PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF TERHADAP CARA BERKOMUNIKASI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS 4 SD NEGERI 011 DUMAI

Authors

  • Hayatun Nufus Universitas Islam Riau
  • Muhamad Nukman Universitas Islam Riau

Keywords:

Interactive PowerPoint, Social Communication, Social Sciences Subjects

Abstract

The aim of this research is to find out whether interactive PowerPoint material has an impact on social communication in grade 4 social studies learning at SD Negeri 011 Dumai. With a one-group pretest-posttest design, this research is included in the pre-experimental design research category. The research participants were class 4 students at SD Negeri 011 Dumai with a total of 40 students, namely class 4A and 4B at SD Negeri 011 Dumai. Purposive sampling was used to determine the sample. Research findings show that PowerPoint learning media has a significant influence on the way of social communication. Thus, it can be said that the social communication strategies of grade 4 students at SD Negeri 011 Dumai are greatly influenced by the use of interactive PowerPoint materials in social studies classes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Ramli. 2015. Urgensi Penilaian Hasil Belajar Berbasis Kelas Mata Pelajaran IPS di Madrasah Tsanawiyah. Latnida Journal, Vol. 3 No. 2, (Hlm:171-172)

https://doi.org/10.22373/lj.v3i2.1657

Abdurrahman Ginting. 2008. Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora.

Apriani, N. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Powerpoint Dalam Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika pada Pokok Bahasan Statistika. Doctoral Dissertation, Universitas Lampung.

Al Aziz, A A.(2020).Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Media Sosial dan Tingkat Depresi pada Mahasiswa. Jurnal Acta Psychologia. 2(2). 92-107

https://doi.org/10.21831/ap.v2i2.35100

Ardiansyah, R., Diella, D., & Suhendi, H. Y. (2020). Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Abad 21 Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis STEM Bagi Guru IPA. Publikasi Pendidikan, 10(1), 31. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.12172

Arifin, Anwar. 1995. Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaraan. Jakarta: PT. Raja Grafindo. Persada.

Berk, L. E. (2014). Exploring Lifespan Development. Illinois: Pearson EducationInc,.

Budiono, H., & Abdurrohim, M. (2020). Peran Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Komunikasi (Communication) Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Teratai. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1), 119. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.589

Darmadi, Hamid. 2009. Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Dr. Rulli Nasrullah, M. Si, 2014 , Teori Dan Riset Media Siber (Cybermedia), Jakarta : Prenada Media Group.

Elpira, N., & Ghufron, A. (2015). Pengaruh penggunaan media powerpoint terhadap Minat dan hasil belajar ipa siswa kelas IV SD. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(1), 94-104.

https://doi.org/10.21831/tp.v2i1.5207

Fauziyah, Mely. (2019). “Partisipasi Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Dusun Cemanggal”. Skripsi, FIP, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Ginting, M. B. 2018. Membangun Pengetahuan Anak Usia Dini Melalui Permainan Konstruktif Berdasarkan Perspektif Teori Piaget. Jurnal Caksana-Pendidikan Anak Usia Dini. 1(2): 159-171.

https://doi.org/10.31326/jcpaud.v1i02.190

Inah, Ety Nur. 2013. Peranan Komunikasi Dalam Pendidikan. Vol.6. No.1. Hal.177.

http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v6i1.299

Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif ). Gaung Persada Press: Jakarta

Istiqlal, A. (2018). Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Dan Mengajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 3(2), 139–144.

https://doi.org/2502-6445

Kamaria, Amrin. (2021). Implementasi Kebjikan Penataan dan Mutasi Guru Pegewai Negeri Sipil di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Halmahera Utara. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. Vol. 7, No.3, Juni 2021, 82 – 96

https://doi.org/10.5281/zenodo.4970644

Kustandi, Cecep dan Sutjipto, Bambang. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Littlejohn, Stephen W & Karen A. Foss.2009. Teori Komunikasi, edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika

Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. In Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia (hal. 745–751).

Nur Inah, Ety.2013. Peranan Komunikasi dalam Pendidikan.AlTa’dib.Vol.6.No. 1.

http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v6i1.299

Nurfadhillah, S., Nurfalah, K., Amanda, M., Kauniyah, N., & Anggraeni, R. W. (2021). Penerapan Media Visual Untuk Siswa Kelas V. 3, 225–242. Nurhidayati, A. (2020). Analisis implementasi media pembelajaran berbasis visual pada mata pelajaran ekonomi di sekolah menengah atas negeri 4 pekanbaru.

https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/view/1335

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 03, 171–187.

https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Oktasari, A. J., & Kurniadi, D. (2019). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Kegiatan Mahasiswa Berbasis Web. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(4), 150–157.

https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i4.106536

Oktaviani, F., & Hidayat, T. (2010). Profil Keterampilan Berkomunikasi Siswa SMA Menggunakan Metode Fenetik dalam Pembelajaran Klasifikasi Arthropoda. Jurnal Pengajaran MIPA, 15(1), 13–24.

https://doi.org/10.18269/jpmipa.v15i1.288

Poerwanti, Endang, dkk. 2008. Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Dikti

Sanaky , Hujair AH. (2009). Media Pembelajaran. Yogyakarta : Safiria Insania Press

Shofiya F, K. and Sukiman (2018) ‘Pengembangan Tujuan Pembelajaran PAI Aspek Kognitif Dalam Teori Anderson, L. W. Dan Krathwohl, D.R.’, AlGhazali, 1(2), pp. 1–27. Available at: https://ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/al_ghzali/article/view/66%0A.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :ALFABETA.

Sumiati. 2008. Metode Pembelajaran. Bandung. Wacana Prima

Warkintin, W., & Mulyadi, Y. B. (2019). "Pengembangan Bahan Ajar Berbasis CD Interaktif Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa". Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 82–92.

https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p82-92

Wati, Ida., Dkk. (2019). Kepercayaan Diri Ditinjau Dari Body Image Pada Siswi Kelas X SMA. Jurnal Ilmiah PSYCHE, 13(1), 1-12.

https://doi.org/10.33557/jpsyche.v13i1.548

Downloads

Published

2024-12-22