukungan Sosial terhadap Upaya Penerimaan Diri Anak Tunawicara. NATHIQIYYAH: Jurnal Psikologi Islam, 7(1), 41–51.
Afkarina, R. H., & Kurniawan, R. R. (2022). Proses Penciptaan Manusia Menurut Ilmu Sains Dan Al- Qur ’ an. Ulumul Qur’an: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 10(10), 1–14.
Akhmad, F., Ediansyah, P., Fitriah, J., Farameida, E., & Purwanto, J. (2021). Karakteristik dan Model Bimbingan atau Pendidikan Islam Bagi ABK Tuna Wicara. Masaliq, 1(3), 156–163.
Asmara, S. R., Heryati, T., & Patonah, R. (2021). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akuntansi Di Smk Swadaya Karangnunggal. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(1), 71.
Elimmata, E., Darmanto, D., & Wati, L. (2024). Studi Kasus : Gambaran ResiliensiI Pada Ibu Tunggal Dengan Anak Berkebutuhan Khusus, 8(2), 230–238.
Fakhiratunnisa, S. A., Pitaloka, A. A. P., & Ningrum, T. K. (2022). Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus. Masaliq, 2(1), 26–42.
Febriyani, N., & Saragi, M. P. D. (2024). Analisis kondisi psikologis orang tua tunggal yang memiliki anak disabilitas. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 285.
Kelana, S. (2022). Dukungan Sosial Keluarga Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa Peduli Anak Nagari Kecamatan Akabiluru. Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 4(2), 99–111.
Khairat, M., & Putri. (2022). Efikasi diri pada remaja tunarungu berprestasi (studi kasus efikasi remaja berkebutuhan khusus). Al-Qalb, 13(1), 66–73.
Khairinal, Kohar, F., & Fitmilina, D. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMAN Titian Teras. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan IImu Sosial, 1(2), 506–515.
Minsih, M., Rusnilawati, R., Mujahid, I., Kaltsum, H. U., Tadzkiroh, U., Raisia, A., Uslan, U., & Triwahyuni, E. (2024). Pendampingan Kurikulum Modifikatif bagi Guru di Sekolah Dasar Inklusi. Buletin KKN Pendidikan, 6(1), 110–118.
Muthmainah, M. (2022). Dukungan Sosial dan Resiliensi pada Anak di Wilayah Perbukitan Gunung Kidul Yogyakarta. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 78–88.
Mutmainnah Sukeriyadi, Mahyuddin Barni, I. (2023). Hakikat Potensi Manusia Menurut Alquran dan Hadis. Kolaboratif Sains, 6(12), 1920–1931.
Nurhastuti. (2022). Model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran untuk Optimalisasi Pembelajaran bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Basicedu, 6(6), 10238–10248.
Pertiwi, S. S., Fauzi, R. U. A., & Apriyanti. (2024). Pengaruh Motivasi Intrinsik Dan Ekstrinsik Terhadap Keputusan Mengajar Di SLB Kabupaten Madiun. September, 383–395. This research aims to determine the influence of intrinsic motivation (X1) and extrinsic%0Amotivation (X2) on teaching decisions (Y) in SLB Madiun Regency. The type of research%0Aused in this research is a quantitative approach. In the research, observati
Potu, J., Lengkong, V. P. K., & Trang, I. (2021). Pengaruh motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik terhadap kinerja karyawan pada PT. Air Manado. Urnal EMBA, 9(2), 387–394.
Ri’a, M. P. P. (2023). Peran Orang Tua Meningkatkan Prestasi Belajar Anak di Jalan Gatot Soebroto Lorong Adinda Kelurahan Mautapaga Kabupaten Ende. Journal on Education, 5(3), 9434–9440. htt
Waitira, Y. M. (2014). Otimalisasi Prestasi Belajar Matematika Pada Materi Fungsi Eksponen Dan Logaritma Ddengan Menerapkan Metode Kooperatif Learning Pada Siswa Kelas X-MIA. Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu, 4(1), 6–17.
Zain, Z. F., & Yoenanto, N. H. (2024). Optimalisasi Pendidikan Anak dan Remaja Khusus , Apa yang Harus dilakukan Sebagai Orang tua ? Zuhra Fadlulla Zain , Nono Hery Yoenanto Fakultas Psikologi , Universitas Airlangga , Indonesia Nono.hery@psikologi.unair.ac.id Abstrak Kata Kunci : Optimalisasi. 5(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.